The Last of Us Multiplayer Resmi Dibatalkan Naughty Dog!

Dimas Galih Putrawan, 19 Desember 2023

The Last of Us Multiplayer Resmi Dibatalkan Naughty Dog!Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Naughty Dog kini mengumumkan mereka tidak lagi mengembangkan game multiplayer The Last of Us. Secara efektif, versi online multiplayer dari franchise game zombie ikoniknya itu. Studio milik PlayStation Studios tersebut memilih untuk berfokus untuk mengembangkan game single-player.

Pengembangan Bermasalah, The Last of Us Multiplayer Resmi Batal

The Last of Us online game cancelled

“Kami sadar banyak dari kalian sudah menantikan kabar tentang proyek yang kami sebut The Last of Us Online. Tidak mudah untuk memberitahu kabar ini: Kami dengan berat hati sudah memutuskan untuk menghentikan pengembangan game itu,” tulis Naughty Dog dalam pernyataan resmi di laman resminya.

Studio yang juga terkenal dengan franchise Uncharted itu mengaku tim pengembang sudah memasuki tahap pra-produksi saat juga mengerjakaan Part II. Meski game live-service itu memiliki potensi unik dan besar, mereka menyebut kebutuhan untuk merilis konten post-launch sebagai bentuk support bisa berdampak pada proses pengembangan game single-player lain.

The Last of Us Online pertama kali diumumkan saat Summer Game Fest 2022 bersamaan dengan Part 1 Remastered. Game spin-off itu digadang-gadang sebagai pengalaman online terbesar bagi Naughty Dog. Sayangnya, pihak studio mulai mengurangi pengembangannya pada Mei menyusul PHK karyawan. PlayStation sendiri sudah memutuskan hanya merilis 6 game live service sebelum akhir Maret 2026.

Baca juga:

Reaksi Industri dan Netizen

Setelah pengumuman ini mencuat, berbagai reaksi di media sosial bermunculan secara beragam, khususnya di kalangan industri game dan netizen. Beberapa dari mereka kecewa game online itu batal. Pasalnya, Naughty Dog melewatkan potensi game multiplayer di universe game zombie ikoniknya itu.

Beberapa lagi bersimpati dengan keputusan tersebut. Tidak sedikit pula yang berharap membatalkan game live service bisa mencegah menambahnya PHK bagi studio.

“Kurasa ini keutusan benar, kami tidak butuh satu lagi game live-service, membuang-buang waktu dan sumber daya Naughty Dag untuk mengikuti trend yang redup. No thank you. Keputusan yang sangat tepat,” tulis Joe Vargas melalui laman X-nya.

Naughty Dog menambah mereka akan terus mengambil jalan game single-player yang sudah menjadi ciri khasnya sebagai salah satu studio milik PlayStation. Mereka juga sudah mengumumkan game single-player yang tidak disebutkan judulnya.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: