Steam Families: Fitur Sharing Baru dari Valve

Zeinal Wujud, 25 Maret 2024

Steam Families: Fitur Sharing Baru dari ValveGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Valve Corporation merilis fitur sharing baru untuk Steam yang bernama Steam Families. Fitur yang memungkinkan pemain untuk berbagi permainan dengan orang terdekat mereka.

Fitur ini sedang diuji coba pada pengguna beta Steam.

Tantangan Berbagi Permainan di Era Digital

Meskipun media fisik dalam permainan masih ada, pasar permainan semakin didominasi oleh penjualan dan distribusi digital.

Sayangnya, platform digital cenderung bervariasi dalam seberapa nyamannya mereka membuat berbagi permainan dengan pengguna lain.

Hal ini bisa terjadi terutama bagi orang tua, yang sering kali perlu mengelola beberapa akun untuk diri mereka sendiri dan anak-anak mereka.

Serta mengelola berbagi permainan sambil tetap berusaha melindungi mereka dari judul-judul yang tidak pantas.

Pengenalan Steam Families oleh Valve

Steam Families

Itulah yang menjadi latar belakang munculnya  Steam Families, fitur baru yang tersedia bagi pengguna yang memilih klien Steam Beta.

Begitu rilis dan diimplementasikan, Steam Families akan mengkonsolidasikan dan menggantikan fitur Steam Family Sharing dan Steam Family View saat ini.

Pada pengguna non-beta, Steam Family Sharing memungkinkan pengguna Steam di komputer yang dibagikan untuk melihat, meminta, dan memberikan akses ke permainan yang diinstal di perpustakaan pengguna lain.

Sementara itu, Steam Family View adalah fitur kontrol orang tua, yang memungkinkan orang dewasa membuat akun Steam untuk anak-anak dan mengelola akses permainan berdasarkan konten.

Hal ini seperti menyembunyikan konten yang tidak pantas atau membuat perpustakaan permainan yang ramah keluarga.

Baca juga:

Cara Kerja Steam Families

Steam Family

Pengguna pada klien beta Steam saat ini akan dapat membuat Steam Family mereka sendiri, menambahkan hingga lima anggota melalui Steam, perangkat seluler, atau browser.

Anggota dari Steam Family yang sama dapat berbagi permainan yang dimiliki anggota lain secara otomatis, melalui “perpustakaan keluarga”.

Pemain bahkan dapat memainkan permainan anggota keluarga mereka, bahkan ketika anggota tersebut sedang online memainkan permainan yang berbeda.

Batasan utamanya adalah mereka tidak dapat memainkan permainan yang sama secara bersamaan, kecuali jika keluarga memiliki beberapa salinan.

Pengembang juga dapat memilih untuk tidak membuat permainan mereka dapat dibagikan atas kebijakan mereka sendiri, sehingga tidak semua permainan akan muncul di perpustakaan keluarga.

Kemampuan ini sudah ada dalam versi sebelumnya dari Steam Family Sharing, dan judul-judul seperti Call of Duty Modern Warfare 2 diam-diam dihapus dari Sharing oleh penerbitnya.

Baca juga:

Kontrol Orang Tua dan Kemudahan Akses

Kontrol Orang Tua Steam Families

Orang tua juga akan dapat mengontrol akun anak-anak dalam Steam Family, membatasi keterlihatan konten, membatasi akses ke hal-hal seperti toko Steam atau obrolan, dan mengatur waktu bermain.

Sementara itu, akun anak dapat membuat permintaan untuk akses fitur, pembelian permainan, atau perpanjangan waktu bermain.

Seiring semakin banyaknya kehidupan bermain game orang di dunia maya, kebutuhan untuk mengaktifkan kontrol yang nyaman bagi orang tua dan anak-anak menjadi semakin penting.

Dengan popularitas PC genggam seperti Steam Deck, tugas Valve adalah memastikan bahwa orang tua dapat membuat permainan dapat diakses oleh orang yang mereka sayangi dengan sedikit masalah.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: