Usai Qatar, Arab Saudi Jadi Negara Asia Berikutnya sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Camilla Anindita, 22 November 2023

Usai Qatar, Arab Saudi Jadi Negara Asia Berikutnya sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2034Lifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Arab Saudi resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal itu diumumkan langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino melalui akun Instagram pribadinya, @gianni_infantino pada Selasa (1/11).

Ia menuliskan bahwa pada tahun 2026 Piala Dunia bakal diselenggarakan di Amerika Utara yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Lalu dua edisi berikutnya akan diadakan di Maroko (Afrika dan Portugal serta Spanyol (Eropa) disertakan tiga pertandingan yang dimainkan di Argentina, Paraguay, dan Uruguay (Amerika Selatan) pada tahun 2030. Kemudian tahun 2034, Piala Dunia bakal berlangsung di Arab Saudi (Asia).

Melalui tiga edisi Piala Dunia yang diselenggarakan 10 negara yang tersebar di lima benua tersebut menunjukkan bahwa sepak bola benar-benar mendunia.

Arab Saudi Menjadi Calon Tunggal Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Piala Dunia Arab Saudi 2024

Perlu diketahui bahwa Arab Saudi menjadi calon tunggal tuan rumah Piala Dunia 2034 usai Australia mengundurkan diri. Ini menjadi kali ketiga Piala Dunia yang diselenggarakan di benua Asia. Sebelumnya Piala Dunia diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang pada tahun 2002, lalu tahun 2022 giliran Qatar yang menjadi tuan rumahnya.

Mengutip CNN Indonesia, Infantino pun mengungkapkan proses pengajuan sebagai tuan rumah pu memang sudah disetujui FIFA beserta keenam konfederasi. Memang sebelumnya, Australia berminat untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia 2034. Namun federasi sepak bola Australia mundur dari proses bidding tuan rumah pada hari terakhir.

Orang nomor satu di FIFA tersebut juga menjelaskan bahwa sepak bola menjadi cara sempurna untuk bisa menyatukan perbedaan budaya. Bisa dikatakan Piala Dunia dapat menyampaikan pesan persatuan serta kesatuan.

Oleh karena itu, Arab Saudi menjadi satu-satunya negara yang masih terdaftar untuk menjadi calon tuan rumah hingga bidding ditutup. Arab Saudi menjadi negara Asia keempat yang menjadi tuan rumah Piala Dunia usai Korea Selatan, Jepang, dan juga Qatar.

Baca juga: 

Piala Dunia 2026 Diselenggarakan di Tiga Negara

Piala Dunia Arab Saudi 2024

Dilansir Kompas, Piala Dunia edisi ke-23 tahun 2026 bakal berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko pada bulan Juni hingga Juli 2026 mendatang.

Uniknya, Piala Dunia 2026 ini menjadi edisi perdana yang jumlah pesertanya mencapai 48, meningkat dari sebelumnya yang hanya diikuti 32 tim di Qatar pada tahun lalu.

Kemudian Piala Dunia 2030 juga akan diadakan di tiga negara yakni Maroko, Portugal, dan Spanyol. Selain ketiga negara tersebut, tiga negara dari Amerika Selatan (Argentina, Paraguay, dan Uruguay) juga bakal menggelar pertandingan sebagai perayaan 100 tahun berlangsungnya Piala Dunia FIFA.

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: