The Elder Scrolls VI Tidak Akan Rilis di Konsol PlayStation

Dimas Galih Putrawan, 20 September 2023

The Elder Scrolls VI Tidak Akan Rilis di Konsol PlayStationGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Penggemar telah bertanya-tanya apakah The Elder Scrolls VI akan menjadi game eksklusif Xbox semenjak Microsoft mengakuisisi ZeniMax Media pada tahun 2020. Tampaknya informasi itu terungkap melalui dokumen-dokumen persidangan FTC vs Microsoft. Seperti dugaan penggemar, sekuel Skyrim itu tidak akan rilis di konsol PlayStation dan akan meluncur setidaknya pada tahun 2026.

The Elder Scrolls VI pertama kali diumumkan pada 2018 bersama Starfield. Sejak saat itu, belum ada informasi yang terungkap dari Bethesda. Akhirnya setelah Starfield rilis, game keenam dari franchise RPG besutan Bethesda Game Studios itu sudah masuk tahap awal pengembangan.

The Elder Scrolls VI Disebut Rilis Eksklusif di Xbox dan PC

The Elder Scrolls VI Bethesda Microsoft document

Reporter Axios Stephen Totilo membagikan sebuah screenshot halaman salah satu dokumen FTC vs Microsoft melalui laman Twitter-nya. Dari situ, terungkap bahwa The Elder Scrolls VI akan rilis hanya di Xbox dan PC, sama seperti Starfield dan Redfall. Jadwal perilisan game RPG itu diperkirakan akan rilis paling cepat tahun 2026 anpa multiplayer.

Ini justru berbanding terbalik dengan ungkapan Phil Spencer selaku CEO Xbox ketika persidangan FTC vs Microsoft perihal akuisisi Activision Blizzard. Saat itu, ia mengaku masih belum bisa menentukan sekuel Skyrim itu sebagai eksklusif PC dan konsol Xbox. Patut diingat bahwa IGN mencatat Spencer menyebut pada November 2021 bahwa The Elder Scrolls 6 justru akan menjadi eksklusif Xbox.

Baca juga:

Sementara itu, grafik di screenshot halaman itu terlihat sangat akurat. Redfall dan Starfield sudah meluncur sebagai game eksklusif Xbox dan PC dan tidak rilis di PlayStation. Tampaknya sekuel Skyrim itu bisa saja mengikuti langkah yang sama seperti kedua game tersebut.

Apa Selanjutnya?

Terungkapnya The Elder Scrolls VI akan menjadi game eksklusif Xbox dan PC tentu tidak begitu mengejutkan penggemar. Pasalnya, Microsoft sudah mengakuisisi ZeniMax Media, induk perusahaan Bethesda, pada 2020. Tentu akan masuk akal jika game mereka selanjutnya akan mengikuti langkah Redfall dan Starfield.

Terlebih, game Bethesda Softworks berikutnya, game Indiana Jones, diharapkan akan rilis di Xbox dan PC dengan pengumuman lebih lanjut diperkirakan muncul tahun depan. Todd Howard selaku produser eksekutif Bethesda Game Studios juga sudah membicarakan Starfield sebagai game yang lebih baik karena tidak rilis di PlayStation.

Baca juga:

Sementara itu, Microsoft sudah mengerjakan hardware konsol Xbox terbaru. Diperkirakan pula konsol next-gen bisa saja dimulai pada tahun 2028. Ada pula kemungkinan The Elder Scrolls 6 bisa saja rilis di konsol next-gen.

The Elder Scrolls VI saat ini sedang dalam tahap pengembangan oleh Bethesda Game Studios. Setelah produksi rampung, Bethesda akan memulai pengembangan Fallout 5.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: