Wild Card M5 Series, Untuk Siapa dan Bagaimana?

Yazid, 24 Oktober 2023

Wild Card M5 Series, Untuk Siapa dan Bagaimana?Esports
Banner Ads

GAMEFINITY, Jakarta – M5 merupakan pertandingan internasional yang diadakan Moonton untuk seluruh tim. Pertandingan jika digambarkan dalam sepakbola, mungkin seperti Piala Dunia Antar Klub (Piala Intercontinental). Alasannya jelas karena M5 dibuat dengan mengundang tim seluruh dunia mewakili negara atau benuanya.

M-series yang telah memasuki tahun ke-5 ini akan diadakan di Malaysia dan Manila. Tahun ini menjadi tahun istimewa untuk M5, karena terjadi di dua negara dengan babak penentuan yang berbeda. Malaysia akan mengadakan tanggal 23-26 November 2023, untuk babak kualifikasi Wild Card M5. Sedangkan, Filipina, akan menjadi penyelenggara babak final M5.

Tim yang Lolos Final M-Series 2023

Country Team Participant M5 MLBB

M5 kali ini memang akan memiliki beragam tim dari beberapa negara. Hal ini membuktikan bahwa kompetisi MLBB mulai menyebar dengan baik di beberapa negara dan benua. Sehingga untuk memperlihatkan tingkatan pada tim tiap negara, M-series menjadi ajang paling bergengsi dan ditunggu.

M-series sudah ada sejak tahun 2019 dan diadakannya di Kuala Lumpur, saat itu tim Indonesia dari Evos Legends menjadi tim pertama yang berhasil membawa pulang M1. Setelahnya ajang M-series dari M2, M3, dan M4 dikuasai oleh tim dari Filipina. Berikut ini tim yang akan bertanding di M5:

  1. ONIC eSports (Champion MPL ID)
  2. Home Boys (Champion MPL MY)
  3. See You Soon (Kamboja/Champion MPL Khautumn)
  4. Burmese Ghouls (Champion Myanmar Qualifiers)
  5. RRQ Akira (Brasil/ Champion Liga Latam)
  6. Deus Vult (Rusia/Champion MCC)
  7. Fire Flux eSports (Turki/ Champion MTC)
  8. The Ohio Brothers (Amerika Serikat/Champion NACT Fall)
  9. Triple Esports (Champion Mena Fall)
  10. Bigetron Sons (Brasil/ Runner-up Liga Latam)
  11. Geek Fam Indonesia (Runner-up MPL ID)
  12. Juara MPL PH S12 (Filipina)
  13. Runner Up MPL PH S12 (Filipina)
  14. Juara MPL SG (Singapura)
  15. Tim Lolos Babak Wild Card 1
  16. Tim Lolos Babak Wild Card 2

Baca juga: 

Menariknya, jika pada tahun 2022 dan 2021, 16 tim diambil pada tim liga mayor yang telah ada. Kini Moonton (game developer) MLBB itu menyediakan Wild Card sebagai mekanisme untuk memberikan kesempatan pada tim-tim negara lain untuk ikut masuk.

Apa itu Wild Card di M5?

M5 Wild Card

Wild Card merupakan mekanisme yang dibuat Moonton untuk memberikan kesempatan pada tim dari negara lain masuk M5. Nantinya kualifikasi Wild Card ini akan diikuti oleh 8 tim dari berbagai negara. Kriterianya tidak disebutkan secara khusus. Tetapi dari slot tim yang tersedia.

  1. Imperio Esports (Argentina/Posisi Ketiga Liga LATAM)
  2. Team SMG (Posisi Kedua/MPL MY)
  3. Umbrella Squad (Posisi Kedua/MCC)
  4. 4 Merical eSports (Nepal.MCB)
  5. Nightmare eSports (Laos/M Challenge Cup)
  6. Team Lilgun (Mongolia/ENC Mongolia)
  7. Falcon Esports (Runner-up Mena Fall 2023)
  8. Keep Best Gaming Esports (Champions China Qualifiers)

Tim China (netizen sering menyebutnya sebagai tim Earth) memiliki kesempatan masuk final M5 dari Wild Card yang didapatkan. Hal ini sebagai bagian dari memperkenalkan MLBB di China yang akan memiliki Liga (MPL) di season yang akan datang. Kedatangan tim China, Mongolia, Argentina dan Nepal tentunya akan menjadi sesuatu yang baru.

Nantinya kualifikasi Wild Card M5 akan dibagi menjadi 3 grup dengan tiap grup dipilih secara random. Juara dan Runner-up group akan menjalani babak Crossover Match, dimana Juara Grup A akan bertemu Runner-up Grup B dan sebaliknya. Pemenangnya akan naik menjadi Finalis dan otomastis mendapatkan Tiket Final M5 ke Manila, Filipina.

Baca juga: 

Kenapa Baru ada Wild Card di M5

Kemunculan Wild Card sendiri memang telah diberitahu pada ajang tahunan MSC 2023 di Kamboja. Moonton selaku penyelenggara MSC, mengatakan bahwa M5 akan memiliki sebuah kejutan dengan adanya Wild Card.

Meskipun belum ada kejelasan lebih lanjut dari Wild Card, kenapa baru ada di M5, selain bertepatan dengan 5 tahun adanya M-series. Jika dilihat dari keberadaan tim di Wild Card, Moonton ingin memberikan kesempatan pada tim dari negara lain untuk ikut berpartisipasi. Karena sejak M3, keikutsertaan tim dari negara lain masih terbilang minim. Baru ada dari Rusia, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Wild Card dan keberadaan tim-tim baru dari negara lain tentu saja menjadi perluasan MLBB tentunya.

Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: