Wajib Beli Remaster, Ark: Survival Evolved di-Review Bomb!

Dimas Galih Putrawan, 7 April 2023

Wajib Beli Remaster, Ark: Survival Evolved di-Review Bomb!Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Studio Wildcard sudah mengumumkan Ark: Survival Evolved akan mendapat versi remaster-nya, Ark: Survival Ascended, yang rilis Agustus ini. Sayangnya, pengumuman ini membuat penggemar murka sampai mereka melakukan review bomb. Apa yang terjadi sebenarnya?

Versi Remaster dari Ark: Survival Evolved Diumumkan Bersama dengan Penundaan Ark 2

Ark: Survival Evolved remaster
Ark: Survival Ascended, versi remaster dari Ark: Survival Evolved

Sebelumnya, Studio Wildcard mengumumkan mereka memilih untuk menunda perilisan Ark 2 karena tantangan menggunakan Unreal Engine 5 untuk mengembangkannya. Pada saat yang sama, mereka juga mengumumkan versi remaster dari Ark: Survival Evolved yang juga dikembangkan menggunakan Unreal Engine 5, yaitu Ark: Survival Ascended.

Awalnya versi remaster itu akan rilis sebagai free update sebagaimana yang dilaporkan DualShockers. Pendiri Studio Wildcard, Jeremy Stieglitz, pernah menyebut di Twitter Januari lalu bahwa remaster itu akan gratis pada semua pemain. Cuitan itu kemudian dihapus.

Untuk menikmati Ark: Survival Ascended, mereka harus membelinya kembali. Khusus pengguna PlayStation, mereka harus mengeluarkan biaya sebesar US$39,99 hanya untuk versi remaster-nya. Lain cerita bagi pengguna PC dan Xbox, mereka harus membeli Ark Respawn Bundle yang berisi versi remaster serta Ark 2 senilai US$49,99. Jika mereka membeli versi remaster itu, progress mereka akan dipindahkan agar dapat menikmati game buatan Studio Wildcard itu.

Tidak hanya itu, server resmi Ark: Survival Evolved akan ditutup tepat setelah peluncuran Ark: Survival Ascended.

Baca juga: 

Merasa Dipaksa Beli Fans Murka dan Beramai-ramai Beri Review Bomb!

Pengumuman ini tentu menuai kemarahan penggemarnya. Mereka kecewa bahwa versi remaster-nya secara harfiah berupa update berbayar secara harga penuh. Mereka merasa dipaksa untuk membeli game yang sama dua kali.

Lebih buruk lagi, bundle dari Ark: Survival Ascended sama sekali tidak termasuk DLC yang sudah rilis sebelumnya. Ini berarti pemain harus membeli semua DLC kembali jika ingin menikmati remaster-nya.

Alhasil, penggemar beramai-ramai mengkritik keputusan Studio Wildcard ini baik di Reddit dan Steam. Tidak sedikit penggemar yang memperingatkan agar tidak membeli Ark: Survival Evolved.

Studio Wildcard belum memberikan tanggapan tentang kritikan pada Ark: Survival Ascended saat ini.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: