Ingin Jual Smartphone Kalian? Lakukan 3 Hal Ini

Selena Chan, 28 November 2023

Ingin Jual Smartphone Kalian? Lakukan 3 Hal IniTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Meskipun penjualan smartphone tengah mengalami kelesuan belakangan ini. Hal ini rupanya tidak menghalangi vendor untuk meluncurkan seri terbaru mereka.

Seperti Honor pada 8T nya, Apple pada Iphone 15 seriesnya, dan lain sebagainya. Nah, dengan dirilisnya varian baru ini mau tak mau pengguna akan memensiunkan smartphone lamanya.

Ada banyak alasan yang melatarbelakanginya, mulai dari peningkatan spesifikasi yang lebih baik seperti performa yang lebih kencang, mengalami “musibah”, musibah yang dimaksud ketika dicuri, mengalami korosi sehingga tidak memungkinkan untuk diperbaiki, bahkan hanya mengikuti tren semata.

Baca juga:

Menjual smartphone ternyata tidak sembarangan begitu saja lho, ada ketentuan – ketentuan yang wajib kalian simak. Nah, apa sajakah itu?

Melakukan Backup Data Smartphone Lama Terlebih Dahulu

Langkah ini sangat krusial sebelum kalian memantapkan diri untuk mengganti smartphone kalian. Sebisa mungkin melakukan pengamanan data dengan dilakukannya back up.

Lakukan back up data – data penting seperti foto yang menurut kalian cukup berkesan , nomor kontak, file – file tugas, percakapan di aplikasi chat, dan lain sebagainya.

Pentingnya melakukan backup pada smartphone sebelum dijual
sumber mobiletranswondersharecom

Kalian juga bisa memanfaatkan fitur penyimpanan cloud yang sifatnya daring atau online seperti Google Drive, dan sejenisnya. Canggihnya teknologi tentunya makin mempermudah penggunanya.

Perlu dicatat hanya file – file penting yang harus disimpan di cloud online.

Logout Akun – Akun Seperti Google, Icloud

Adapun langkah selanjutnya setelah kalian melakukan backup data yakni mengeluarkan akun penting seperti Google, Mi, Icloud, dan lain sejenisnya.

Belakangan ini semakin banyak smartphone yang terintegrasi dengan akun – akun cloud yang dimana ketika pengguna mengganti perangkat mereka tanpa perlu membuat akun baru lagi.

Tentunya langkah ini untuk mencegah hal yang tak diinginkan seperti penyalahgunaan data pribadi, bahkan carding apabila pengguna menyimpan nomor kartu kredit, debit, dan sejenisnya

 Langkah Terakhir, Wipe Out Data

Setelah kalian mengamankan data dan logout akun cloud kalian, kalian bisa membersihkan data – data lama kalian dengan aman.

Berikut langkah – langkah wipe out data pada Iphone dan Android ( perlu diingat terkadang brand android memiliki cara hapus data sendiri – sendiri )

Redmi atau POCO : Pengaturan – Tentang ponsel –  factory reset – erase all data

Samsung : aplikasi – pengaturan – backup and reset – factory data reset – Reset device – erase everything

Realme : setting – additional setting – backup and reset – erase all data

Iphone : pengaturan – umum – Transfer atau Reset iPhone

Demikian trik yang wajib kalian lakukan sebelum memantapkan niat untuk mengganti smartphone kalian. Selalu memeriksa kondisi baik fisik luar maupun dapur dalam smartphone kalian.

Sering ditemukan beberapa kasus penjual nakal yang menjual smartphone sekilas prima dan mulus secara luaran namun rusak beberapa saat setelah  smartphone  tersebut digunakan

author avatar
Selena Chan
Jangan Panggil Aku Suhu, masih pemain baru Add ID yang mau bermitra ML: 331557585 ( Selena X Earl ) Cookie Run: Ovenbreak: FFJNY0536 Kingdom: ZZJDN1852
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: