Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Ada, Cuma Ditempuh 3,5 Jam

Camilla Anindita, 24 Oktober 2023

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Ada, Cuma Ditempuh 3,5 JamLifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi Presiden Joko Widodo menegaskan proyek kereta cepat bakal berlanjut hingga menuju Surabaya. Saat ini proyek tersebut masih dalam tahapan studi awal.

Jokowi mengungkapkan bahwa proyek ini bakal dibangun berdasarkan studi dari pihak pemrakarsa. Nantinya pihak pemerintah juga bakal melakukan studi agar bisa menemukan angka kalkulasi yang sesuai. Jokowi menyebutkan bahwa studi pengembangan kereta cepat Jakarta-Surabaya ini bisa rampung dalam kurun waktu dua minggu ke depan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan studi yang dilakukan pemerintah sedang berlangsung mengenai proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung yang kemudian akan diteruskan hingga Surabaya. Keputusan ini nantinya bakal dibuat atau tidak tergantung hasil studi pemerintah.

Durasi Waktu Perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Kunjungan Industri Whooshh

Dilansir CNBC Indonesia, seperti yang kita tahu durasi perjalanan kereta cepat dari Jakarta menuju Bandung memakan waktu kurang lebih 45 menit. Kemudian ketika naik kereta cepat dari Jakarta ke Padalarang hanya membutuhkan waktu hingga 29 menit.

Menhub Budi Karya menjabarkan apabila nanti dilanjutkan ke Surabaya maka jarak tempuh dari Jakarta menuju Surabaya membutuhkan waktu selama 3,5 jam jika proyek benar-benar terealisasikan. Selama ini durasi perjalanan Jakarta-Surabaya memakan waktu selama 11 jam jika menggunakan kereta reguler. Jauh lebih efisien dan cepat bukan apabila kereta cepat Jakarta-Surabaya jadi direalisasikan pemerintah.

Jalur efisien kereta cepat itu sebenarnya bisa ditempuh lebih dari 500 kilometer. Saat ini panjang lintasan kereta cepat dari Jakarta menuju Bandung ialah 142,3 kilometer.

Perencanaan ini memang sedang dibicarakan lebih lanjut agar bisa diteruskan oleh pemerintah periode selanjutnya. Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II tersebut mengatakan jika proyek ini jadi dibuat maka moda transportasi canggih ini bisa jauh lebih efisien lagi.

Baca juga: 

Jalur Lintasan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Whooshh Kereta Cepat

Kompas melaporkan bahwa nantinya jalur lintasan kereta cepat Jakarta-Surabaya bakal melewati daerah Bandara Kertajadi, D.I. Yogyakarta, Solo, dan juga Surabaya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo ingin melanjutkan kembali studi mengenai keberlangsungan kereta cepat Jakarta-Surabaya. Hal ini berlangsung usai Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah beroperasi.

Hingga saat ini, pemerintah masih menunggu hasil kajian dalam penghitungan biaya infrastruktur kereta cepat Bandung-Surabaya yang bakal rampung pada bulan Oktober 2023 ini. Setelah itu, baru kalkulasi seluruh hasil studinya.

Mari ditunggu apakah proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya jadi direalisasikan pemerintah atau saat periode selanjutnya? Meskipun sekarang ini Menhub Budi Karya Sumadi sudah memiliki rencana dasar beserta desainnya.

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: