Kebiasaan Mengecas Laptop Tak Wajar Bisa Merusak Baterai

Zeinal Wujud, 20 Maret 2024

Kebiasaan Mengecas Laptop Tak Wajar Bisa Merusak BateraiTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Pernahkah kamu merasa nyaman meninggalkan laptop kamu terhubung dengan sumber listrik meskipun baterainya sudah penuh? Mungkin banyak yang menganggap ini sebagai praktik yang umum dan tidak berbahaya. Hal ini sudah menjadi kebiasaan mengecas laptop yang tak wajar.

Namun, riset terbaru mengungkapkan bahwa kebiasaan ini sebenarnya bisa merusak baterai laptop kamu, lho.

Baca juga:

Kebiasaan Mengecas Laptop Tak Wajar Berpotensi Merusak

Kebiasaan mengecas laptop

Menurut riset yang dilaporkan oleh Gizmodo, Kent Griffith, seorang asisten Profesor di University of California di San Diego, menemukan bahwa meninggalkan laptop terhubung dengan sumber listrik setelah baterai penuh dapat mempercepat kerusakan baterai.

Kent, seorang ahli dalam bidang degradasi baterai, merekomendasikan agar kita menjaga kapasitas baterai laptop antara 20% hingga 80% untuk memperpanjang umur baterai.

Tidak hanya itu, penggunaan kabel pengisian daya cepat juga dapat berkontribusi pada kerusakan baterai.

Proses pengisian yang terlalu cepat dapat menyebabkan perpindahan ion lithium yang tidak stabil, yang pada akhirnya dapat merusak baterai.

Bahaya “Perma-Charging” bagi Baterai Laptop kamu

Mengecas Laptop

Banyak pengguna laptop yang terbiasa meninggalkan laptop terhubung dengan sumber listrik, terutama ketika baterai sudah penuh.

Meskipun ini memberikan kenyamanan dalam penggunaan laptop yang terhubung secara terus menerus, namun kebiasaan ini bisa menjadi bumerang.

Kent menjelaskan bahwa penggunaan laptop yang terus terhubung dengan sumber listrik dapat menyebabkan penurunan kapasitas baterai secara signifikan.

Hal ini terutama terjadi pada pengguna yang jarang membawa laptop mereka bepergian dan lebih sering menggunakan laptop di satu tempat.

Dampak buruknya akan terasa ketika pengguna perlu menggunakan laptop dalam mode baterai, di mana mereka akan menemukan bahwa daya tahan baterai telah menurun secara drastis.

Ini merupakan hasil dari kebiasaan “perma-charging” yang menyebabkan penurunan kapasitas baterai.

Baca juga:

Meskipun praktis meninggalkan laptop terhubung dengan sumber listrik terus-menerus, namun hal ini dapat berakibat buruk pada umur dan kinerja baterai laptop kamu.

Disarankan untuk menjaga kapasitas baterai antara 20% hingga 80% dan menghindari penggunaan kabel pengisian daya cepat secara berlebihan.

Dengan mengikuti saran-saran ini, kamu dapat memperpanjang umur baterai laptop kamu dan menghindari kerusakan yang tidak perlu.

Jadi, mulailah menerapkan kebiasaan mengecas yang lebih bijaksana untuk melindungi investasi kamu dalam laptop.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: