Monetisasi TikTok untuk Kreator Konten: Ladang Cuan!

Zeinal Wujud, 18 Maret 2024

Monetisasi TikTok untuk Kreator Konten: Ladang Cuan!Teknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – TikTok, platform media sosial yang sedang naik daun, terus mengembangkan program monetisasi TikTok bagi para kreator kontennya.

Melalui program Effect Creator Rewards, TikTok memberikan kesempatan kepada para kreator untuk menghasilkan uang dari efek yang mereka buat melalui platform pengembangan AR milik TikTok, Effect House.

Dalam upaya untuk memberikan lebih banyak peluang kepada para kreator konten di seluruh dunia, TikTok baru-baru ini mengumumkan pembaruan terkait program monetisasi ini.

Baca juga:

Perluasan Wilayah Cakupan Monetisasi TikTok

Monetisasi TikTok

Sebelumnya, program ini hanya tersedia di beberapa wilayah tertentu.

Namun, sekarang, TikTok telah memperluas cakupan program ini ke 33 wilayah baru. Berikut adalah negara yang ditargetkan TikTok:

ArgentinaAustriaBahrainBelgiaBelarus
ChileKolombiaCekoDenmarkEkuador
MesirYunaniHongariaIsraelKazakhstan
KuwaitMeksikoMarokoSelandia BaruNorwegia
OmanPeruPortugalQatarRumania
Arab SaudiAfrika SelatanSwediaSwissTaiwan
ThailandTurkiUruguay

Dengan demikian, Effect Creator Rewards kini tersedia di total 53 wilayah.

Penurunan Ambang Batas Pembayaran – Monetisasi TikTok

Selain memperluas cakupan geografisnya, TikTok juga menurunkan ambang batas pembayaran program ini.

Sebelumnya, efek yang dibuat oleh kreator harus digunakan dalam 200.000 video kualifikasi dalam 90 hari untuk mulai mendapatkan imbalan.

Sekarang, setiap efek hanya perlu digunakan dalam 100.000 video kualifikasi untuk mulai mendapatkan imbalan.

Perubahan ini membawa persyaratan kelayakan jauh lebih rendah daripada persyaratan awal program ini.

Pembaruan Model Pembayaran Monetisasi TikTok

Selain itu, model pembayaran program ini juga mengalami pembaruan.

Mulai sekarang, hanya efek yang digunakan dalam video publik yang memenuhi syarat yang akan memenuhi syarat untuk mendapatkan imbalan.

Hal ini berbeda dengan sebelumnya di mana video-video pribadi juga termasuk dalam kategori video yang memenuhi syarat.

TikTok menyadari bahwa kreator dapat mengharapkan efek mereka untuk menerima lebih sedikit Effect Creator Rewards karena perubahan ini.

Namun untuk mengompensasi hal tersebut, TikTok beralih dari model biaya tetap dan akan mengikuti model RPM (revenue per mile).

Pencapaian Maksimum dan Dorongan untuk Kreator

TikTok

Sejak diluncurkan tahun lalu, TikTok mengungkapkan bahwa beberapa kreator telah mencapai pembayaran maksimum sebesar $14.000 per efek dan $50.000 per bulan.

Pengumuman hari ini datang beberapa hari setelah TikTok mengumumkan bahwa dana kreator yang telah direvitalisasi telah meningkatkan total pendapatan kreator lebih dari 250% dalam enam bulan terakhir.

Dana tersebut, yang diluncurkan setahun yang lalu dan akhirnya menggantikan Dana Kreator asli TikTok sebesar $1 miliar, akan keluar dari tahap beta dalam beberapa minggu mendatang.

Dorongan untuk Kreator Konten

Dengan pembaruan ini, TikTok berharap dapat terus memberikan dorongan bagi kreator kontennya untuk terus berkarya dan meraih kesuksesan dalam platform yang semakin berkembang ini.

Baca juga:

Bagi para kreator konten di seluruh dunia, peluang untuk memonetisasi karya mereka di TikTok semakin terbuka lebar.

Memberikan insentif yang lebih besar untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan konten yang menarik dan kreatif.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud SEO Content Writer
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: