Fitur Baru TikTok: Bisa Simpan Lagu ke Spotify

Zeinal Wujud, 21 November 2023

Fitur Baru TikTok: Bisa Simpan Lagu ke SpotifyTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – TikTok kini bekerja sama dengan layanan streaming musik seperti Spotify, Amazon Music, dan Apple Music untuk fitur terbaru. Fitur yang memungkinkan pengguna menyimpan lagu langsung ke aplikasi streaming musik pilihan mereka.

Fitur ini hadir pada saat pengaruh TikTok semakin menjadi faktor penting dalam tangga lagu musik dan penemuan artis baru. Dampaknya juga terasa dalam desain ulang aplikasi Spotify yang terinspirasi oleh TikTok tahun ini. Memperbarui aplikasi dengan feed penemuan berbentuk singkat untuk musik dan podcast.

Inovasi TikTok, Langsung Simpan Musik Favorit ke Spotify

Spotify TikTok

Fitur baru TikTok yang disebut “Tambahkan ke Aplikasi Musik” akan muncul sebagai tombol “Tambahkan Lagu”. Tombol tersebut di sebelah nama lagu di bagian bawah video TikTok di For You Feed (FYP).

Memungkinkan pengguna menyimpan lagu ke aplikasi streaming musik mereka. Saat pertama kali pengguna mengetuk tombol ini, mereka dapat mengatur layanan musik mana yang ingin dijadikan default.

Meskipun Apple Music tidak diungkapkan dalam rilis pers TikTok tentang fitur ini, namun terlihat dalam tangkapan layar yang disediakan. TikTok mengonfirmasi bahwa Apple Music memang bagian dari fitur tersebut.

Untuk pengguna Spotify di AS dan Inggris, mereka dapat menyimpan lagu ke daftar putar “Liked Songs”. Selain mengatur default saat pertama kali berinteraksi dengan fitur baru ini, pengguna juga dapat menemukan opsi ini di halaman “Pengaturan” di bawah “Musik”. Dukungan untuk pasar lain akan ditambahkan seiring waktu, kata Spotify.

Setelah diaktifkan, kamu dapat mengetuk tombol “Tambahkan ke Spotify” di TikTok setiap kali menemukan lagu yang disukai dan ingin didengar lagi saat menjelajahi For You Feed. Fitur ini juga dapat diakses dari halaman Detail Suara artis.

Baca juga:

Musik dan TikTok Bersatu: Fitur Inovatif Terbaru

TikTok

Fungsionalitas serupa juga akan tersedia untuk pendengar Amazon Music, juga di AS dan Inggris. Di aplikasi ini, lagu-lagu TikTok akan ditambahkan ke daftar putar “TikTok Songs” atau daftar putar pilihanmu. Namun, fitur ini akan terbatas pada anggota Prime dan pelanggan Amazon Music Unlimited di Amazon Music. Sementara Spotify akan mendukung pengguna gratis dan berlangganan (Premium).

Apple Music, sebagai layanan berbayar, hanya akan menawarkan fitur ini kepada pelanggan berbayar.

Fitur ini membutuhkan pembaruan terbaru dari aplikasi TikTok dan aplikasi streaming musik pengguna agar dapat berfungsi. Spotify mencatat bahwa fitur ini akan hadir di kedua aplikasinya, baik iOS maupun Android, mulai hari ini. Spotify juga bergabung dengan integrasi sosial lainnya, termasuk dengan aplikasi seperti BeReal, Instagram, Snapchat, dan Twitter (sekarang X).

Menggabungkan Ritme dan Visual

TikTok telah bermitra dalam upaya musik lain sebelumnya. Bulan lalu, misalnya, mereka bekerja sama dengan Billboard untuk meluncurkan tangga lagu top 50. Awal tahun ini, TikTok meluncurkan program baru untuk mengidentifikasi artis yang sedang naik daun di industri musik.

Mereka juga memberikan kemampuan kepada artis untuk menunjukkan bakat mereka dalam kompetisi musik. Hal ini berlangsung pada Agustus dan September saat mereka memperluas reputasinya sebagai pusat penemuan musik.

Fitur “Tambahkan ke Aplikasi Musik” saat ini sedang diluncurkan untuk pengguna di AS dan Inggris, dengan rencana untuk berkembang ke negara lain.

Baca juga:

Demikian pembahasan Fitur Baru TikTok: Bisa Simpan Lagu ke Spotify. Ikuti akun resmi Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud SEO Content Writer
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: