Legenda Sepak Bola Brasil Pele Wafat di Usia 82 Tahun

Dimas Galih Putrawan, 30 Desember 2022

Legenda Sepak Bola Brasil Pele Wafat di Usia 82 TahunPop Culture
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Pele, legenda sepak bola asal Brasil sekaligus disebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa, telah meninggal dunia di usia 82 tahun. Kematiannya pertama kali diumumkan oleh sang manajer, Joe Fraga.

Pemain sepak bola legendaris itu telah menderita kanker usus besar selama beberapa tahun terakhir. Ia menjalani operasi pencabutan tumor dari usus besarnya pada September 2021 di Albert Einstein Hospital, Sao Paulo.

Akan tetapi, ia kembali masuk rumah sakit pada akhir November lalu karena komplikasi akibat kanker usus besar, termasuk infeksi pada pernapasan. Tidak hanya kanker kolon, ia juga mengalami masalah pada ginjal dan prostat.

Pada Kamis, 30 Desember 2022, ia meninggal dunia di usia 82 tahun akibat gagal fungsi multiorgan karena kanker usus besar yang dideritanya. Penyebab kematian tersebut dikabarkan oleh pihak rumah sakit.

Deretan Prestasi yang Dicapai Pele

Pele holding world cup trophy
Pele menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia tiga kali

Pele juga menjadi sosok pahlawan nasional di Brasil. Ia merupakan sosok yang dicintai di seluruh dunia, baik miskin dan kaya. Ia juga menjadi seorang legenda dalam dunia sepak bola, menjadikannya sebagai pemain terbaik sepanjang masa.

Selama kariernya sepanjang 21 tahun, legenda sepak bola itu berhasil mencetak total 1.283 gol di 1.367 pertandingan profesional, termasuk 77 gol di 92 pertandingan tim nasional Brasil. Angka tersebut disebut-sebut sebagai rekor dunia karena telah mencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Ia juga menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia tiga kali, mengangkat trofi pada 1958, 1962, 1970. Pele turut dinobatkan sebagai Player of the Century oleh FIFA pada tahun 2000.

New York Times mencatat banyak dari golnya menjadi legendaris, namun pengaruh Pele terhadap dunia melebihi prestasi gol dan penampilannya di Piala Dunia. Ia membuat sebuah gaya bermain yang disebut o jogo bonito, sebuah gaya yang memanfaatkan kontrol bola yang cerdas, umpat inventif dan tepat, dan rasa rakus untuk menyerang. Sejak saat itu, banyak pemain sepak bola yang menjadikan Pele sebagai panutannya.

Baca juga: Streamer Technoblade Meninggal Dunia Karena Kanker

Dunia Sepak Bola Berduka Kehilangan Pele

Mengingat status Pele yang dianggap sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa, banyak ucapan belangsungkawa berdatangan. Deretan pemain sepak bola internasional mengungkap duka di media sosial.

“Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan. Ia memberi suara pada orang miskin, pada orang kulit hitam dan terutama: ia memberi visibilitas pada Brasil. Sepak bola dan Brasil telah naik statusnya berkat sang Raja!” tulis Neymar melalui Instagram-nya.

“Sebuah ucapan selamat tinggal biasa untuk Raja abadi Pele tidak akan cukup untuk mengungkap duka yang melanda seluruh dunia sepak bola,” tulis Cristiano Ronaldo di Instagram-nya.

“Saya miliki banyak kenangan dengan Pele, tanpa ragu lagi pesepakbola terbaik yang pernah saya hadapi. Bagi saya, Pele tetap menjadi yang terbaik sepanjang masa dan saya bangga bermain bersamanya. RIP Pele dan terima kasih,” ungkap mantan pesepakbola Inggris Geoff Hurst di Twitter-nya.

Gamefinity ingin mengucapkan terima kasih pada Pele karena telah membantu mempopulerkan sepak bola di seluruh dunia. Selamat tinggal, Pele. Jasamu takkan kami lupakan.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: