10 Perkapalan JKT48: dari yang Karam hingga Masih Berlayar

Zeinal Wujud, 9 Juli 2024

10 Perkapalan JKT48: dari yang Karam hingga Masih BerlayarMusik
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Grup musik JKT48 memiliki banyak member dan telah melahirkan karya-karya yang luar biasa. Selain terkenal karena karyanya, grup musik ini terkenal karena tingkah lucu para member-membernya. Karakter mereka ini semakin menemukan kecocokan saat berdampingan dengan member lainnya. Fans mereka (baca: Wota) sering menyebut istilah ini dengan “Perkapalan JKT48” yang berasal dari kata “Couple”.

Gimmick per-couple-an ini sering ditemui di fandom JKT48 atau yang sejenis dengan grup ini. Bounding kapal ini, memberikan popularitas di mereka bahkan pada grup JKT48 itu sendiri. Berikut adalah 10 perkapalan JKT48, dari yang karam hingga yang masih berlayar.

1. Kapal Chikara JKT48 (Chika dan Ara)

Chikara - Chika Ara JKT48

Chika dan Ara merupakan member JKT48 yang sudah graduate. Chika dari Gen 7, sedangkan Ara dari Gen 8. Kapal Chikara berlayar di dunia perkapalan JKT48. Kapal Chikara semakin tenar sejak pandemi—JKT48 harus meliburkan teaternya, serta ada restrukturisasi membuat 2 member ini menjadi kapal yang berlayar menuju gimmick sensasi saat itu.

Sayangnya, kapal Chikara (nama yang dibuat fans) harus karam, karena kasus yang menimpa 2 member itu. Keduanya sama-sama terlibat skandal yang melanggar golden rules. Foto Chika dan Ara beredar di sosial media bersama kekasihnya.

Chika sempat melakukan permintaan maaf di sosial media dan berimbas penangguhan aktivitas di JKt48. Sedangkan Ara, tidak merespon baik panggilan JKT48 yang berimbas pada dikeluarkannya Ara dari JKT48.

Baca juga:

2. Perkapalan JKT48: DelShel, Adel dan Ashel

Perkapalan JKT48 DelShel

DelShel atau Adel dan Ashel merupakan member JKT48 yang berbeda generasi. Adel dari Gen 8 dan Ashel dari Gen 9, mereka semakin akrab semenjak JKT48 New Era. Kesan Adel yang kerap disebut sebagai ‘abang-abangan’ JKT48 akrab dan sering memperlihatkan momen dengan Ashel.

Kapal DelShel berlayar tidak lama, keduanya kian menjaga jarak dan menjaga momen karena permasalahan yang dialamatkan pada Adel. Hingga Ashel memilih Graduate pada 2024, momen mereka berdua jarang kembali terlihat

3. Kapal ZeeShel JKT48 (Zee dan Ashel)

Zee JKT48 dan Ashel JKT48

Azizi atau Zee dan Ashel (ZeeShel), sama seperti DelShel. Dua member ini adalah member beda generasi, tetapi keduanya sudah saling kenal sejak sebelum masuk JKT48. ZeeShel, memang tidak kalah candu bagi para Wota dari DelShel.

Momen ZeeShel, sudah jarang terlihat ketika kapal DelShel berlayar. Beberap momen terlihat, tetapi itu menjadi momen kecil dan terjadi secara cepat.

4. Perkapalan JKT48: Grenin, Gracia dan Anin

Perkapalan JKT48 Grenin, Gracia dan Anin

Gracia dan Anin atau sering dikenal dengan Kapal Grenin sama-sama berasal dari member generasi 3. Gracia sempat akrab ketika dirinya berada 1 grup dengan Anin.

Grenin sendiri tidak bertahan lama, karena memang gimmick ini kalah dengan salah satu gimmick kapal Gracia.

5. Kapal Greshan JKT48 (Gracia dan Shani)

Gracia dan Shani JKT48

Gracia dan Shani (Greshan) menjadi kapal yang berlayar cukup lama dan gimmick yang direstui oleh banyak para fans JKT48. Keduanya memang cukup akrab dan menjadi pilar pada JKT48 Team dan JKT48 New Era.

Uniknya dari perkapalan Greshan, munculah istilah Greshan Family dengan keberadaan Zee dan Christy di dalamnya. Greshan Family dapat dikatakan sebagai 4 pilar utama JKT48 sejak 2021 hingga Shani memutuskan Graduate.

Greshan dan Greshan Family selalu mendapatkan atensi lebih dari netizen dan sering dijadikan sebuah konten. Beberapa bacaan fiksi AU (Alternate Universe) bahkan selalu membawa peran Greshan Family dan mendapatkan tanggapan yang antusias dari fans JKT48.

Baca juga:

6. Perkapalan JKT48: …., Zee dan Adel

Zee dan Adel JKT48

Member beda generasi yang dikenal dengan sifat dan sikap abang-abangannya, yaitu Zee dan Adel. Kedua member ini mulai dekat semenjak New Era, keduanya adalah orang yang sama-sama dekat dengan member bernama Ashel. Oleh sebab itu, kedua member ini sering disebut dalam gimmick perkapalan ZeeShel dan DelShel.

Setelah Adel dan Ashel, mulai mengurangi intensitas saat on Cam. Adel dan Zee ternyata mulai dekat dan beberapa fans menyebutkan perkapalan baru. Gimmick ZeeDel akhirnya berlayar, tetapi kapal ini sepertinya akan cepat karam. Karena keduanya memutuskan akan segera lulus dari JKT48.

7. Kapal ZeeSha JKT48 (Zee dan Marsha)

Kapal ZeeSha JKT48 (Zee dan Marsha)

Kapal yang direstui semua pihak, Zee dan Marsha menjadi favorit sebagian besar FJKT8, Staff, Alumni JKT48 dan Member JKT48 sendiri. Tagar tentang ZeeSha di Tiktok mencapai 27.9K dan memiliki jumlah like hingga jutaan.

Persahabatan Zee dan Marsha memiliki kedekatan sejak Tahun 2021, menjelang JKT48 10 Anniversary. Keduanya memang digadang-gadang menjadi masa depan JKT48 dan terbukti terpilih sebagai member Senbatsu JKT48 yang membawakan Single original JKT48 kedua yaitu, Flying High.

ZeeSha kini dianggap makin ugal-ugalan bermain keluarga-keluargaan. Indah JKT48 bahkan menyebutkan dalam showroomnya “Zee menikmati sekali bermain keluarga-keluargaan.”

Alternate Universe atau AU tentang ZeeSha sendiri banyak bertebaran dimana-mana. Beberapa member JKT48 sendiri bahkan menyukai cerita-cerita AU tentang ZeeSha dan mengatakan bahwa sikap dan sifatnya sangat mirip dengan Zee aslinya.

8. Perkapalan JKT48: FreZee, Freya dan Zee

FreZee JKT48

Memasuki tahun 2023 dan 2024, nama Freya mulai menaiki pembahasan dikalangan fans ketika dirinya viral melalui meme. Langsung saja Zee dan Freya memasuk era pertarungan fans. Baik Fans Zee dan Fans Freya, mengalami perdebatan hebat dan sering dibuat threadnya.

Pada sisi lainnya, sebagian FJKT48 mulai membahas Gimmick kapal antara keduanya. Zee dan Freya sendiri adalah kapal yang tidak mungkin terjadi. Keduanya hampir tidak pernah akur jika bertemu, tapi menurut fans justru itu menambah momen tersendiri untuk FreZee sebutan gimmick kapal Freya dan Zee.

Baca juga:

9. Kapal Pecah JKT48 (Freya dan Fiony)

Freya dan Fiony

Kapal terusuh juga dialamatkan kepada Freya dan Fiony, keduanya terlihat mulai akrab sejak 2023. Sebelum-sebelumnya, Fiony juga memiliki gimmick kapal dengan Zee yang kerap disingkat dengan FioZee. Sayangnya, moment FioZee sudah sangat jarang terekam di kamera.

Belakangan Fiony mulai akrab dengan Freya. Momen keduanya bahkan sebagai momen terkocak dan paling rusuh daripada gimmick kapal lainnya.

10. Perkapalan JKT48: Ondah (Oniel dan Indah)

Perkapalan JKT48 Ondah (Oniel dan Indah)

Ondah atau Oniel-Indah adalah singkatan untuk kapal untuk 2 member ini. Pada era-era awal JKT48 New Era, kedua member ini sebenarnya tidak terlibat dalam banyak momen. Hal itu terjadi karena keduanya punya gimmick masing-masing. Oniel dengan JMT 48 dan Indah dengan Keluarga K.A.M.I generasi 9.

Gimmick kapal Ondah sendiri dimulai sejak unit song Kikyou, pada April 2023 lalu. Sejak saat itu momen kapal Ondah mulai menghiasi jagat dunia maya. Beberapa AU tentang Ondah Family dan Greshan Family akan berujung pada cerita AU, ZeeSha Family.

Demikianlah beberapa perkapalan JKT48 yang telah menghibur dan memberikan warna tersendiri bagi para Wota. Meskipun beberapa kapal harus karam, momen-momen indah yang tercipta dari interaksi antar member tetap menjadi kenangan manis yang sulit dilupakan.

Dengan segala keunikan dan cerita di baliknya, perkapalan JKT48 akan selalu menjadi bagian menarik dari perjalanan grup ini. Teruslah mendukung idola kalian dan nikmati setiap kisah seru yang mereka tawarkan!

Temukan artikel lainnya dari Zeinal Wujud! Ikuti Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk update terbaru. Jangan lupa top up game lebih mudah pakai QRIS hanya di Gamefinity!

author avatar
Zeinal Wujud SEO Content Writer
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: