Review D.P, Drakor Tentang Sisi Gelap Wajib Militer

Erni Wahyu Puji Lestari, 17 Juli 2023

Review D.P, Drakor Tentang Sisi Gelap Wajib MiliterFilm & TV
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, NgawiD.P atau Deserter Pursuit adalah serial original Netflix yang tayang pada 2021 silam. Serial ini diadaptasi dari webtoon berjudul D.P: Dog Days yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kim Bo-Tong. Selain itu, serial ini diperankan oleh aktor-aktor ternama seperti Jung Hae in, Koo Kyo Hwan, Kim Sung Kyun, dan Son Suk Ku. D.P season 2 bakal segera tayang di Netflix pada 28 Juli Mendatang. Nah, sebelum menyaksikan musim keduanya, mari simak ulasan tentang musim pertama serial D.P berikut ini:

Sinopsis D.P

D.P
Poster utama D.P

D.P mengisahkan tentang seorang pemuda bernama An Junho yang sedang menjalankan tugas wajib militer di Korea Selatan. Suatu hari, dia ditawari oleh atasannya untuk bergabung dalam tim D.P atau Deserter Pursuit.

D.P adalah sebuah unit dari polisi militer yang bertugas untuk menangkap para tentara yang kabur dari unit tugasnya. Junho akhirnya menerima tawaran ini dan bekerja sama dengan Kopral Han Hoyeol yang lebih dulu bergabung menjadi anggota D.P. Para tentara yang kabur ini memiliki berbagai macam alasan yang cukup menyedihkan. Sebagian besar dari mereka adalah korban perundungan dari seniornya.

Baca Juga: 

Bullying dan senioritas di lingkungan militer

D.P
Scene at D.P

Bullying adalah kasus yang sering terjadi di Korea Selatan. Sebelumnya sudah banyak drama dan film yang membahas tentang bullying terutama di lingkungan sekolah. Nah, kaali ini D.P menyinggung tentang aksi bullying yang terjadi di dunia militer.

Drama ini memperlihatkan bagaimana sistem militer Korea Selatan yang masih sangat menjunjung tinggi senioritas. Tidak peduli apapun, segala perintah dari senior harus dipatuhi dan dilaksanakan. Senioritas disini akhirnya berujung pada pembullyan yang sebagian sasarannya adalah tentara yang baru masuk wamil. Parahnya, para pembully ini melakukan berbagai tindakan yang tidak manusiawi, mulai dari serangan fisik, mental, hingga kekerasan seksual. 

Sayangnya para petinggi militer lebih memilih tutup mata, dan menyelesaikan setiap kasus secara diam-diam. Padahal mereka tahu betul apa yang sebenarnya terjadi. Namun mereka juga tidak bisa berbuat apa-apa karena harus mematuhi perintah atasan yang pangkatnya lebih tinggi. 

Dua tokoh utama yang memiliki kepribadian bertolak belakang.

D.P
Scene at D.P

Drama ini berfokus pada kisah dua anggota D.P yakni Tamtama An Junho dan Kopral Han Hoyeol. Mereka berdua dipasangkan sebagai partner dalam misi penangkapan tentara yang kabur. Menariknya, mereka memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang. An Junho adalah pribadi yang tenang dan tidak banyak bicara. Sedangkan Han Hoyeol adalah tipe orang yang blak-blakan, cerewet, dan konyol. Meskipun begitu, keduanya justru saling melengkapi satu sama lain. Mereka memiliki chemistry yang kuat sebagai partner, sehingga momen bromance mereka cukup menghibur di drama yang ceritanya lumayan berat seperti ini. 

Baca Juga:

Kesimpulan

D.P memiliki total 6 episode, yang setiap episodenya menyuguhkan kasus yang berbeda-beda. Kisah para tentara yang kabur tersebut cukup membuat penonton sedih dan miris, jadi jangan lupa siapkan tisu ketika menontonnya.

Untungnya, setiap kasus dapat diselesaikan dengan cepat dan tidak bertele-tele. Secara keseluruhan, serial ini cocok ditonton secara maraton, karena hanya memiliki 6 episode. Namun hati-hati bagi yang belum cukup umur, karena cukup banyak adegan kekerasan yang muncul dalam serial ini. 

Itulah sedikit ulasan tentang D.P musim pertama. D.P season 2 akan tayang di Netflix pada 28 Juli mendatang, jadi jangan lupa tonton musim pertamanya terlebih dahulu. 

author avatar
Erni Wahyu Puji Lestari
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: