Banyak Views yang Datang di Portal? Begini Tipsnya

Selena Chan, 14 Agustus 2023

Banyak Views yang Datang di Portal? Begini TipsnyaLifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY.ID , JAKARTA – Menulis untuk mendapatkan views belakangan ini menjadi kegiatan yang cukup booming pasca pandemi yang dimana aktivitas sehari-hari diluar dibatasi untuk mencegah penularan akibat bersentuhan langsung dengan orang lain.

Banyaknya penulis online ini kemudian melahirkan sebuah profesi yang dinamakan Content Creator dimana portal online tempat mereka bernaung juga semakin menjamur.

Content Creator Jadi Profesi Menjanjikan Di Era Jurnalistik Modern Indonesia

Hadirnya para content creator ini juga berperan besar dalam dunia jurnalistik Indonesia lho. Mengutip harian Pikiran Rakyat, dikatakan bahwa profesi content Creator menjadi prospek yang begitu menjanjikan lantaran menggebrak jurnalis konvensional yang pada umumnya bekerja pada media cetak menjadi jurnalisme kreatif.

Seiring berkembangnya teknologi dan mudahnya akses informasi pada dewasa ini penyampaian berita kini dapat dilakukan secara daring melalui perantara content Creator yang berwadah di berbagai portal online.

Selain itu, content creator juga bersifat bebas yang dimana baik usia, profesi, serta latar belakang pendidikan dapat dilakukan oleh siapa saja. Seperti pada ibu Endriyani, content creator yang kini bekerja di Harian Portal Jember. Sebelumnya, ibu Endriyani bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga.

Baca Juga:

Mengintip Gaji  Penulis Berita Ataupun Content Creator

Berbicara pendapatan seorang pelaku media ini rupanya terbilang cukup fantastis lho bahkan melebihi gaji UMR. Seperti pada Ibu Ayunda Lintang Pratiwi yang meraup pendapatan sebesar 160 juta Rupiah perbulannya selama bekerja sebagai content creator atau penulis berita di  Pikiran Rakyat Tasikmalaya.

Selain itu, Ayunda membagikan “resep rahasianya ” dimana ia menulis berita ataupun artikel perbulannya sebanyak 400 artikel atau 16 perharinya.

Melihat langkah yang dilakukan oleh kedua content creator diatas banyak yang bertanya – tanya bagaimana bisa mereka menayangkan keenambelas judul tersebut  mengingat mendapatkan isi yang berkualitas agar dapat ditayangkan di linimasa itu tidaklah mudah?

Jadi setiap penulis yang hasil tulisannya berhasil tayang di media baik cetak maupun online pastinya mendapatkan imbalan sesuai dengan usaha yang dilakukannya.

Adapun pembayaran dari setiap artikel yang ditayangkan juga berbeda mengikuti kebijakan Platform atau portal dimana kalian menulis.

Sejauh ini ada dua jenis pembayaran honor yang dilakukan oleh platform diantaranya per artikel dan per pageview yang trafficnya bisa dilacak melalui Google Adsense ataupun dibagikan melalui email penulis atau content creator.

Ironi Isi Berita yang Semakin Tak Bermutu Demi Cuan Banyak

Pada bulan Maret silam, sempat dihebohkan dengan seorang content creator di salah satu platform yang pertiga bulan nya yang hanya dibayar sebanyak lima ribu Rupiah.

Namun pihak redaksi telah mengklarifikasi bahwa pembayaran yang dilakukannya sudah mengikuti prosedur yang ada dimana bayarannya per pageviews.

Bisa dipastikan juga kedua content creator yang mendapatkan penghasilan yang katanya diatas UMR Ibukota ini mendapatkan pageviews hingga jutaan banyaknya.

Dimana berita tersebut adalah gosip serta kehidupan pribadi dari seorang selebriti ataupun tokoh masyarakat yang sebenaranya tidak perlu diumbar ke publik. Ironis memang.

Menapak realita yang ada bahwasanya topik bacaan yang paling banyak diminati masyarakat  Indonesia tak lain dari sekedar gosip hangat selebriti yang sering dijadikan bahan gunjingan orang dewasa apabila berkumpul bersama.

Sementara itu berita yang sifatnya berat nyatanya hanya diminati oleh segelintir kalangan saja yang masih mengutamakan kualitas berita tersebut.

Nah, apakah bisa berita yang masih berbobot mampu mencuri perhatian banyak pembaca serta mendapat predikat Killer Content dan masuk halaman pertama pencarian? Jawabannya ” Sangatlah mungkin”.

Tidak ada yang tidak mungkin dapat dilakukan dengan berusaha seberat mungkin, Gamefinity.id membagikan cara mendapatkan banyak views tanpa mengurangi kualitas berita itu sendiri,

Tips Dapatkan Page Views Pertama : Buat Judul Semenarik Mungkin

Tips pertama untuk menarik banyak views dengan membuat judul berita yang menarik
Tips pertama untuk menarik banyak views dengan membuat judul berita yang menarik Pikiran rakyatcom

Hal pertama dan tentunya utama yang harus dilakukan kalian tentunya membuat judul yang menarik banyak pembaca. Apa sih yang pertama kali dilihat orang sebelum membeli sesuatu? Bagian luarnya dahulu kan.

Kurang lebih seperti itu, pertama kali orang lain terkesima dengan judul berita yang dibawakannya. Kemudian sebisanya kalian harus menghindari judul clickbait yang tidak sesuai atau diluar isi konten.

Mungkin langkah ini mengundang penasaran para pembaca, namun terlalu sering membuat konten clickbait juga akan merusak reputasi dari platform tempat kalian menulis berita.

Perbanyak Konten – Konten Evergreen

Langkah selanjutnya dengan membuat konten yang sifatnya Evergreen. Bagi kalian yang menggeluti SEO atau kepanjangan Search Engine Optimization pasti mengenal istilah ini.

Dalam dunia per- SEO an, terdapat empat jenis konten yang kerap muncul pada pencarian linimasa, diantaranya SEO Friendly Content, Human Friendly Content, Evergreen Content, serta Trending Content.

Dan pada evergreen content merujuk pada konten yang dimana bisa mendapatkan banyak traffic atau views namun sedikit muncul di kolom pencarian. Berbeda dengan Trending content yang dimana harus ditayangkan pada saat itu saja.

Konten Evergreen itu sendiri kalian bisa isi dengan konten listicle seperti judul musik, tips dan trik pemakaian smartphone, fakta unik karakter anime atau game, dan lain sebagainya.

Agar terus mengundang traffic sesekali bagikan artikel kalian di berbagai sosial media.

Tentukan Target Pembaca

Trik selanjutnya yakni kepada siapa artikel atau berita tersebut ditujukan, trik ini jarang diketahui oleh banyak content creator dimana mereka sudah lelah mendapatkan ide serta poin penting namun belum juga mendapatkan traffic.

Ada dua faktor yang melatarbelakanginya, pertama situs portal yang masih terbilang baru yang dimana masih sepi pembaca, penyebab pertama ini masih dapat disiasati dengan konsisten  membagikannya di akun media sosial maupun Whatsapp.

Adapun faktor selanjutnya kalau penulis menerbitkan artikelnya bukan di tempat semestinya. Semisal kamu menulis berita tentang anime namun audience kalian adalah kpopers.

Untuk mencegah kesalahan yang sama, perhatikan niche berita dan kepada siapa berita tersebut ditujukan

 Manfaatkan Fitur Google Trends

Google Trends
Tampilan utama Google Trends

Adapun langkah terakhir mendapatkan banyak views adalah dengan memanfaatkan Google Trends. Diantara cara – cara yang disebutkan diatas, Google Trend menjadi langkah yang paling banyak digunakan oleh Content Creator.

Berita yang ditayangkan pada Google Trends juga masih hangat sehingga dapat dinaikkan ke linimasa. Trik yang perlu diambil yakni angkat topik yang relevan di hari itu juga. Apabila usia berita sudah satu hari, ambil lima terbesarnya saja karena masih memungkinkan untuk di-up.

Demikian langkah mendapatkan views berita tanpa mengurangi kualitas berita, disamping itu tidak perlu berharap untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar karena bayaran yang berdasarkan performa sang penulis.

Bila kalian ingin mendapatkan penghasilan yang pasti, kalian bisa melamar di redaksi tujuan ataupun menjadi kontributor lepas suatu website dimana bayarannya adalah setiap artikel yang dimuat.

Ada banyak platform menulis berita yang bisa diikuti seperti Yoursay.id, Mojok.co, Kotomono, dan lain sebagainya. Ketiga platform ini mau lho membayar jasa kalian per artikelnya.

author avatar
Selena Chan
Jangan Panggil Aku Suhu, masih pemain baru Add ID yang mau bermitra ML: 331557585 ( Selena X Earl ) Cookie Run: Ovenbreak: FFJNY0536 Kingdom: ZZJDN1852
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: