Duty After School, Aksi Siswa SMA Melawan Monster Misterius

Erni Wahyu Puji Lestari, 11 April 2023

Duty After School, Aksi Siswa SMA Melawan Monster MisteriusFilm & TV
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, NgawiDuty After School adalah serial drama korea yang saat ini sedang ramai menjadi perbincangan netizen. Drama ini memiliki total 10 episode yang terbagi menjadi dua part. Part 1 sejumlah 6 episode sudah tayang di Viu pada 31 Maret. Sedangkan part 2 akan tayang pada 22 April mendatang sebanyak 4 episode.

Drama bertema survival ini merupakan adaptasi dari manhwa dengan judul sama karya Ha Il Kwon. Manhwa ini memiliki total 50 episode yang bisa dibaca melalui aplikasi Webtoon.

Tidak perlu berlama-lama, mari simak ulasan tentang duty after school di bawah ini:

Drama sekolah bertema survival

Duty After School mengikuti kisah siswa kelas 3 SMA yang sedang sibuk mempersiapkan ujian CSAT (ujian masuk perguruan tinggi). Namun tiba-tiba mereka diwajibkan untuk mengikuti pelatihan militer. Ini disebabkan karena kemunculan bola-bola ungu misterius yang sudah bertebaran di langit sejak setahun terakhir. Bola-bola tersebut semakin mendekati bumi dan akhirnya pecah menjadi monster kecil yang mematikan. Pemerintah pun menugaskan seluruh siswa kelas 3 SMA untuk membantu tentara melawan monster bola-bola tersebut. 

Siswa kelas 3-2 dari SMA Sungjin akhirnya mengikuti latihan militer yang dipimpin oleh Letnan Lee Choon Ho dan Sersan Kim Woo Bin. Pertempuran para siswa melawan monster pun dimulai.

Baca Juga:

Seluruh siswa kelas 3-2 adalah pemeran utama

Duty After School
Siswa kelas 3 2 saat latihan militer

Berbeda dari kebanyakan drama yang hanya menyorot 2-3 pemeran utama saja, drama ini menampilkan semua siswa kelas 3-2 sebagai pemeran utamanya. Banyaknya pemeran dalam serial ini akan membuat penonton kesulitan dalam membedakan dan mengingat nama-nama siswa di awal episode. 

Namun setelah episode 3 ke atas, penonton akan mulai mengingat setiap karakter karena sifatnya yang memorable. Jadi poin plus nya adalah, semua siswa disini memiliki peran dan sifatnya masing-masing. Tidak ada yang terlalu menonjol dan tidak ada yang terlalu tertinggal. Dan semua memiliki jatah screen time yang adil. 

Duty After School
Siswa kelas 3 2 bersiap menembak monster

Selain itu, karakter setiap siswa disini juga digambarkan secara realistis, layaknya anak remaja tiba-tiba dihadapkan dengan sebuah perubahan. Contohnya ada siswa yang egois, penakut, pemarah, bahkan ada yang lemot hingga menjadi beban kelompok. Namun ada juga yang cepat beradaptasi, seperti karakter Lee Nara yang jago dalam menembak. Satu hal yang paling terlihat adalah persahabatan dan kekompakan dari anak-anak kelas 3-2 yang sangat solid. 

Baca Juga: 

Monster bola-bola ungu misterius

Duty After School
Bola bola ungu yang bertebaran di langit

Salah satu daya tarik dari serial ini adalah tema bertahan hidup dari monster misterius. Visual dari monster-monster ini sendiri terlihat sangat nyata. Faktanya, drama ini merupakan produksi Studio Dragon, yang terkenal dengan visual dan efek CGI nya sangat juara. Beberapa garapannya yaitu Sweet Home (2020), Kingdom (2019), Alchemy of Souls (2022) dan masih banyak lagi.  

Duty After School
Monster kecil dari pecahan bola bola ungu

Untuk karakteristiknya sendiri, monster ini memiliki ukuran kecil yang menyerupai kupu-kupu dan gurita. Meskipun kecil, monster ini sangat gesit dan cerdas. Tentakelnya bisa menusuk dan membuat tubuh manusia terpotong-potong hanya dengan sekali serangan. Jadi akan ada cukup banyak adegan gore dalam drama ini. Sejauh ini, hanya terlihat bahwa monster ini lemah dengan suhu dingin. Namun belum diketahui secara pasti asal usul datangnya monster bola-bola tersebut. 

Ending Duty After School Part 1

Duty After School
Letnan Lee Choon Ho

Duty After School Part 1 ditutup dengan adegan saat Letnan Lee Choon Ho berada di dalam gedung yang diledakkan. Sebenarnya belum ada kepastian apakah Letnan Lee masih hidup atau tidak. Namun, kecil kemungkinan untuknya selamat dari ledakan bom. Hal ini karena, para monster sudah memasuki kelas persembunyiannya sesaat sebelum gedung meledak. 

Jika Letnan Lee benar-benar meninggal, maka ini akan menjadi sebuah pukulan besar untuk kelas 3-2. Hal ini karena Letnan Lee merupakan sosok pemimpin dan pilar dari anak-anak malang ini. Namun dengan kematian Letnan Lee, bisa jadi anak-anak kelas 3-2 akan semakin berkembang menjadi lebih mandiri. 

Itulah ulasan tentang Duty After School Part 1. Jangan lupa saksikan bagian keduanya untuk mengetahui nasib Letnan Lee dan asal-usul monster bola-bola misterius ini. Duty After School Part 2 siap tayang di Viu pada 22 April nanti. 

author avatar
Erni Wahyu Puji Lestari
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: