Dilarang Amerikan Huawei Luncurkan Chipset HiSilicon

Selena Chan, 22 Maret 2023

Dilarang Amerikan Huawei Luncurkan Chipset HiSiliconTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Sempat tidak terdengar lagi akibat diblokir di Amerika, Huawei dirumorkan kembali membangkitkan era Smartphone flagship mereka, dengan merilis CPU terbaru mereka dengan nama antara Kirin 9100 atau Kirin 9 Gen 1. Tech enthusiast Rodent 950 juga memposting chipset tersebut dengan kode KC10. ia mengklaim bahwa KC10 menjadi nama kode dari Kirin 9010 yang merupakan versi iteratif dari Kirin 9000.

Meskipun begitu belum diketahui detail spesifikasi secara pasti, namun menurut laporan yang beredar seri Kirin ini mampu menyaingi Snapdragon versi baru 8+ dengan nilai lebih dari 1,3 juta di situs antutu.

Chipset Kirin Terbaru Masih dilakukan Proses Ujicoba

Walaupun demikian, proses pembuatan chipset Kirin ini masih melalui tahap ujicoba dan belum dketahui secara pasti kapan betul – betul diproduksi secara massal, adapun diproduksi massal, mungkin masih belum sekarang lantaran perusahaan belum berencana untuk merilis Chipset Kelas premium dan tengah memfokuskan pada chipset HiSilicon Kirin yang direncanakan untuk digunakan pada ponsel kelas menengah Huawei Enjoy 60.

Baca juga: Google I/O Resmi Digelar 10 Mei Dan Cara Nonton

Dirumorkan juga bahwa performa HiSilicon Kirin juga lebih baik jika dibandingkan Kirin 710F. Kirin 710F dirilis bersama dengan series lainnya Kirin 710 pada tahun 2018 lalu dengan ponsel pertamanya Huawei Nova3i. Chipset ini juga ditenagai dengan fabrikasi 12nm serta delapan core yang masing – masing A73 berjumlah 4 dan empat core A53 berukuran kecil.

Hak Dagang Brand Huawei Dilarang Oleh Amerika Serikat

Sebelum Huawei diblokir oleh Amerika, Huawei merilis seri 990 dan pertamakalinya Chipset ini telah terintegrasi dengan 5G. Hadirnya chipset 990 ini juga merubah ekosistem internet pada tahun 2020 dan Kirin 9000 menjadi seri terakhir sebelum benar – benar diblokir oleh Amerika lantaran perang dagang antarkedua negara tersebut.

Huawei Kirin 990 5G

Hingga beberapa tahun terakhir ini, China selaku Negara Asal brand Huawei tersebut masih tetap diberlakukan pembatasan penyaluran komponen dari luar buntut politik perang dagang yang dilakukan oleh negara pesaing Amerika Serikat begitupun akses Google terhadap negara tirai bambu tersebut juga diblokir oleh Amerika Serikat. 

Mau tidak mau Republik Rakyat Tiongkok melakukan swasembada. Alhasil Huawei meluncurkan Sistem operasinya yang berjudul HarmonyOS.

author avatar
Selena Chan
Jangan Panggil Aku Suhu, masih pemain baru Add ID yang mau bermitra ML: 331557585 ( Selena X Earl ) Cookie Run: Ovenbreak: FFJNY0536 Kingdom: ZZJDN1852
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: