Mesin Pencari yang Bisa Menjaga Data Pribadi, Bukan Google!

Zeinal Wujud, 4 Juli 2024

Mesin Pencari yang Bisa Menjaga Data Pribadi, Bukan Google!Teknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Di era digital ini, menjaga privasi saat berselancar di internet menjadi semakin penting, terutama bagi generasi muda yang sering menggunakan internet. Tidak semua mesin pencari menjaga data pribadi kita dengan baik. Berikut ini adalah beberapa search engine terbaik yang menghormati privasi penggunanya.

1. Mesin Pencari DuckDuckGo

DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah pilihan populer bagi mereka yang ingin menjaga privasi saat mencari informasi di internet. Mesin pencari ini tidak menyimpan data pencarian pengguna sehingga tidak ada informasi yang bisa dijual atau diberikan kepada pihak ketiga.

DuckDuckGo juga tidak membuat profil pengguna berdasarkan riwayat pencarian. Pendapatan mereka berasal dari iklan yang relevan dengan pencarian saat itu, tanpa melacak aktivitas pengguna.

2. Startpage

Startpage

Jika kamu suka hasil pencarian Google tetapi ingin lebih privasi, Startpage adalah solusi yang tepat. Startpage menggunakan hasil pencarian Google namun tidak menyimpan data pengguna.

Mereka bahkan menawarkan fitur “Anonymous View” yang memungkinkan kamu mengunjungi situs web secara anonim melalui server proxy mereka. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan saat berselancar di internet.

Baca juga:

3. Mesin Pencari MetaGer

MetaGer

MetaGer, mesin pencari berbasis di Jerman, juga menawarkan fitur proxy-server untuk menyembunyikan lokasi saat mengunjungi situs web.

Meski tampilannya sederhana, MetaGer didukung oleh donasi dan beroperasi sebagai organisasi nirlaba, yang berarti mereka tidak memiliki motif keuntungan yang mungkin mengorbankan privasi pengguna.

4. Qwant

Mesin Pencari - Qwant

Qwant adalah mesin pencari asal Prancis yang menawarkan berbagai fitur seperti pencarian musik, versi khusus untuk anak-anak, peta, dan berita.

Meski beberapa fitur memerlukan data lokasi, Qwant tidak menyimpan riwayat pencarian pengguna. Mereka juga memiliki fitur “Qoz” yang memungkinkan pengguna mengumpulkan poin yang bisa disumbangkan untuk tujuan amal.

5. Mesin Pencari Mojeek

Mesin Pencari - Mojeek

Mojeek adalah mesin pencari yang sepenuhnya independen, menghasilkan hasil pencarian mereka sendiri tanpa bergantung pada mesin pencari lain. Ini memastikan bahwa privasi pengguna terjaga dan hasil pencarian tidak dipengaruhi oleh perusahaan besar.

Mojeek menawarkan hasil pencarian yang independen dan tidak bias, cocok bagi mereka yang menginginkan hasil pencarian murni.

Baca juga:

6. Kagi

Kagi

Kagi menawarkan pendekatan unik untuk menjaga privasi pengguna dengan menghilangkan semua iklan dan pengumpulan data. Untuk menggunakan Kagi, pengguna harus membuat akun dan membayar biaya bulanan.

Model bisnis ini memastikan bahwa Kagi tidak bergantung pada penjualan data pengguna untuk menghasilkan pendapatan, menjadikannya pilihan yang aman dan privasi-sentris.

7. Mesin Pencari SwissCows

Mesin Pencari SwissCows

SwissCows adalah mesin pencari yang dirancang untuk menjaga privasi pengguna sepenuhnya. Mereka tidak mengumpulkan data pribadi dan berfokus pada hasil pencarian yang ramah keluarga.

Meski menampilkan iklan dari Bing, SwissCows menjamin bahwa data pengguna tidak akan dilacak atau disimpan.

Menjaga privasi saat mencari informasi di internet sangat penting, terutama bagi remaja. Memilih mesin pencari yang tepat bisa membantu melindungi data pribadi dari pelacakan dan penjualan kepada pihak ketiga.

DuckDuckGo, Startpage, MetaGer, Qwant, Mojeek, Kagi, dan SwissCows adalah beberapa pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menjaga privasi saat berselancar di dunia maya.

Temukan artikel lainnya dari Zeinal Wujud! Ikuti Gamefinity di Facebook, Instagram dan TikTok untuk update terbaru. Jangan lupa top up game lebih mudah pakai QRIS hanya di Gamefinity!

author avatar
Zeinal Wujud SEO Content Writer
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: