The Game Awards 2023: 10 Game Besar yang Diumumkan

Dimas Galih Putrawan, 12 Desember 2023

The Game Awards 2023: 10 Game Besar yang DiumumkanGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Seperti biasa, The Game Awards 2023 menjadi momen di mana berbagai game besar diumumkan, mulai dari pengumuman perdana hingga update terbaru.

Meski terdapat banyak pengumuman, Gamefinity.id hanya bisa merangkum dan memilih 10 judul game yang menarik perhatian. Berikut adalah 10 game besar yang diumumkan di The Game Awards 2023

10 Game Besar yang Diumumkan di The Game Awards 2023

Exodus

The Game Awards 2023 Exodus

Matthew McConaughey, aktor kondang Hollywood, memperkenalkan pengumuman game pertama di The Game Awards 2023, Exodus, sebuah game sci-fi RPG dari Archetype Entertainment. Dibuat oleh mantan pengembang dari BioWare, Exodus disebut sebagai story driver RPG generasi selanjutnya yang menyatukan penceritaan cinematic dan dampak emosional menampilkan agensi pemain dan gameplay AAA modern.

Trailer perdananya memperkenalkan premis, karakter utama The Traveler, dan mekanik time-dilation yang berdampak pada penceritaan serta gameplay. Sebagai The Traveler, pemain akan bertualang untuk membantu umat manusia bertahan hidup dengan mencuri teknologi milik Celestial, sebuah ras berbahaya.

Exodus akan rilis di PC, PlayStation 5, dan Xbox Series X|S.

Senua’s Saga: Hellblade II

The Game Awards 2023 Senuas Saga Hellblade II

Xbox akhirnya tampil di The Game Awards 2023 untuk memperkenalkan beberapa game yang akan datang. Game pertama besutan mereka yang tampil adalah Senua’s Saga: Hellblade II, sekuel dari Hellblade: Senua’s Sacrifice yang sudah dinanti-nantikan.

Dalam trailer terbaru, Senua ditampilkan bertarung melawan berbagai musuh menyeramkan dengan kemampuan bervariasi. Setiap adegan combat yang brutal ditampilkan secara cinematic hinngga menghasilkan ciri khas unik tersendiri.

Senua’s Saga: Hellblade dipastikan rilis tahun 2024 di PC dan Xbox Series X|S. Khusus pelanggan Game Pass, game ini tersedia secara cuma-cuma.

Baca juga:

Dragon Ball Sparking! Zero

The Game Awards 2023 Dragon ball Sparking Zero

Satu lagi game Dragon Ball Budokai Tenkaichi diumumkan. Mengambil judul Dragon Ball Sparking! Zero, game ini mengambil genre 3D arena fighting game visual bergaya anime bercampur environment semi-realistis.

Pertarungan antara Goku dan Vegeta tentu menjadi pembuka trailer ini lengkap dengan skill klasik Kamehameha dan Galick Gun. Berbagai karakter lain seperti Piccolo, Broly, dan Frieza pun ikut tampil sebagai playable character.

Dragon Ball Sparking! Zero akan meluncur di PC, PlayStation 5, dan Xbox Series X|S.

The Casting of Frank Stone

The Game Awards 2023 The Casting of Frank Stone

Bekerja sama dengan Supermassive Games, Behaviour Interactive akhirnya mengungkap sebuah game spin-off single-player dari franchise Dead by Daylight, The Casting of Frank Stone. Game ini berfokus pada sekelompok remaja yang tinggal di sebuah desa di Oregon. Mereka terguncang oleh riwayat Frank Stone, sosok yang meneror menggunakan kekerasan pada masa lalu. Hasil dari perbuatannya kembali menghantui kota melalui cara supernatural.

Mengandalkan gaya naratif cinematic khas Supermassive seperti pada The Dark Pictures Anthology, pemain akan menentukan pilihan yang berdampak pada cerita serta nasib berbagai karakternya. Seperti yang sudah diketahui, game ini menjanjikan pengalaman imersif beserta lore canon tambahan pada naratif Dead by Daylight.

The Casting of Frank Stone akan rilis pada tahun 2024 di PC, PlayStation 5, dan Xbox Series X|S.

Baca juga:

Rise of the Ronin

The Game Awards 2023 Rise of the Ronin

Dari Team Ninja dan Koei Tecmo, Rise of the Ronin merupakan game open-world samurai action-game. Game tersebut merupakan hasil kerjasama antara Team Ninja dan PlayStation Studios yang pertama kali diumumkan saat PlayStation State of Play September 2022.

Trailer terbaru di The Game Awards 2023 memperkenalkan berbagai detail penting dari game-nya. Di balik visual mengagumkan, trailer tersebut memberi beberapa petunjuk tentang konflik utama dalam cerita. Combat yang brutal pun mendukung plot cerita gelap dan penuh intrik, membuat penggemar setia game Team Ninja sangat bersemangat untuk menantikan perilisan game ini.

Rise of the Ronin akan rilis 22 Maret 2024 eksklusif di PlayStation 5.

OD

The Game Awards 2023 OD

Hideo Kojima sebelumnya mengumumkan dirinya bekerja sama dengan Xbox Game Studios untuk membuat sebuah game baru. The Game Awards 2023 menjadi saksi pertama terungkapnya game tersebut. Kali ini, game itu mengambil judul OD, sebuah game survival horror yang disebut sebagai sebuah game dengan konsep belum pernah terlihat sebelumnya.

Selain mengungkap trailer perdana, Kojima mengumumkan dirinya bekerja sama dengan Jordan Peele, sutradara di balik film horor ikonik seperti Get Out dan Nope. Sophia Lillis, Hunter Schafer, dan Udo Kier menjadi aktor yang tampil dalam game berdasarkan trailer-nya. Kojima memastikan berbagai sosok terkenal yang belum terungkap ikut berperan dalam pengembangan game ni.

OD saat ini belum memiliki jadwal rilis.

Zenless Zone Zero

The Game Awards 2023 Zenless Zone Zero

Setelah sukses dengan Genshin Impact dan Honkai Star Rail, Zenless Zone Zero menjadi satu lagi game dari Hoyoverse yang sudah dinantikan penggemar. Tidak seperti kedua game itu, Zenless Zone Zero mengambil konsep di mana pemain akan beraksi di sebuah metropolis futuristik, sebuah kota bernaam New Eridu.

Trailer terbaru itu membagikan penampilan beberapa karakter beraksi dalam pertarungan. Combat dalam Zenless Zone Zero tampak menampilkan berbagai karakter bertarung melawan sosok musuh besar

Zenless Zone Zero akan meluncur tahun 2024 di PC, iOS, dan Android.

Baca juga:

Light No Fire

The Game Awards 2023 Light No fire

Kurang lebih 10 tahun setelah pengumuman No Man’s Sky di The Game Awards, Hello Games ternyata memiliki satu lagi proyek game sangat ambisius, yaitu Light No Fire. Alih-alih memilih sebuah universe berisi banyak planet, game ini berfokus pada satu dunia besar dan mendetail.

Hello Games mendeskripsikan Light No Fire sebagai game tentang petualangan, pembangunan, bertahan hidup, dan eksplorasi secara bersamaan. Trailer yang ditunjukkan menunjukkan konsep yang serupa dengan No Man’s Sky,bedanya pemain akan mengeksplorasi planet yang terinspirasi dari fantasi klasik, mulai dari mengendarai naga hingga menyelam di bawah lautan. Ditambah, komponen online multiplayer tersedia untuk pemain yang ingin bermain bersama.

Hello Games belum mengumumkan tanggal rilis atau platform untuk Light No Fire.

The Finals

The Game Awards 2023 The Finals

Sukses dengan open beta, The Finals berhasil menjadi game multiplayer shooter dengan hype terbesar tahun ini. Akhirnya, game besutan Embark Studios dan Nexon itu secara tidak terduga sudah rilis saat The Game Awards 2023 berlangsung!

The Finals merupakan game FPS dengan konsep game show, di mana dua tim beranggotakan tiga orang saling bertarung sambil bisa menghancurkan lingkungan sekitar arena demi keuntungan tersendiri. Sambil bertarung, mereka harus mengumpulkan cash sebanyak-banyaknya untuk menang.

The Finals kini sudah rilis di PC, PlayStation 5, dan Xbox Series X|S. Season 1-nya sudah dimulai!

Baca juga:

Monster Hunter Wilds

Tampil sebagai penutup The Game Awards 2023 sebelum Game of the Year diumumkan, Capcom resmi mengumumkan Monster Hunter Wilds, entri terbaru dari franchise Monster Hunter.

Trailer perdananya sendiri belum menunjukkan gameplay, tetapi visual dari latar gurun besar terlihat sangat mengagumkan. Karakter pemain diperlihatkan mengendarai seekor burung besar melalui gurun saat badai pasir. Tentu saja, gurun itu dipenuhi oleh sekelompok monster.

Monster Hunter Wilds bakal meluncur resmi di PC, PlayStation 5, dan Xbox Series X|S pada tahun 2025.

Honorary Mention di The Game Awards 2023

Selain kesepuluh game yang sudah disebutkan, terdapat lima game lain yang juga mencuri perhatian selama The Game Awards berlangsung. Pertama, God of War Ragnarok Valhalla resmi mendapat DLC gratis bertajuk Valhalla. DLC tersebut merupakan epilog dari cerita God of War: Ragnarok sekaligus menghadirkan elemen roguelike, di mana Kratos akan bangkit kembali di luar Valhalla jika mati demi mencoba menghadapi tantangan kembali. God of War Ragnarok Valhalla DLC sudah tersedia pada 12 Desember 2023 secara gratis.

Masih ingat dengan Mana Series dari Square Enix? Setelah penantian lama, entri mainline terbaru, Visions of Mana, resmi diumumkan saat The Game Awards 2023. Visions of Mana akan rilis tahun 2024 di PC, PS4, PS5, dan Xbox Series X|S.

Setelah penampilan theme song Final Fantasy VII Rebirth saat The Game Awards, tidak disangka Apex Legends akan melakukan kolaborasi! Dalam teaser, tiga skin sudah diumumkan, yaitu kostum Cloud Strife untuk Crypto, Tifa Lockheart untuk Wraith, dan Aerith Gainsborough untuk Horizon. Kolaborasi Apex Legends dengan Final Fantasy VII Rebirth akan dimulai 6 Januari 2024.

Ubisoft memanfaatkan The Game Awards 2023 untuk sekali lagi mengungkap tanggal rilis Skull and Bones, game bajak laut yang sudah sering sekali mengalami penundaan. Skull and Bones kini akan rilis pada 16 Februari 2024 di PC, PlayStation 5, dan Xbox Series X|S. Sebelumnya, satu lagi closed beta akan berlangsung pada 15-18 Desember ini.

Baca juga:

Terakhir, Square Enix resmi mengumumkan dua DLC untuk Final Fantasy XVI. DLC pertamanya, Echoes of the Fallen, sudah rilis. Sementara DLC kedua, The Rising Tide, akan meluncur musim semi 2024.

Itulah 10 game besar yang diumumkan di The Game Awards 2023.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: