Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia di SEA Games 2023

Zeinal Wujud, 19 Mei 2023

Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia di SEA Games 2023Lifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY, Jakarta – Setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 dalam final SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 berhasil memenangkan medali emas. Dalam pertandingan yang berlangsung, tim yang dibimbing oleh Indra Sjafri mencetak dua gol di babak pertama melalui Ramadhan Sananta.

Keunggulan ini bertahan sampai babak kedua, sebelum Thailand berhasil menyamakan kedudukan melalui Anan Yodsangwal dan Yotsakorn Burapha. Karena hasil imbang 2-2 pada waktu normal, pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu selama 2×15 menit tersebut, Timnas Indonesia U-22 berhasil mencetak tiga gol tambahan. Gol dicetak melalui Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman, dan Beckham Putra.

Setelah mengalahkan Thailand, Timnas Indonesia U-22 berhak membawa pulang medali emas dalam cabang olahraga sepak bola putra.

Selain kemenangan melawan Thailand, ada beberapa fakta menarik yang terjadi di balik keberhasilan Timnas Indonesia U-22 ini. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang terjadi setelah Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand di final.

Baca juga:

Penantian Emas Setelah 32 Tahun

Timnas Meraih Emas di SEA Games 1991
Timnas Meraih Emas di SEA Games 1991

Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand berhasil mengakhiri penantian emas selama 32 tahun untuk meraih gelar juara.

Medali emas yang diraih pada SEA Games 2023 merupakan medali pertama sejak Timnas Indonesia terakhir kali meraihnya pada SEA Games tahun 1991.

Emas Ketiga dalam Sejarah

SEA Games 1987
SEA Games 1987

Selain berhasil mengakhiri periode tanpa medali emas, keberhasilan Timnas Indonesia U-22 dalam meraih medali emas pada SEA Games 2023 juga merupakan prestasi ketiga mereka dalam pesta olahraga dua tahunan tersebut.

Selain meraih medali emas pada SEA Games 1991 dan 2023, Timnas Indonesia juga pernah meraih medali emas pada tahun 1987. Meskipun demikian, total tiga medali emas ini masih kalah jika dibandingkan dengan prestasi Thailand, Malaysia, dan Myanmar.

Baca juga:

Perpanjangan Waktu Selalu Jadi Penentu Kemenangan Timnas

Sananta Timnas Indonesia
Sananta

Menariknya, Timnas Indonesia selalu meraih medali emas dalam cabang sepak bola SEA Games melalui pertandingan babak perpanjangan waktu.

Pada SEA Games 1987, Timnas Indonesia memenangkan medali emas setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Kejadian ini terulang pada SEA Games 1991 ketika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dalam adu penalti setelah bermain imbang 0-0 hingga babak perpanjangan waktu.

Pola serupa terjadi pada SEA Games 2023, di mana Timnas Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 dalam pertandingan yang juga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Laga Terpanas SEA Games

Laga Final Sepak Bola SEA Games
Laga Final Sepak Bola SEA Games

Final antara Timnas Indonesia U-22 dan Thailand pada SEA Games 2023 dapat disebut sebagai final yang paling sengit dalam sejarah cabang olahraga sepak bola putra dalam ajang tersebut.

Dalam pertandingan tersebut, wasit mengeluarkan total tujuh kartu merah kepada pemain dan ofisial dari kedua tim, serta memberikan 12 kartu kuning.

Baca juga:

Timnas Cetak Rekor Individu

Jauhari Timnas Indonesia
Jauhari

Selain meraih medali emas, para pemain Timnas Indonesia juga mencatatkan rekor-rekor. Rekor pertama adalah Ramadhan Sananta dan Fajar Fathur Rahman yang menjadi pencetak gol terbanyak pada SEA Games 2023 dengan mencetak 5 gol, bersama dengan penyerang Vietnam, Nguyen Van Tung.

Selanjutnya, rekor individu kedua dimiliki oleh Witan Sulaeman, yang berhasil meraih medali dalam tiga edisi berbeda SEA Games. Dia berhasil meraih medali perak pada SEA Games 2019, medali perunggu pada SEA Games 2021, dan medali emas pada SEA Games 2023.

Demikian pembahasan Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia di SEA Games 2023. Ikuti informasi menarik lainnya seputar game, anime, esports, pop culture, serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud SEO Content Writer
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: