Mickey Mouse Steamboat Willie Kini Memasuki Public Domain

Dimas Galih Putrawan, 8 Januari 2024

Mickey Mouse Steamboat Willie Kini Memasuki Public DomainFilm & TV
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – 95 tahun setelah film animasi pendek Steamboat Willie rilis, Mickey Mouse kini memasuki public domain. Kini, karakter ikonik itu sudah tidak lagi terlindungi hak cipta Disney. Namun, hanya versi originalnya yang terlihat di Steamboat Willie menjadi milik publik, sementara hak cipta versi modern-nya masih dimiliki Disney.

Apa Itu Public Domain?

Jadi apa itu public domain atau domain umum dan bagaimana cara kerjanya? Menurut Sky News, Undang-Undang Amerika Serikat mengizinkan perlindungan hak cipta bertahan selama 95 tahun. Begitu masa perlindungan hak cipta berakhir, karya yang bersangkutan bisa digunakan oleh publik tanpa biaya;

Contohnya, tokoh kreatif bisa menggunakan versi awal dari karakter Mickey dan Minnie dari Steamboat Willie. Beberapa dongeng seperti Snow White, Cinderella, dan Sleeping Beauty juga tergolong public domain sehingga Disney bisa mengadaptasinya tanpa harus mengeluarkan uang.

Beberapa karya lain berupa film, buku, musik, dan karakter dari tahun 1928 juga tersedia pada publik seperti yang tercantum pada laman Duke Law School’s Center for the Study of the Public Domain. Salah satunya adalah film The Circus karya Charlie Chaplin, novel Orlando karya Virginia Woolf, dan buku anak House at Pooh Corner yang memperkenalkan karakter Tigger dari Winnie the Pooh karya A.A. Milne.

95 Tahun setelah Steamboat Willie Rilis, Versi Awal Mickey Mouse Masuk Public Domain

Steamboat Willie merupakan film Disney yang rilis pada 1928 sekaligus memperkenalkan karakter Mickey Mouse dan Minnie Mouse pada publik. Film tersebut menjadi pondasi bagi Disney untuk menjadi salah satu studio film dan animasi terbesar di dunia.

Kini, Steamboat Willie sudah memasuki public domain semenjak masa perlindungan hak cipta berakhir. Publik kini bisa menggunakan gambar Mickey dan Minnie Mouse dari film pendek tersebut, baik itu sekadar meme atau karya kreatif lain.

Contohnya, Infestation: Origins, sebuah game co-op survival horror, baru saja diumumkan. Game besutan Nightmare Forge itu menggabungkan Steamboat Willie dengan twist lebih menyeramkan.

Baca juga:

Versi Modern Tetap Milik Disney

Mickey Mouse Disney

Akan tetapi, public domain tidak berlaku pada versi modern Mickey Mouse yang debut pada The Band Concert (1935). Versi yang sudah berwarna tersebut masih tetap dimiliki oleh Disney.

“Mickey versi lebih modern tidak akan terdampak habisnya masa hak cipta Steamboat Willie dan Mickey akan terus menjadi peran utama global ambassador Walt Disney Company dalam penceritaan, atraksi theme park, dan merchandise. Kami, tentu saja, akan terus melindungi hak kami terhadap versi lebih modern dari Mickey Mouse dan karya kami yang maish terlindungi hak cipta,” ungkap perwakilan Disney.

Terlebih, Disney masih memiliki trademark atau merek dagang karakter Mickey sebagai maskot dan ikon brand. Trademark sendiri terpisah dari perlindungan, maka publik memiliki batasan tertentu untuk menggunakan karakter ikonik itu.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: