5 Kebiasaan Sukses Orang Jepang, Salah Satunya Bersihkan WC

Mitha Melanie Putri, 17 April 2023

5 Kebiasaan Sukses Orang Jepang, Salah Satunya Bersihkan WCLifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, PARIAMAN – Orang-orang sukses di Jepang tidak hanya mengandalkan otak yang cerdas saja. Mereka juga mendisiplinkan diri dengan melakukan sejumlah kebiasaan kecil, yang mungkin dianggap lalu oleh orang Indonesia.

5 Kunci Sukses Orang Jepang Berangkat Dari Hal Kecil

Melansir kanal YouTube Samurai Matcha, orang Jepang menerapkan beberapa kebiasaan kecil yang terdengar sedikit sepele namun penting bagi mereka seperti berikut:

Baca juga:

Membersihkan Toilet

Orang Jepang membersihkan toilet

Di Jepang, dikatakan bahwa membersihkan toilet adalah kebiasaan baik yang membuat hidup menjadi sukses. Hal itu terbukti dari sederet tokoh besar asal negeri sakura tersebut yang menerapkan kebiasaan demikian.

Misalnya pendiri Panasonic Konosuke Matsushita, sutradara film dan komedian Takeshi Kitano, serta pendiri Honda Soichiro Honda. Mereka semua mengatakan bahwa membersihkan toilet sangat penting untuk kesuksesan mereka.

Sebenarnya ada tiga alasan utama mengapa membersihkan toilet itu penting. Di antaranya sebagai symbol keberuntungan, ketidak sombongan, serta kedisiplinan.

Baca juga:

Merapikan Sepatu

Merapikan sepatu

Saat melepas sepatu, biasakan menyusun atau menatanya dengan baik. Selain menjaga supaya tetap rapi, itu juga akan membuat seseorang merasa lebih baik.

Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki postur tubuh

Memperbaiki postur tubuh juga merupakan kebiasaan yang perlu dipegang teguh. Orang Jepang pada zaman dahulu memiliki postur tubuh yang baik karena menerapkannya.

Hal itu terlihat dari pakaian tradisional mereka, Kimono, yang membuat postur tubuh secara alami tetap tegak saat mengenakannya.

Baca juga:

Bersyukur sebelum makan

Bersyukur sebelum makan

Dalam anime, kita mungkin pernah mendengar kata “Itadakimasu” sebelum menyantap makan. Arti dari kata tersebut secara harfiah adalah “kasih atas makanannya”. Namun, sebenarnya dua pemaknaan yang mendalam.

Pertama, yaitu mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membantu menyajikan maupun yang terlibat atas adanya makanan tersebut. Pemaknaan kedua adalah sebagai rasa syukur atas hidup.

Kembalikan Kursi Setelah Digunakan

Kebiasaan yang satu ini mungkin terdengar remeh, namun orang-orang di negeri sakura sana menjadikannya sebagai perilaku yang baik. Seperti yang dilakukan Shohei Otani yang merupakan pemain liga utama yang terkenal saat melakukan wawancara dengan media. Dia mengembalikan kursinya dengan rapi setelah digunakan.

Tidak semua orang melakukannya, tetapi orang Jepang menjadikannya sebagai kebiasaan, dengan alasan memikirkan perasaan orang lain.

author avatar
Mitha Melanie Putri
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: