Berlaku Oktober 2023, X Twitter Dikenakan Biaya Rp15 Ribu per Tahun

Camilla Anindita, 14 November 2023

Berlaku Oktober 2023, X Twitter Dikenakan Biaya Rp15 Ribu per TahunTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Elon Musk memberlakukan X Twitter berbayar pada Oktober 2023 lalu. Gebrakan ini sebenarnya sudah dijelaskan sejak bulan September lalu.

The Guardian melaporkan Musk menetapkan tarif langganan untuk para penggunanya sebanyak $1 atau sekitar Rp15.800 per tahunnya. Tarif ini nantinya akan menjadi kunci akses para penggunanya untuk membuat post, repost, reply, like, bookmark, dan juga quote post. Kebijakan ini diuji coba terlebih dahulu di Filipina dan New Zealand pada 17 Oktober 2023.

Dikutip Tek.id, langganan baru atau yang disebut dengan Not A Bot ini memberlakukan biaya berlangganan agar bisa mengurangi spam, aktivitas bot, hingga manipulasi platform. Tentu hal ini bertujuan untuk memerangi spammer dan bot di X.

Penerapan Sistem X Twitter Berbayar

X Twitter Berbayar

Untuk pengguna akun baru di Filipina dan New Zealand wajib melakukan verifikasi nomor ponsel dan melakukan pembayaran sebanyak 42,51 Peso dan NZ$1,43 per tahunnya agar bisa mengakses semua fitur yang ada.

Kemudian bagi pengguna baru yang tidak berlangganan hanya bisa membaca postingan, menonton berbagai video, serta mengikuti akun tanpa menyukai dan membalas postingan.

Musk juga bakal menjabarkan bila setiap bot dapat membuat bot baru dengan berlangganan yang memiliki metode pembayaran yang berbeda. Maka dari itu, pembuat bot disinyalir bakal kesulitan untuk menciptakan akun palsu.

Pemungutan biaya kepada para pengguna baru ini dirancang Musk lantaran dirinya tengah mencari alternatif pendapatan, tentunya selain dari banyak iklan yang tersedia. Elon Musk juga ingin menjadikan X sebagai aplikasi serba bisa. Itu juga termasuk dengan penyedia layanan pembayaran.

Musk juga berpendapat bahwa sejak X Twitter diambil alih dirinya, ada penurunan hinga 60 persen dalam pendapatan iklan. Ia juga prihatin dengan sejumlah konten yang tidak pantas dan berbau kebencian.

Baca juga: 

Musk Ingin X Menjadi Aplikasi Kencan

Tidak hanya penetapan biaya X berbayar pada pengguna baru saja, tetapi seorang Elon Musk juga menginginkan platform X menjadi aplikasi kencan. Hal ini didorong upayanya untuk bisa mengubah X menjadi aplikasi segalanya atau serba bisa. Gebrakan terbaru dari Musk ini akan meluncur pada tahun 2024, seperti yang dilaporkan Business Insider.

DIlansir Viva, tentu ini bukan pertama kalinya bagi Musk untuk mengubah wajah X Twitter serta menambahkan berbagai macam fitur.

Ide Musk untuk menambahkan fungsionalitas aplikasi kencan pada platform X juga sudah lama ia rancang. Bulan Mei lalu, Musk sempat menanggapi tawaran penggunaa untuk fungsi kencan yang ada di Twinder. Ia pun menganggap bahwa itu ide yang menarik.

Namun, belum jelas apa yang bakal Elon Musk rancang mengenai fitur-fitur aplikasi kencan pada platform X. Hingga kini Musk tidak menjelaskan secara terperinci mengenai ide aplikasi kencan.

Dengan adanya gebrakan seperti ini apakah bisa meningkatkan nilai dan pamor platform X?

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: