Ujian dengan Cosplay Cuma Dilakukan Sama Universitas Ini

Camilla Anindita, 20 Juni 2023

Ujian dengan Cosplay Cuma Dilakukan Sama Universitas IniLifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Ada pemandangan menarik dan tidak biasa dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Para mahasiswa Sarjana Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) melakukan cosplay untuk Ujian Akhir Semester (UAS).

Salah satu mahasiswa Kayla Seraphine bercerita melalui akun Twitternya, @kayseraphine pada 22 Mei 2023. Ia bercerita bahwa dirinya dan teman-temannya diminta dosen untuk menjadi cosplayer.

Mahasiswa semester IV ini membagikan foto-foto dirinya dan teman-teman yang berias dengan berbagai macam riasan dan kostum. Ada yang menjadi DJ Marshmello, driver Grab, anime, pelamar kerja, dan masih banyak tokoh-tokoh lainnya. Kayla menambahkan cosplay ini sebagai bagian UAS untuk mata kuliah Psikologi Komunikasi.

Baca juga:

Utas cuitan Kayla sendiri sudah mendapat likes sebanyak 5.236, dikomentari puluhan warganet Twitter, dan dibagikan sebanyak 1.184 kali hingga Selasa (30/5).

Cosplay Digagas untuk Penilaian UAS yang Menyenangkan

Dosen Ifa Cosplay sebagai maleficent
dosen DKV Ifa Source akun Twitter kayseraphine

Dosen mata kuliah Psikologi Komunikasi DKV ITB, Ifa Safira Mustidakara mengemukakan bahwa cosplay digagas untuk dijadikan sebagai penilaian UAS sesuai jadwal mata kuliah tersebut.

Pada awal mulanya, beliau berempati dengan mahasiswa yang tengah mendapat banyak tugas saat menjalani pekan UAS di ITB. Lalu seminggu sebelum jadwal UAS, Ifa bertanya kepada para mahasiswanya mengenai tugas dan kegiatan UAS yang tidak akan membebani.

“Saya sedang mencari kegiatan apa saja yang menyenangkan untuk UAS,” kata Ifa kala itu.

Lantas mahasiswa-mahasiswa didikannya ingin melakukan cosplay. Rupanya antusiasme tersebut disambut baik oleh dosen Psikologi Komunikasi DKV ITB. Ia pun mengajukan syarat harus mengandalkan kreativitas untuk menjadi cosplayer.

Ketika UAS, para mahasiswa semester IV DKV ITB pun datang dengan berbagai kostum serta aksesorisnya mewakili karakter-karakter tertentu. Untuk Ifa sendiri selaku dosen pengampu tampil sebagai Maleficent dengan tanduknya.

Pengalaman Lebih Penting

Tampilan Cosplay di ITB
Source akun Twitter kayseraphine

Selain itu, Ifa juga meminta para mahasiswa tersebut untuk melakukan parade di sekitar kampus pada pukul 10.00 WIB.

“Rute paradenya sendiri dimulai dari CADL gedung bagian utara, lalu berlanjut ke gedung Fakultas Seni Rupa Desain,” kata Ifa.

Tidak lupa, Ifa juga memberikan tugas untuk bertemu dan sapa orang asing di beberapa titik untuk menanyakan kesan mereka tentang cosplay serta harus ada fotonya. Nantinya itu semua dibuat dalam laporan untuk tugas UAS. Ifa ingin mahasiswa bisa mempunyai pengalaman tersendiri karena itu lebih penting dibandingkan dengan teori.

Benar saja, ketika aksi tersebut dilakukan, sudah banyak mendapat atensi dari berbagai pihak karena memang dilaksanakan saat UTBK 2023.

ITB sendiri memang dikenal serius dalam menjalankan aktivitas kuliah yang menyenangkan. Hal itu yang membuat banyak siswa UTBK tertarik dan antusias untuk melihatnya.

Perlu kamu tahu bahwa cosplay serupa juga pernah dibuat pada tahun 2022. Sayangnya, cosplay hanya dilakukan di dalam kelas saja, tidak seperti tahun ini. Cosplay tersebut diadakan untuk mata kuliah yang berkaitan dengan komunikasi konsep diri.

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: