Film Disney Tahun Ini Tak Berhasil Tembus $1M di Box Office

Dimas Galih Putrawan, 5 Desember 2023

Film Disney Tahun Ini Tak Berhasil Tembus $1M di Box OfficeFilm & TV
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Disney telah konsisten menjadi studio yang sukses menelurkan deretan film berpenghasilan US$1 miliar di box office semenjak 2014 (tidak termasuk saat pandemi). Tampaknya langkah itu terhenti tahun ini setelah deretan film seperti Wish, Elemental, dan The Marvels gagal menembus angka tersebut. Kesulitan bagi studio House of Mouse itu tahun itu memicu pertanyaan bagi publik.

Mengingat Disney tengah merayakan hari jadinya ke-100, ini menjadi momen yang tidak sesuai ekspektasi. Banyak pihak berharap studio House of Mouse itu mencapai kejayaan besar. Ternyata tahun ini menjadi salah satu tahun mengecewakan bagi studio.

Wish Mengecewakan di Box Office

Disney Wish box office flop

Film Disney terakhir tahun ini, Wish, diharapkan menjadi perayaan anniversary ke-100 bagi studio. Rilis pada 22 November 2023, yakni momen Thanksgiving, Wish harus puas dengan penghasilan US$32 juta saat opening weekend dan berada di posisi ketiga, kalah dari Napoleon serta The Hunger Games: The Ballad of Songbirds and Snakes.

Saat artikel ini ditulis, Wish sudah mencapai penghasilan box office senilai US$81,6 juta, masih kurang dari anggaran US$175-200 juta menurut Deadline. Terlebih, kritikus sudah memberi respon beragam. Banyak dari mereka memuji unsur nostalgia tetapi kurang dalam penceritaan.

Tak Ada Satupun Film Disney yang Capai US$1M di Box Office

Setelah kekecewaan dari Wish, Disney dipastikan akan mengakhiri tahun 2023 dengan tidak ada satupun filmnya yang mencapai US$1 miliar di box office. Ini menjadi pertama kali bagi Disney semenjak 2014 (kecuali saat pandemi COVID-19) tidak menghasilkan film yang meraup US$1 miliar.

Disney The Little Mermaid 2023 flop Disney Elemental flop

Memang bukan rahasia lagi bahwa mayoritas dari film studio House of Mouse itu sudah mengalami hasil tidak sesuai ekspektasi di box office tahun ini. Contoh terbesarnya, The Little Mermaid remake yang dibintangi Halle Bailey yang hanya mampu mencapai US$596,9 juta meski sudah lama dinantikan dan memicu kontroversi. Elemental, film dari Pixar yang biasanya mencapai hasil bagus, hanya mampu meraup US$495 juta.

Disney Ant-Man and the Wasp Quantumania flop Disney The Marvels biggest MCU flop

Secara mengejutkan, hasil buruk juga menimpa film Marvel Cinematic Universe yang biasanya menarik penonton ke bioskop. Ant-Man and the Wasp: Quantumania mendapat opini negatif dari kritikus dan mampu meraup US$476 juta. Film terbarunya, The Marvels, berakhir menjadi film MCU berpenghasilan terendah menurut Variety, yakni US$197 juta per 3 Desember 2023.

Guardians of the Galaxy Volume 3 menjadi satu-satunya film dari Disney yang dianggap berhasil, tetapi belum cukup untuk mencapai angka US$1 miliar. Film yang dibintangi Chris Pratt itu menghasilkan US$845 juta.

Studio Film Hollywood Kesulitan Tahun Ini

Bukan hanya Disney, studio film Hollywood tengah kesulitan untuk menarik penonton dan meraup keuntungan di box office. Contohnya, Shazam! Fury of the Gods, The Flash, Blue Beetle, Fast X, dan Mission Impossible – Dead Reckoning Part One juga mengalami nasib serupa dengan mayoritas film Disney. Beberapa analis berharap tahun ini menjadi momen kebangkitan studio Hollywood untuk meraup keuntungan besar setelah pandemi berakhir. Kenyataannya, mogok kerja penulis dan aktor Hollywood sangat berdampak besar hingga memicu penundaan perilisan film.

Faktanya, hanya ada dua film yang berhasil menembus US$1 miliar secara penghasilan. Keduanya adalah The Super Mario Bros. Movie dari Universal dan Barbie dari Warner Bros. Oppenheimer pun mendekati angka tersebut dengan penghasilan US$950 juta.

2024 Jadi Harapan Baru bagi Disney?

Disney sudah berharap banyak agar bisa merebut kembali penonton di bioskop. Mereka sudah memiliki banyak proyek penting. Misalnya, sekuel dari Inside Out dari Pixar yang akan rilis 14 Juni 2024 mendatang. Prekuel The Lion King, Mufasa, dipastikan rilis 20 Desember 2024.

Baca juga:

Deadpool 3, yang menjadi satu-satunya film MCU tahun depan, diharapkan bisa merebut kembali perhatian penggemar saat perilisannya 26 Juli kelak. Dari 20th Century Studios, Kingdom of the Planet of the Apes, kelanjutan dari franchise reboot Planet of the Apes, akan rilis 24 Mei 2024 dan sudah direncanakan sebagai awal dari sebuah trilogi baru.

Apakah Disney mampu merebut kembali perhatian penonton dan kejayaannya di box office tahun depan?

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: