Kumpulan Aktor Serikat SAG-AFTRA Mulai Mogok Kerja!

Dimas Galih Putrawan, 18 Juli 2023

Kumpulan Aktor Serikat SAG-AFTRA Mulai Mogok Kerja!Film & TV
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Deretan aktor yang terdaftar dalam serikat SAG-AFTRA kini juga menjalankan mogok kerja sejak Jumat, 14 Juli 2023! Keputusan ini menyusul dua minggu setelah deretan penulis Hollywood yang terdaftar di WGA melakukan hal yang sama.

Ini menjadi pertama kali mogok kerja oleh aktor pada industri perfilman semenjak 1980. Pertama kali hal ini terjadi pada tahun 1960 saat Ronal Reagan menjadi presiden Screen Actors Guild (SAG)

Dipicu oleh Ketidaksepakatan antara SAG_AFTRA dan AMPTP

SAG-AFTRA actors strike
Class Action SAG AFTRA

Screen Actors Guild- American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) telah gagal mencapai kesepakatan dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP) setelah negosiasi selama empat minggu terakhir.

AMPTP yang melibatkan studio dan layanan streaming disebutkan menolak mengajukan kontrak yang membahas masalah kunci bagi anggota SAG-AFTRA.

“SAG-AFTRA sudah bernegosiasi baik-baik dan sangat percaya diri untuk mencapai kesepakatan yang sesuai kebutuhan aktor, tapi respon AMPTP terhadap proposal penting sangat tidak menghargai kontribusi besar kami terhadap industri. Deretan perusahaan film telah menolak untuk membahas beberapa topik dan juga mengabaikan kami. Hingga mereka bernegosiasi baik-baik, kami tidak bisa memulai mencapai kesepakatan. Kami tidak punya pilihan melainkan melaju dalam persatuan,” tutur Fran Drescher, presiden SAG-AFTRA, dilansir dari Deadline.

Tentunya, mogok kerja ini berdampak pada film dan serial televisi yang melibatkan aktor anggota SAG-AFTRA. Ini tentu tidak hanya berlaku di Amerika Serikat, tetapi juga di seluruh dunia.

Mogok Kerja WGA Disebut Belum Akan berakhir

Sementara itu, mogok kerja penulis Hollywood yang terdaftar dalam Writers’ Guild of America (WGA), memasuki bulan kedua dan mingg kedua. Hal ini juga dipicu oleh kontrak antara WGA dan AMPTP yang berakhir tanpa kesepakatan berarti.

Baca juga:

Banyak dari penulis Hollywood yang mogok kerja yang mendukung SAG-AFTRA dalam melakukan hal sama. Ini menunjukkan kedua serikat itu saling mengukuhkan solidaritasnya agar studio Hollywood bisa bernegosiasi dan memahami upah kerja keras mereka dalam jumlah besar.

Deretan Aktor Papan Atas yang Terlibat Mogok Kerja

Variety mencatat sederetan aktor Hollywood papan atas menyatakan dukungan agar SAG-AFTRA melakukan mogok kerja. Pada hari pertama, Delmot Mulroney, Sean Astin, Alan Barinholtz, dan Mandy Moore terlibat dalam mogok kerja tersebut  Salah satu masalah yang diutarakan mereka adalah upah dan penggunaan AI dalam produksi film.

Contoh aktor lain yang terlibat di antaranya Jason Sudeikis, Josh Gad, Allison Janney, Logan Lerman, Joey King, dan Ginnifer Goodwin.

Tidak jauh berbeda dari mogok kerja WGA, banyak dari produksi film dan serial televisi yang melibatkan aktor dari serikat SAG-AFTRA dihentikan.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: