Klasifikasi Port USB dengan Warna dan Alasannya

Madddpsy, 24 Oktober 2023

Klasifikasi Port USB dengan Warna dan AlasannyaTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – Port USB memiliki banyak warna yang berbeda untuk memberikan informasi tentang generasi dan kecepatan transfer data yang dapat diharapkan dari port tersebut. Warna-warna ini membantu pengguna untuk dengan cepat mengidentifikasi kemampuan port USB yang ada di perangkat mereka.

Di dalam dunia komputasi, USB (Universal Serial Bus) adalah salah satu jenis antarmuka yang paling umum digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal ke komputer atau laptop. Mari kita jelajahi mengapa port USB memiliki berbagai warna dan apa yang mereka wakili.

Warna Pada Port USB dan Artinya

Salah satu warna yang umum ditemui adalah putih. Port USB putih adalah port generasi awal dengan kecepatan transfer data sekitar 12MBps. Meskipun sudah jarang digunakan di perangkat modern, port ini masih dapat ditemui pada beberapa perangkat lama. Port putih ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti keyboard atau mouse.

Klasifikasi Port USB dengan Warna dan Alasannya

Selanjutnya, kita memiliki port berwarna biru dan hijau. Port USB berwarna biru adalah tanda bahwa ini adalah port USB 3.0 atau USB 3.1 dengan kecepatan transfer data hingga 5GBps. Port-port ini umumnya digunakan untuk perangkat yang membutuhkan transfer data yang cepat, seperti hard drive eksternal atau flash drive.

Sedangkan port USB berwarna hijau adalah indikasi dari port USB 3.2 dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, bisa mencapai hingga 10GBps. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk perangkat yang memerlukan kinerja yang sangat tinggi seperti perangkat penyimpanan eksternal berkapasitas besar.

Baca Juga:

Generasi 3.2 jadi New Gen yang Sangat Dibutuhkan

Warna merah, kuning, dan oranye menandakan port USB 3.2 dengan kecepatan transfer data hingga 20GBps. Selain itu, port-port ini sering dilengkapi dengan fitur Always On, yang berarti mereka tetap memiliki aliran listrik bahkan ketika komputer atau laptop dimatikan. Hal ini memungkinkan perangkat yang terhubung melalui port ini untuk tetap aktif dan mengisi daya bahkan dalam mode istirahat.

Klasifikasi Port USB dengan Warna dan Alasannya

Dengan berbagai warna ini, pengguna dapat dengan mudah mengenali generasi dan kecepatan port USB di perangkat mereka, sehingga mereka dapat memilih port yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Port USB yang lebih cepat sangat penting untuk perangkat yang melakukan transfer data besar, seperti perangkat penyimpanan eksternal atau perangkat yang mendukung pengisian daya cepat.

Update informasi menarik lainnya seputar game dan anime hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: