Digital Forensik Kasus ZB1 Jiwoong Telah Keluar

Maytiska Omar, 20 Februari 2024

Digital Forensik Kasus ZB1 Jiwoong Telah KeluarMusik
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Dispatch merilis hasil digital forensik untuk kasus personel ZEROBASEONE (ZB1), Kim Jiwoong. Pada awal bulan Februari, Jiwoong mendapatkan tuduhan mengeluarkan kata tak layak pada video Call Fan Meeting.

Sebuah unggahan seorang penggemar menjadi viral di X karena terdengar pada akhir video Call Fan Meeting ada yang mengatakan “Shibal” (sial) secara kasar. Fans tersebut melayangkan tuduhan bahwa perkataan tersebut ditunjukkan kepada dirinya.

WAKEONE Entertainment, selaku agensi yang menaungi Boygorup tersebut langsung memberikan klarifikasi dengan menyatakan bahwa itu tidak benar. Mereka juga akan menelusuri lebih lanjut kasus ini.

“kami bermaksud memeriksa kebenearan akan tuduhan tersebut melalui analisis forensik media digital. Kami akan mengungkap kebenarannya,” tulis WAKEONE.

Dua minggu setelah kejadian tersebut, adanya titik terang dalam kasus ini.

Hasil Digital Forensik Atas Kasus Jiwoong ZB1

ZB1, CCTV Kim Jiwoong
CCTV Kim Jiwoong saat Video Call Fan Meeting yang dikirimkan untuk dianalisis Sumber Dispatch

Analsis ini dijalankan oleh Korea Forensic Science Service (KFSS), sebuah firma konsultasi pribadi yang dijalankan oleh Dr. Lee yang telah memiliki pengalaman 30 tahun sebagai spesialis analis di National Forensic Service.

Dispatch melaporkan hasil dariKFSS, ada dua materi yang dianalisis yaitu video Fan Sign Kim Jiwoong yang dipermasalahakan dan rekaman CCTV saat Event berlangsung. Video milik Fans yang menjadi kontroversi ini dipecah lagi menjadi tiga bagian.

Hasil KFSS
Konklusi KFSS untuk analisis kasus tuduhan Kim Jiwoong mengutarakan kata kata makian Sumber Dispatch

Bagian A memuat suara dari Kim Jiwoong yang mengucapkan “terima kasih”. Di rekaman CCTV pun hal tersebut sesuai.

“Dapat diasumsikan rekaman audio tersebut merupakan milik orang yang ada dalam rekaman CCTV. (Kim Jiwoong) mulutnya bergerak sesuai dengan formant dari bagian A,” ungkap Dr.Lee yang dilansir dari Koreaboo.

Bagian B dan C belum dapat dipastikan karena tidak ada dalam video yang diberikan sang penggemar. Karena itu, tidak dapat dikatakan bahwa bagian kata “Ssibal” dan “aneh atau mencurigakan” berasal dari anggota ZB1 tersebut.

Namun, menurut hasil analisis, frekuensi suara bagian A ke B dan B ke C berbeda.

Kemungkinan Orang yang Berbeda di Suara Bagian B dan C

Audio bagian A dan B
Adanya perbedaan audio A dan B yang seperti disisipkan dari suara eksternal Sumber Dispatch

Dr. Lee menyatakan semua suara yang didengar direkam secara berurutan tanpa ada kliping ataupun pengeditan. Ia juga menemukan perbedaan gelombang suara antara bagian A dan bagian B.

Hasil analisis ini mmbuahkan dua konklusi, pertama orang yang berbicara di bagian A dan B berbeda. Bahkan pada bagian B dan C pengucapannya lebih jelas dibandingkan bagian pertama.

Konluksi kedua, bagian C kemungkinan diucapkan oleh orang yang sama pada bagian A. Namun, sulit untuk dipastikan bahwa pembicara bagian 2 dan 3 sama atau berbeda. Sang analis juga menyatakan bahwa sepertinya bagian B merupakan audio yang disisipkan dari suara eksternal.

Baca juga:

Bukti terakhir yang menjadi penguat bahwa Member ZB1 tersebut tidak mengatakan hal tersebut adalah seorang Staff Member yang hadir pada saat video call tersebut.

“Saya tidak ingat persis panggilan penggemar dengan Kim Jiwoong. Tetapi, saya dapat menjamin kalau Kim Jiwoong tidak mengumpat. Ada member lain yang juga sedang melakukan Video Call di samping Jiwoong. Jadi, tidak mungkin ia mengucapkan kata-kata makian di tempat yang tak seharusnya,” ungkap staff tersebut.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di FacebookInstagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: