Intel Kerjasama dengan TSMC untuk Chipst 3nm, Kalahkan AMD

Selena Chan, 19 Desember 2023

Intel Kerjasama dengan TSMC untuk Chipst 3nm, Kalahkan AMDTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Siapa yang tak kenal dengan Intel? Salah satu Pemain lama di bidang teknologi ini tak mau kalah. Mengutip gizchina.com, Andrew Lu, analis semikonduktor bahwa pemasok prosesor komputer dilaporkan akan menginvestasikan uang sebesar 4 milyar dolar atau sekitar 60 triliun kepada TSMC untuk pembuatan chipset mereka. Demikian dilansir dari Gizchina.

Investasi tersebut dilakukan untuk pembuatan sebuah chip dengan fabrikasi sebesar 3nm yang rencananya akan diproduksi pada tahun 2025 mendatang. Berdasarkan informasi tersebut produksi pada chipset yang bakal dinamakan Lunar Lake dengan angka pesanan hingga 10 milyar dolar atau 160 Triliun rupiah. Nilai yang cukup fantastis.

Salip AMD, Intel akan Gunakan Chipset 3nm

Intel
Logo Intel intelcom

Chipset berukuran 3nm kini menjadi salah yang cukup banyak digunakan pada perangkat teknologi terkini. Sebut saja chipset milik Apple Bionic A17 yang dijalankan pada Iphone 15 series.

Sejak Apple bekerjasama dengan pemasok chipset terbesar ini, Apple kini menjadi mitra terbesar dalam memasok chipset untuk produksi Iphone mereka.

Tidak lama pasca investasi yang dilakukan oleh Intel, berdasarkan prediksi para analis diprediksi bahwa Intel akan menjadi mitra kedua terbesar dalam hal distribusi chipset, menyalip AMD yang cukup lama melenggang.

Diperkirakan juga pada tahun 2024 mendatang, jumlah yang akan diproduksi sebanyak 15 ribu unit yang berpotensi menghasilkan 14 milyar dolar . Namun analisa lainnya mengatakan sebanyak 30 ribu unit akan diproduksi setahun setelahnya .

Intel menghasilkan nilai yang cukup besar namun hanya mengeluarkan biaya produksi yang lebih sedikit. Itu terjadi apabila teknologi yang mendukung jauh membaik kedepannya sehingga selama proses produksi  tidak menemui kendala.

Baca juga:

Dilaporkan Jalin Kerjasama Dengan TSMC Sejak Bertahun – Tahun Lalu

Usut demi usut, apa yang dilakukan Intel terhadap TSMC rupanya tidak langsung   begitu saja. Diketahui Intel pernah menjalin kerjasama dengan dibuatnya GPU Arc Alchemist dan Ponte Vecchio dengan masing – masing 5nm dan 6nm beberapa tahun yang lalu.

Sementara itu berdasarkan spekulasi yang tersebar, Intel bersama TSMC juga akan memproduksi Battlemage dan Celestial CPU dengan komponen tiles yang juga diproduksi di TSMC.

author avatar
Selena Chan
Jangan Panggil Aku Suhu, masih pemain baru Add ID yang mau bermitra ML: 331557585 ( Selena X Earl ) Cookie Run: Ovenbreak: FFJNY0536 Kingdom: ZZJDN1852
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: