Microsoft Tambah Tombol PC Keyboard Baru untuk Copilot

Dimas Galih Putrawan, 10 Januari 2024

Microsoft Tambah Tombol PC Keyboard Baru untuk CopilotTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Berambisi menjadikan 2024 sebagai tahunnya AI PC, Microsoft mengumumkan kehadiran tombol Copilot di keyboard PC dan laptop Windows. Ini menjadi perubahan terbesar dalam sejarah PC keyboard dalam 30 tahun terakhir.

Perusahaan teknologi raksasa di balik Windows itu sudah sangat serius bereksperimen dengan AI untuk menghadirkan fitur Copilot. Fungsinya pun beragam, mulai dari pencarian di Bing hingga menambah produktivitas sambil menggunakan Microsoft 365. Tampaknya mereka ingin konsumennya semakin mudah untuk mengakses Windows Copilot hanya menggunakan satu tombol.

Tombol Copilot di Keyboard PC dan Laptop Microsoft Windows

“Hampir 30 tahun lalu, kami memperkenalkan tombol Windows pada keyboard PC yang mempermudah konsumen di seluruh dunia berinteraksi dengan Windows. Kami melihat hal ini sebagai satu lagi momen perubahan dalam perjalanan kami bersama Windows di mana Copilot akan menjadi entry point pada dunia AI di PC,” tulis Yusuf Mehdi selaku Executive Vice President melalui laman resmi Windows.

Hal ini sekaligus menandakan perubahan besar pertama dalam keyboard PC dan laptop Windows dalam 30 tahun terakhir. Pada 1994, tombol Windows diperkenalkan pada 1994.

Microsoft Copilot keyboard button location

Tombol Copilot akan terletak di sebelah kiri tombol ALT kanan seperti yang terlihat pada gambar, menggantikan tombol menu atau aplikasi. Penempatannya pun bisa bervariasi bergantung OEM dan pasarnya.

Saat ditekan, tombol Copilot akan meluncurkan Microsoft Copilot, sebuah AI chatbot yang serupa dengan ChatGPT, Bard, dan Grok. Konsumen bisa memberi perintah atau bertanya pada Copilot. Jika Copilot belum tersedia di sebuah negara, Windows Search akan diluncurkan.

Baca juga:

Mulai Dipertunjukkan di CES 2024

Microsoft mengungkap tombol tersebut akan mulai terlihat di deretan PC dan laptop Windows 11 terbaru di CES 2024. Beberapa laptop Windows bahkan sudah menghadirkan tombol Copilot dengan pengumuman resmi.

Ditambah, perusahaan teknologi raksasa itu dirumorkan akan meluncurkan model Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 terbaru musim semi ini. Tampaknya kedua model tersebut sudah dipastikan akan memiliki tombol Copilot.

Ambisi Microsoft untuk menerapkan AI akan terus berlanjut. Mereka sedang mengerjakan refresh dari Windows yang berfokus pada deretan fitur AI baru. Terlebih, Edge sudah di-brand sebagai AI browser.

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: