Steam: Bagaimana Cara Refund Game

Zeinal Wujud, 12 Desember 2023

Steam: Bagaimana Cara Refund GameGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakartaa – Steam, platform distribusi digital yang dibuat oleh Valve Corporation, menjadi tujuan utama bagi para gamer untuk membeli berbagai jenis permainan video PC. Dengan Steam, pengguna dapat membeli dan menginstal game PC secara online langsung ke drive cloud mereka.

Setelah selesai bermain, para gamer dapat memberikan umpan balik tentang game, menulis ulasan mereka, membeli konten tambahan, dan bahkan mengunggah konten yang dibuat sendiri.

Namun, terkadang meskipun telah mempertimbangkan berbagai hal sebelumnya, pengguna masih merasa tidak puas dengan pembelian yang mereka lakukan.

Untungnya, Steam memiliki sistem pengembalian yang memungkinkan mereka mengembalikan sebuah game dan mendapatkan uang mereka kembali.

Baca juga:

Cara Meminta Refund di Steam

Cara Refund Game di Steam

Untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan refund, pengguna perlu memenuhi kriteria tertentu.

Biasanya, Steam akan memberikan refund untuk setiap game di platformnya jika permintaan refund diajukan dalam waktu 14 hari setelah pembelian dan game tersebut dimainkan kurang dari 2 jam.

Aturan ini berlaku untuk semua game dan aplikasi perangkat lunak yang tersedia di Steam.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti pengguna untuk meminta refund di Steam:

  1. Masuk ke akun Steam seperti biasa.
  2. Buka tab Bantuan dan pilih Dukungan Steam dari menu dropdown.
  3. Klik Pembelian.
  4. Pilih game yang ingin kamu kembalikan. Jika sebuah pembelian tidak tercantum, itu berarti judul tersebut tidak memenuhi syarat untuk refund karena berada di luar periode refund Steam.
  5. Dari menu berikutnya, pemain dapat melaporkan masalah apa pun yang mereka alami dengan game tertentu. Dengan mengklik ‘Saya membeli ini secara tidak sengaja’, atau ‘Ini tidak seperti yang saya harapkan’, pemain akan dibawa ke layar lain di mana mereka dapat meminta refund.
  6. Klik ‘Saya ingin meminta refund’ di halaman selanjutnya.
  7. Selanjutnya, isi formulir di mana kamu dapat memasukkan alasanmu dan sertakan komentar tentang pembelianmu. Klik Pilih Metode Refund untuk memilih metode refund yang diinginkan.
  8. Ketika selesai, pilih ‘Kirim permintaan.’

Steam akan mengirimkan email konfirmasi yang memberi tahu pemain bahwa permintaan mereka telah berhasil diajukan. Refund tidak langsung diterima, namun diproses dengan cepat, biasanya dalam waktu seminggu.

Pemain selalu dapat memeriksa status permintaan mereka di halaman Dukungan Steam. Pengguna juga dapat membatalkan permintaan mereka kapan saja sebelum disetujui dengan memilih Batalkan Permintaan Refund di halaman dukungan Steam.

Peringatan

Valve dapat menganggapnya sebagai ‘penyalahgunaan‘ jika pemain melakukan refund untuk banyak game dan dapat berhenti menawarkan refund kepada mereka di masa mendatang.

Dengan langkah-langkah yang jelas ini, meminta refund di Steam menjadi lebih mudah bagi para pengguna yang mungkin merasa tidak puas dengan pembelian mereka. Ingatlah untuk selalu memeriksa syarat dan ketentuan terbaru yang mungkin diperbarui oleh Steam.

Demikian pembahasan Steam: Bagaimana Cara Refund Game. Ikuti akun resmi Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: