Utamakan Kreator, Konami Buka Studio Baru di Osaka

Dimas Galih Putrawan, 5 April 2023

Utamakan Kreator, Konami Buka Studio Baru di OsakaGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Masih merayakan hari jadinya yang ke-50 sejak 19 Maret 2023, Konami mengumumkan mereka telah membuka studio baru di Osaka. Hal ini dilakukan karena perusahaan berambisi untuk mencapai peluang pertumbuhan jangka panjang dalam 50 tahun ke depan.

Cabang baru yang dinamakan Konami Osaka Studio itu akan memiliki peralatan teknologi mutakhir yang diperlukan untuk membuat game, di antaranya peralatan motion capture. Studio itu disebut akan mengutamakan kreator dalam pengembangan game.

Konami Buka Studio Baru di Osaka demi Mengutamakan Kreator

Konami Osaka Studio
Studio baru Konami di Osaka

“Konami Osaka Studio menjadi relokasi dari studio yang sudah ada dan muncul dari konsep ‘Creators First’. Studio itu memiliki ciri khas lingkungan yang dikembangkan dengan baik di mana kreator dapat mempraktikkan potensi penuhnya, dan terletak di sebuah lokasi dengan akses transportasi praktis. Sebagai pusat produksi besar di Jepang Barat, fasilitas ini sudah penuh dengan peralatan motion capture dan studio suara yang diperlukan untuk pengembangan produk,” tulis Konami dalam laman persnya.

Konami Osaka Studio map
Peta lokasi Konami Osaka Studio

Studio baru itu terletak di Osaka Umeda Twin Towers South lantai 23. Konami menjelaskan Studio Osaka-nya dapat membantu melanjutkan pertumbuhan jangka panjang bagi perusahaan selama 50 tahun ke depan.

Sementara itu, pengembang Silent Hill dan Castlevania itu berencana untuk membuat pusat R&D (research and development) generasi selanjutnya di Tokyo. Kantor itu akan bernama Konami Creative Front Tokyo Bay. Fasilitas itu direncanakan akan selesai 2025.

Selain itu, perusahaan bertutur bahwa pihaknya akan menaikkan gaji pokok karyawannya mulai Maret 2023. Hal ini dilakukan demi mengembangkan managemen berbasis human capital, menambah keterlibatan karyawan, dan membuat perusahaan semakin kompetitif.

Sebagai Bagian dari Ambisi untuk Kembali ke Industri Game AAA?

Konami sudah memaparkan mereka akan kembali ke industri game AAA selama dua tahun terakhir. Mereka telah vakum dari produksi game AAA pada pertengahan 2010-an. Game AAA terakhir yang paling dikenal adalah Metal Gear Survive yang rilis 2018 dan mendapat kritikan dari penggemar.

Perusahaan sudah mengumumkan Silent Hill 2 Remake yang akan dikembangkan bersama Bloober Team. Tidak hanya itu, Silent Hill f juga tengah dikembangkan. Keduanya menjadi proyek Silent Hill baru setelah 10 tahun.

Baca juga:

Sementara itu, terdapat rumor bahwa Konami akan mengumumkan remake dari Metal Gear Solid 3: Snake Eater dan game Castlevania baru dalam waktu dekat. Namun, belum diketahui lebih banyak lagi selain itu. Bahkan, game Dead Cells menghadirkan DLC kolaborasi dengan Castlevania bertajuk Return to Castlevania pada 6 Maret lalu.

Konami tentu berharap agar studio baru di Osaka itu dapat membantu mengembalikan kejayaannya sebagai pengembang game besar seperti dulu.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: