7 Jajanan Kantin Sekolah Serba Murah Ini Bikin Balik Lagi ke Zaman SD

Camilla Anindita, 11 Oktober 2023

7 Jajanan Kantin Sekolah Serba Murah Ini Bikin Balik Lagi ke Zaman SDLifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Jajanan kantin sekolah menjadi makanan paling banyak dikenang dan diceritakan. Siapa sih yang tidak suka jajan? Apalagi saat masih sekolah, pasti ketika bel istirahat langsung pergi ke kantin untuk beli makanan dan minuman. Belum lagi keika jam kosong atau tidak ada guru di kelas, pasti langsung ke kantin.

Suasana kantin sekolah yang ramai dengan berbagai macam penjual makanan dan minuman yang serba murah membuat kalian kangen bukan ketika sudah lulus. Meskipun begitu, kalian masih bisa menikmati semua jajanan kantin sekolah loh.

Terlebih banyak pedagang kaki lima dan pinggiran sekolah yang juga menyajikan jajanan kantin sekolah. Jadi rasa kangen kalian bakal terobati dengan menikmati jajanan-jajanan tersebut.

Rekomendasi Jajanan Kantin Sekolah yang Bikin Nostalgia

Jajanan Kantin Sekolah

Saat masih kecil, memang kita mengenal kata jajanan yang beragam. Jajanan itu makanan ringan dan biasanya berukuran kecil dan sedikit. Namun, ini juga cukup untuk menambah dan memulihkan energi ketika kelaparan.

Baca juga: 

Apalagi karena harganya juga sangat murah, jajanan selalu menjadi incaran anak-anak dan juga orang dewasa. Hal itu terlihat dari banyaknya dan penuhnya antrian orang-orang yang ingin membeli jajanan di pinggir jalan maupun kantin.

Jajanan kantin sekolah apa saja nih yang bikin kalian nostalgia dan ingin balik lagi ke zaman SD? Dikutip Pergi Kuliner dan Sirclo Store, berikut rekomendasinya, antara lain:

1.    Telur Gulung

Jajanan Kantin Sekolah
Telor Gulung

Siapa yang suka jajan telur gulung? Semua orang menyukai jajanan yang sering ada di dekat sekolah. Bahannya cukup sederhana, hanya telur dan bumbu asin atau kaldu saja. Meskipun ada juga tambahan bihun. Kemudian dicocol dengan sambal, kalian bisa memakannya dalam keadaan masih hangat.

Untuk pembuatannya juga ditambah sedikit air agar ketika digoreng, telur bisa menyebar dan dapat digulung dengan mudah. Selain itu, biasanya ada tambahan sosis, bakso, hingga nugget yang tersedia.

2.    Batagor

Jajanan Kantin Sekolah
Batagor alias Bakso Tahu Goreng

Batagor juga menjadi primadona saat jajanan di sekolah. Kalian bisa menyantap seporsi batagor di piring ataupun di plastik. Tektursnya memang lebih crunchy dan cocok disantap dengan es teh.

Jajanan yang merupakan singkatan dari baso tahu goreng ini biasanya ditemani oleh pangsit, tahu, dan kentang. Kemudian disiram dengan sambal kacang, kecap, saus, dan terkadang jeruk nipis.

Baca juga: 

3.    Cilok

Jajanan Kantin Sekolah
Cilok alias Aci Dicolok

Cilok yang merupakan kepanjangan dari aci dicolok ini berasal dari Jawa Barat. Orang Sunda menyebut aci sebagai tepung tapioka. Cilok pun juga disebut sebagai bakso aci di beberapa kota. Umumnya, jajanan ini berkembang di Bandung dan juga Garut.

Cilok terbuat dari campuran tepung tapioka dengan telur dan nantinya dibentuk menjadi bulat menyerupai bakso. Isinya biasanya ada daging sapi ataupun daging ayam. Ketika sudah dibentuk menjadi bakso, maka adonan tersebut direbus hingga matang kemudian disajikan dengan kuah. Namun, ada juga cilok yang dikukus dan disajikan dengan bumbu kacang.

4.    Siomay

Jajanan Kantin Sekolah
Somay khusus biasanya dapat dibeli dari harga 5000

Selain batagor, ada juga jajanan siomay yang turut digemari anak-anak sekolah hingga orang dewasa sekalipun. Harganya murah dan variannya juga banyak sehingga kalian bisa memilihnya. Selain siomay, ada tahu putih dan kuning, kol, kentang, pangsit, dan pare. Enaknya, lagi ketika disiram dengan bumbu kacang, kecap, saus, dan jeruk nipis. Sama seperti batagor, kalian bisa menyantapnya langsung di piring atau di plastik

5.    Es Mambo

Jajanan Kantin Sekolah
Es Mambo atau Es Balon

Jujur saja, waktu masih SD, pasti beberapa dari kalian sering beli es mambo. Pembuatannya juga sangat mudah yakni dengan air dan sirup dimasukkan ke dalam plastik lalu dibekukan. Ada berbagai rasa dan varian yang bisa kalian coba.

Baca juga: 

6.    Bakso

Jajanan Kantin Sekolah

Tentu bakso juga harus dimasukkan ke dalam jajanan di kantin sekolah. Porsinya memang tidak sebanyak yang dijual di kedai bakso pada umumnya. Biasanya kamu bersama teman-teman suka berlomba dengan menguji tingkat kepedasan dengan menuangkan sambal serta saus sebanyak-banyaknya.

7.    Kue Cubit

Jajanan Kantin Sekolah

Terakhir, ada kue cubit yang juga disukai banyak orang. Bentuknya juga mungil dan dimakan dengan dicubit. Umumnya, kue cubit mempunyai topping cokelat meses, keju, matcha, dan beberapa topping menarik lainnya.

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: