Golden Disc Award 2024 Ricuh Karena Fansite dan Daeri

Maytiska Omar, 23 Januari 2024

Golden Disc Award 2024 Ricuh Karena Fansite dan DaeriMusik
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Golden Disc Award 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Indonesia sempat memicu kericuhan dari fansite dan daeri. Mulai dari security hingga staf diteriaki perkataan yang tidak pantas.

Acara penghargaan musik Korea Selatan, GDA 2024 dilaksanakan di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (6/1). Belasan idol tampil memukau dengan membawakan 2-3 lagu tiap grup.

Namun, di tengah-tengah antusias penggemar acara tersebut, ada oknum-oknum yang membuat kericuhan sehingga acara tidak dapat dinikmati sepenuhnya. Mereka diketahui sebagai fansite idol ataupun daeri.

Keributan di Golden Disc Award 2024 yang Dibuat Fansite dan Daeri

GOLDEN DISC AWARD 2024 1

Awal mulanya, beberapa penggemar yang datang ke GDA meng-upload video yang menunjukkan beberapa orang Korea Selatan berteriak hingga menunjukkan jari tengah kepada petugas keamanan. Kronologinya, mereka membawa kamera professional yang dilarang dalam acara tersebut.

Setelah ditegur dan dibawa untuk dikeluarkan dari venue, orang-orang tersebut tidak terima. Mereka mulai mencaci maki dalam Bahasa Korea dan mengatakan untuk tidak boleh menyentuh. Fans asal Indonesiapun tidak berdiam diri karena tentu saja acara mereka jadi terganggu.

Setelah ditelusuri lebih dalam ternyata mereka merupakan fansite dan daeri. Fansite sendiri adalah orang-orang yang mengikuti idol untuk mengambil foto salah satu personel. Biasanya mereka hanya mengikuti satu member dari satu grup. Namun, memang tidak menutup kemungkinan untuk mereka mengikuti anggota dari grup lain.

Daeri adalah oknum yang mengambil foto idol secara random. Kemudian, mereka akan menjual “data” tersebut kepada fansite yang tidak bisa hadir dalam beberapa acara. Memang biasanya lebih banyak terjadi di acara-acara luar negeri.

Dalam video yang beredar, tindakan anarkis yang mereka lakukan sangat rusuh. Bahkan, ada yang sengaja menarik petugas GDA asal Indonesia hingga terjatuh. Mereka juga berteriak sangat kencang di telinga dan muka para petugas keamanan.

Fansite yang Terlibat Minta Maaf Hingga Privasi Akun

Fansite dari member IVE, Liz memberi klarifikasi dan meminta maaf atas kegaduhan yang ia lakukan.
Fansite dari member IVE Liz memberi klarifikasi dan meminta maaf atas kegaduhan yang ia lakukan

Setelah video-video tersebut viral, netizen berbondong-bondong mencari fansite siapa sajakah yang terlibat. Beberapa orang mendapatkan informasi dari akun yang dirahasiakan identitasnya.

Baca juga:

Fansite yang sudah terekspos langsung memberikan klarifikasi dan meminta maaf atas kegaduhan yang ditimbulkan. Bahkan, beberapa langsung mem-private­ akun X mereka.

Namun, ada daeri yang memang ingin mencari masalah dengan tidak meminta maaf dan malahan mengatakan tidak akan kembali ke Indonesia. Tentu saja hal itu membuat penggemar marah dan menyuruhnya untuk tidak pernah datang lagi. Tidak hanya itu, netizen juga membuat meme dari muka orang-orang yang mericuh.

Fans Indonesia sampai ada yang membuat thread kumpulan yang diduga fansite atau daeri tersebut. Beberapa ada yang salah menebak di awal dan menyebabkan beberapa dari mereka kehilangan followers di X. Oleh karena itu, tetap harus ada cross-check agar tidak salah informasi.

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: