Fitur Terbaru Google Drive Bisa Edit File PDF Lho

Selena Chan, 20 Maret 2023

Fitur Terbaru Google Drive Bisa Edit File PDF LhoTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, JAKARTAGoogle Drive dewasa ini sudah menjadi bahan pokok baik pelajar, mahasiswa maupun pegawai kantoran. Kelebihan yang ditawarkan oleh cloud storage besutan Google ini dapat menyimpan file-file berukuran besar tanpa perlu khawatir hilang karena hardisk corrupt, virus, dicuri, dan lain sebagainya.

Google Drive Hadirkan Fitur PDF Yang Bisa Diedit 

File pdf merupakan singkatan dari portable document format yang dimana untuk melihatnya dibutuhkan reader khusus melalui aplikasi pihak ketiga. Begitupun mengedit isi teks pdf dengan cara serupa. Melihat banyaknya penggunanya cukup kesulitan tersebut, Google berinisiatif memperkenalkan fitur yang dimana pengguna baik dapat menyunting (edit) dalam bentuk garis maupun teks pada ponsel pengguna. Fitur ini begitu memudahkan pengguna mencatat poin penting ketika sedang rapat ataupun ditengah perjalanan dikarenakan waktu yang terbatas. 

Cara Menggunakan Fitur Sunting PDF Di Smartphone Android

Untuk menemukannya, setelah kalian mengupdatenya ke versi yang lebih baru, dan file PDF sudah dimasukkan ke drive kalian, setelah dibuka akan menemukan ikon berbentuk pensil di pojok kanan bawah ponsel android kalian. 

Baca juga: Sony Hadirkan Liniup TV Gaming Spek Gahar

Google Drive PDF Edit Icon
Setelah membuka file PDF di GDrive kalian kalian akan menemukan ikon sunting berbentuk pensil
Setelah mengklik tombol sunting kalian akan menemukan pilihan form filling dan anotation
Annotation Toolbar
Setelah memilih opsi annotation kalian akan menemukan fitur pena annotation dan highlight yang bisa kalian atur sesuai selera di Toolbar annotation

Saat mengklik ikon tersebut tersedia dua pilihan, form filling dan annotation, pada kolom form filling ini cukup berguna apabila kalian tengah mengisi formulir pendaftaran ataupun surat izin yang diberikan panitia melalui format PDF. Tidak perlu mengonversikannya ke word terlebih hasil yang diberikan menjadi berantakan. Tentunya membuang waktu yang cukup banyak.

Selanjutnya pada kolom annotation, akan ditampilkan sebuah toolbar yang terdiri atas pulpen, highlighter, eraser atau penghapus, tombol undo dan redo, serta sembunyikan fitur apabila ingin mengerjakannya lebih lega. teknologi ini cocok bagi kalian yang tengah mencatat poin dikala mengadakan rapat ditengah jalan. Masing masing annotation juga diberikan opsi tebal garis dan warna yang bisa diatur sesuai ukuran teks pdf yang diberikan. kamu juga bisa menyimpannya secara langsung ataupun menyalin file baru dengan anotasi di dalamnya. 

Sebelum kalian bisa menggunakan seluruh fitur diatas sekali lagi, pastikan Google Drive kalian dipasang dengan versi terupdate dan OS Android 6 Marshmallow dan yang lebih baru.

Fitur Multi Select Google Drive

Terakhir, Google juga memperkenalkan fitur multi-select files. pilihan multiple select cukup memudahkan pengguna mengatur banyak file dengan satu klik saja serta search chip yang memungkinkan pengguna mengatur file berdasarkan tanggal pembuatan, dibagikan ke siapa, dan lain sebagainya.

Cukup praktis dan tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi kan?

author avatar
Selena Chan
Jangan Panggil Aku Suhu, masih pemain baru Add ID yang mau bermitra ML: 331557585 ( Selena X Earl ) Cookie Run: Ovenbreak: FFJNY0536 Kingdom: ZZJDN1852
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: