Twitch Hentikan Operasi di Korea Selatan Tahun Depan

Dimas Galih Putrawan, 12 Desember 2023

Twitch Hentikan Operasi di Korea Selatan Tahun DepanGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Kabar buruk mengejutkan muncul dari Twitch! Layanan streaming game terbesar milik Amazon itu akan menghentikan operasi di Korea Selatan mulai tahun depan. Alasannya tak lain adalah biaya operasi dan jaringan yang tinggi di negeri Gingseng itu.

Biaya Operasi yang Tinggi Jadi Alasan Twitch Keluar dari Korea Selatan

Twitch South Korea

Melalui laman blog, Dan Clancy selaku CEO mengumumkan Twitch akan menutup bisnisnya di Korea Selatan pada 27 Februari 2024. Ia mengaku biaya operasi yang sangat tinggi di sana menjadi pemicu di balik keputusan itu.

“Pada akhirnya, biaya untuk mengoperasikan Twitch di Korea sangat kelewat mahal dan kami sudah berusaha sangat signifikan agar mengurangi biaya ini jadi kami bisa tetap berbisnis di Korea,” tulis Clancy.

Clancy mengaku pihaknya sudah bereksperimen dengan model peer-to-peer untuk source quality yang disesuaikan maksimum 720p. Faktanya, biaya jaringan di Korea Selatan 10 kali lebih tinggi daripada di kebanyakan negara. Oleh karena itu, platform streaming game milik Amazon tersebut selalu merugi secara signifikan.

Sang CEO kemudian mengunggah postingan di X bahwa keputusan ini menjadi sangat sulit bagi perusahaan. Faktanya, pihak perusahaan sudah menunda keputusan untuk hengkang dari Korea Selatan.

Kabar hengkangnya Twitch menjadi kabar buruk bagi content creator dan esports di Korea Selatan. Faktanya popularitas esports League of Legends dan Starcraft berawal dari Twitch. Banyak pemain dan content creator mengandalkan platform streaming game itu.

Baca juga:

Model SPNP Menjadi Penyebabnya?

Engadget menyebut Korea Selatan memiliki model pajak internet yang disebut Sending Party Network Pays (SPNP). Model pajak ini mewajibkan setiap perusahaan teknologi untuk membayar biaya pada ISP agar bisa menjalankan layanannya pada pengguna.

Korea Selatan menjadi negara pertama yang menerapkan model ini. Model ini tentu tidak luput dari kritik, terutama Uni Eropa semenjak Maret. India bahkan berminat untuk menerapkan model pajak seperti ini.

Kasus ini tidak jauh berbeda dengan Netflix. Layanan streaming raksasa itu pernah menuntut penyedia layanan internet SK Broadband karena kasus ini. SK Broadband kemudian menuntut balik sebelum akhirnya kedua tuntutan dicabut. Netflix terpaksa menaikkan harga di sana sebesar 13 persen.

Twitch resmi berhenti beroperasi mulai 27 Februari 2024 mendatang.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: