Penghargaan Musik Korea Golden Disc Awards Diadakan di Indonesia

Camilla Anindita, 22 November 2023

Penghargaan Musik Korea Golden Disc Awards Diadakan di IndonesiaMusik
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Penghargaan musik bergengsi untuk K-Pop Korea Selatan, Golden Disc Awards bakal diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta pada tanggal 6 Januari 2024 mendatang.

Tentu keputusan ini disambut hangat para K-Popers, sebutan penggemar K-Pop yang ada di Indonesia. Banyak dari mereka yang menyambut kegembiraannya dan masih tidak percaya bahwa ajang tersebut diadakan di Jakarta pada platform X, sebelumnya Twitter.

Beberapa dari mereka juga sudah siap dengan perang membeli tiket agar bisa menonton langsung ajang Golden Disc Awards ke-38. Menariknya, nantinya bakal ada satu nominasi khusus untuk menerima suara dari voters asal Indonesia.

Dilansir CNN Indonesia, Head of Marketing and Coomunication PT NICE Entertainment Rizdania Herlendita mengungkapkan bahwa nama nominasinya ialah Mandiri Award. Mandiri Award ini menjadi penghargaan khusus untuk para pemilih yang berasi dari orang-orang Indonesia.

Alasan Jakarta Menjadi Tuan Rumah Golden Disc Awards

Golden Disc Awards

Tentu banyak orang yang bertanya-tanya tentang alasan Jakarta yang menjadi tuan rumah ajang musik Golden Disc Awards. Dikutip allkpop, Sekretariat Golden Disc Awards menyatakan bahwa jumlah permintaan penonton Asia yang ingin melihat artis K-Pop secara langsung semakin meningkat seiring pertumbuhan pengaruh K-Pop di pasar global.

Untuk itu, mereka ingin membangun platform di mana para penggemar music dalam maupun luar negeri bisa terlibat dan menikmati lingkungan artistik K-Pop. Jakarta pun menyediakan ruangan agar bisa menciptakan pertukaran yang menarik dan unik.

Mengutip Liputan6, Jakarta menjadi kota kelima yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang musik bergengsi Golden Disc Awards yang berlangsung di luar Korea Selatan. Sebelumnya ajang penghargaan musik ini berlangsung di Jepang pada edisi ke-26.

Lalu berlanjut di Malaysia pada edisi ke-27, diikuti edisi ke-29 yang berlangsung di China, dan edisi ke-37 diadakan di Rajamangala Stadoum, Bangkok, Thailand pada 7 Januari 2023 lalu.

Baca juga: 

Waktu Pengumuman Line-Up dan Nominee Golden Disc Awards

Golden Disc Awards bakal semakin dinanti ketika pengumuman line-up dan nominasi setiap kategori yang bakal diumumkan pada tanggal 4 Desember 2023 nanti, waktu Korea Selatan. Daftarnya sendiri bakal dirilis di situs resmi serta berbagai media sosial Golden Disc Awards.

Paling tidak sedikitnya ada 12 penghargaan yang akan diberikan. Sebagai perbandingan dengan Golden Disc Awards ke-37 di Thailand, ada 15 penghargaan untuk setiap kategorinya. Total penghargaan ini sudah termasuk dengan Daesang (Grand Prize) untuk Album of the Year dan Digital Song of the Year serta Bonsang untuk Best Album dan Best Digital Song.

Namun, hingga saat ini masih ada belum kepastian mengenai jumlah penghargaan beserta idol K-Pop yang akan masuk Golden Disc Awards ke-38.

Sebagai informasi, pada Golden Disc Awards ke-37, BTS memenangkan Daesang untuk Album of the Year. Ini merupakan Daesang keenam kalinya berturut-turut. Lalu IVE membawa pulang Daesang untuk Digital Song of the Year dan juga Rookie Artist of the Year.

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: