Cara Mengetahui Ponsel Disadap: Kenali 7 Cirinya

Zeinal Wujud, 4 Juli 2024

Cara Mengetahui Ponsel Disadap: Kenali 7 CirinyaTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Apakah kamu pernah merasa ponsel kamu bertingkah aneh? Bisa jadi kamu mengalami ponsel disadap. Penyadapan ponsel dapat dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari hacker, mantan pasangan, hingga pemerintah.

Mereka mungkin mendengarkan panggilan kamu, membaca pesan, atau bahkan mengubah informasi di layar ponsel kamu. Berikut ini adalah beberapa tanda yang perlu kamu waspadai untuk mengetahui apakah ponsel kamu disadap.

1. Masalah Baterai – Ciri Ponsel Disadap

Jika baterai ponsel kamu cepat habis atau ponsel terasa panas, ini bisa menjadi tanda bahwa ponsel sedang disadap. Aplikasi jahat mungkin berjalan di latar belakang, menyebabkan ponsel menjadi panas dan baterai cepat habis.

Pantau penggunaan aplikasi dan cek apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal.

2. Peningkatan Penggunaan Data Seluler

Peningkatan Penggunaan Data Seluler

Peningkatan penggunaan data seluler yang tidak wajar bisa menjadi tanda adanya penyadapan. Aplikasi jahat dapat menggunakan data untuk mengirim informasi yang dikumpulkan ke pihak ketiga.

Periksa tagihan data kamu secara rutin dan bandingkan dengan penggunaan data sebelumnya untuk mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan.

Baca juga:

3. Iklan dan Aplikasi Tak Diinginkan – Ciri Ponsel Disadap

Jika kamu melihat iklan yang tidak biasa atau menemukan aplikasi yang tidak kamu instal, ini bisa menjadi tanda bahwa ponsel kamu telah disusupi malware. Malware dapat memasang aplikasi atau iklan jahat untuk mengumpulkan data atau menghasilkan pendapatan dari klik iklan.

Selalu unduh aplikasi dari sumber resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store untuk mengurangi risiko ini.

4. Kinerja Ponsel Menurun

Ponsel yang lambat atau sering hang bisa menjadi indikasi adanya malware. Malware bisa mengambil alih sistem ponsel dan mengirim data ke server eksternal, menyebabkan kinerja ponsel menurun.

Periksa penggunaan RAM dan identifikasi aplikasi yang menggunakan sumber daya paling banyak. Hapus atau nonaktifkan aplikasi yang mencurigakan.

5. Pesan Aneh – Ciri Ponsel Disadap

Pesan Aneh - Ciri Ponsel Disadap

Jika kamu menerima pesan yang berisi karakter aneh atau kode, ini bisa menjadi tanda adanya spyware yang mencoba berkomunikasi dengan servernya.

Jika orang-orang di kontak kamu juga menerima pesan aneh dari kamu, ini bisa berarti ponsel kamu mencoba menyebarkan malware ke perangkat mereka.

6. Tampilan Situs Web Berubah

Malware bisa mengubah tampilan situs web yang kamu kunjungi untuk mencuri informasi pribadi seperti kata sandi atau detail finansial.

Jika kamu melihat perubahan yang mencurigakan pada situs web, bandingkan dengan tampilan situs di komputer untuk memastikan. Hindari mengklik tautan yang mencurigakan dalam pesan atau email.

Baca juga:

7. Menggunakan Kode Pemanggilan Android – Ciri Ponsel Disadap

Pengguna Android dapat menggunakan kode khusus untuk memeriksa apakah data mereka sedang diteruskan ke pihak ketiga.

Coba ketik *#21*, *#67#, atau *#62# di layar panggilan dan lihat hasilnya. Jika ada data yang diteruskan, segera ketik ##002# untuk menghentikan penyadapan.

Langkah Selanjutnya Jika Ponsel Disadap

Jika kamu menduga ponsel kamu disadap, langkah pertama adalah menghapus aplikasi mencurigakan dan memindai ponsel dengan aplikasi antivirus terpercaya.

Selanjutnya, tingkatkan keamanan ponsel dengan memperbarui sistem operasi dan aplikasi secara rutin, serta menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun.

Penyadapan ponsel bisa berdampak serius pada privasi dan keamanan kamu. Dengan mengenali tanda-tanda ini, kamu bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi diri dan informasi pribadi kamu dari ancaman siber.

Temukan artikel lainnya dari Zeinal Wujud! Ikuti Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk update terbaru. Jangan lupa top up game lebih mudah pakai QRIS hanya di Gamefinity!

author avatar
Zeinal Wujud SEO Content Writer
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: