Film Horor Losmen Melati Antara Budaya Indonesia dan Belanda

Camilla Anindita, 22 Maret 2023

Film Horor Losmen Melati Antara Budaya Indonesia dan BelandaFilm & TV
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Film horor kembali muncul di bioskop Tanah Air. Film horor berjudul Losmen Melati berlatar tahun 1900 hingga 90-an. Film ini juga memadukan konsep budaya lokal dan budaya Belanda. Film karya Mike Wiluan dan Billy Christian ini menceritakan tentang penginapan terpencil misterius yang pengelolanya adalah Madam Melati. Madam Melati diperankan Alexandra Gottardo.

Bangunan penginapan ini semula milik dokter Kusno. Dokter Kusno sendiri sering melakukan eksperimen ilegal pada mayat–mayat manusia di sana. Hingga pada akhirnya bangunan ini diambil alih oleh Madam Melati yang mempunyai kekuatan supranatural.

Baca juga: Joko Anwar Akan Rilis Film Horor Siksa Kubur Tahun Depan

Untuk menghidupkan kembali putranya, ia kerap mencari tumbal dari para pelancong yang kebingungan mencari penginapan. Suatu hari, Losmen Melati kedatangan sekelompok orang yang baru saja menghadiri pemakaman neneknya.

Nantinya sekelompok orang tersebut yang menginap di Losmen Melati bakal berhadapan dengan mimpi buruk dan mereka semua tidak pernah terlihat lagi usai pintu penginapan yang penuh sejuta misteri itu ditutup.

Konsep Perpaduan Dua Budaya di Losmen Melati

Losmen Melati

Baca juga: Film Buya Hamka Siap Tayang Lebaran 2023 di Bioskop

“Film Losmen Melati berkonsep yang menyatukan cerita rakyat (folkore) dengan cerita horor yang populer di Indonesia. Selain itu ada juga budaya barat dalam visual standar internasional yang tujuannya bisa dijual ke luar negeri, kata sutradara Mike Wiluan.

Mike Wiluan menjelaskan bahwa timnya sudah melakukan riset mendalam tentang budaya dari Indonesia dan Belanda. Perpaduan tersebut diharapkan bisa menggaet para penikmat film horor internasional dengan sentuhan budaya Indonesia.

Dalam film ini, latar, properti, kostum, hingga para pemeran Losmen Melati menampilkan budaya Jawa yang sangat kental. Karakter utamanya sendiri keturunan Belanda yakni Madam Melati.

Madam Melati merupakan sosok wanita anggun, femme fatale, dan misterius. Femme fatale di sini berarti Madam Melati memiliki kecerdasan serta daya tarik seksual yang manipulatif agar semua keinginannya dapat dikabulkan.

“Madam Melati adalah tokoh utama protagonis yang anti-hero,” kata Billy Christian.

Baca juga: Film EVOS Unaa Berani Bermimpi Dalam Suka Duka Uni Unaa

Ia juga menambahkan bahwa Indonesia terkenal dengan satu tokoh horor legendaris bernama Suzanna. Diharapkan Madam Melati bisa menjadi tokoh baru yang memiliki ciri khas tersendiri yang bernuansa klasik dan vintage.

Selain Alexandra Gottardo, film ini didukung Kiki Narendra, Fandy Christian, Samuel Panjaitan, hingga Dwi Sasono. Film Losmen Melati merupakan hasil kolaborasi antara Infinite Studios dan Catchplay. Losmen Melati sudah tayang di biokop dari 16 Maret 2023.

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: