Barbie dan Oppenheimer: Persamaan Unik dari 2 Film Berbeda!

Zeinal Wujud, 20 Juli 2023

Barbie dan Oppenheimer: Persamaan Unik dari 2 Film Berbeda!Film & TV
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Menjelang perilisan film Barbie dan Oppenheimer di bioskop, penonton sadar bahwa keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Film Barbie yang disutradarai oleh Greta Gerwig, menghadirkan dunia dengan warna-warni ceria. Sementara Oppenheimer karya Christopher Nolan mengambil nada monokrom dan kelam.

Meskipun banyak perbedaan, ternyata ada empat kesamaan menarik di antara kedua film yang berhasil menarik perhatian para penggemar. Yuk, mari kita bahas empat persamaan tak terduga tersebut.

Baca juga:

1. Anggaran Produksi yang Ambisius

Barbie dan Oppenheimer Margot Robbie
Margot Robbie di Oppenheimer (Foto: WGTC)

Persamaan pertama antara Barbie dan Oppenheimer terletak pada anggaran produksi yang ambisius. Keduanya didukung oleh perusahaan-perusahaan besar Hollywood, dengan Barbie diproduksi oleh Warner Bros dan Oppenheimer oleh Universal Pictures. Memungkinkan kedua film ini memiliki anggaran produksi mencapai ratusan juta dolar.

Film biopik tentang Bapak Bom Atom menghabiskan lebih dari 100 juta dolar. Sementara film boneka fashion dari Mattel memiliki anggaran sedikit lebih besar, sekitar 145 juta dolar. Perbedaan sekitar 45 juta dolar ini mungkin karena upaya promosi Barbie yang lebih besar. Berbeda dengan pendekatan Oppenheimer yang lebih sederhana dengan hanya menampilkan timer bom di trailer resminya.

2. Para Pemain Berbintang di Barbie dan Oppenheimer

Margot Robbie dan Cillian Murphy
Margot Robbie dan Cillian Murphy (Foto: Startefacts)

Christopher Nolan tak meleset dengan keputusannya untuk memilih Cillian Murphy sebagai Bapak Bom Atom di Oppenheimer. Beliau menganggap sebagai salah satu keputusan terbaiknya. Namun, dia juga menyadari perlunya talenta-talenta besar Hollywood lainnya untuk membuat film ini hidup dan memberikan dampak yang kuat.

Hal ini menghasilkan para aktor dan aktris hebat seperti Emily Blunt, Florence Pugh, Matt Damon. Tak ketinggalan pemeran Iron Man, Robert Downey Jr., Rami Malek, Kenneth Branagh, David Dastmalchian, Dane DeHaan, Jack Quaid, dan banyak lainnya.

Ternyata pendekatan yang sama juga diaplikasikan pada Barbie dengan Margot Robbie sebagai boneka ikonik tersebut dan Ryan Gosling sebagai Ken. Film ini juga dihiasi oleh sejumlah bintang berbakat, termasuk Kate McKinnon, Issa Rae, Emma Mackey, Sharon Rooney, Dua Lipa.

Ada juga Ana Cruz Kayne, dan Ritu Arya sebagai berbagai varian Barbie, serta Kingsley Ben-Adir, Simu Liu, Scott Evans. Serta Ncuti Gatwa, dan John Cena sebagai berbagai varian Ken.

3. Melahirkan Fenomena Baru: ‘Barbenheimer’

Barbenheimer
Barbenheimer (Foto: Lifestyleasia)

Meskipun Barbie dan Oppenheimer memiliki cerita yang sangat berbeda. Barbie bercerita tentang komedi fantasi Barbie dan Ken yang menjelajah dunia penuh kebahagiaan dan kejutan baru.

Sedangkan Oppenheimer bercerita tentang fisikawan J. Robert Oppenheimer, pencipta senjata nuklir pertama. Karena memiliki perbedaan yang kontras dan kesamaan rilis, kedua film ini melahirkan fenomena unik yang disebut ‘Barbenheimer.’ Para penggemar dari seluruh dunia merasa bingung tapi antusias dan ingin menonton kedua film ini secara bersamaan.

4. Barbie dan Oppenheimer Rilis Perdana yang Bersamaan

Barbie dan Oppenheimer Meme
Barbie dan Oppenheimer Meme (Foto: KnowYourMeme)

Mungkin kesamaan yang paling mendasar dan menyulitkan para penonton adalah bahwa Barbie dan Oppenheimer akan rilis perdana pada tanggal yang sama.

Tepatnya pada tanggal 21 Juli 2023 di bioskop Amerika, dengan Indonesia mulai dari Rabu, 19 Juli 2023. Rilis yang bersamaan ini membuat penonton bimbang memilih untuk menonton Barbie terlebih dahulu atau Oppenheimer.

Seperti memilih antara bersenang-senang terlebih dahulu baru kemudian mengalami kekecewaan, atau sebaliknya. Pilihan ada di tangan masing-masing.

Baca juga:

Singkatnya, kesamaan tak terduga antara Barbie dan Oppenheimer menjadikan kedua film ini dinantikan oleh para pecinta film. Beberapa analis bahkan memprediksi bahwa kedua film besar ini akan saling melengkapi dan meningkatkan minat penonton untuk menonton di bioskop. Bukannya bersaing seperti yang sering diduga.

Pada akhirnya, keputusan ada pada kamu sendiri untuk memilih film mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu di layar lebar. Tak peduli pilihannya, kamu akan disuguhi dengan petualangan menarik ke dalam dua dunia perfilman yang sangat berbeda namun anehnya terhubung satu sama lain.

Demikian pembahasan Barbie dan Oppenheimer: Persamaan Unik dari 2 Film Berbeda!. Ikuti akun resmi Gamefinity di Facebook, Instagram, dan TikTok. untuk mendapatkan informasi terupdate. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud Content Writer
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: