Mulai 24 Oktober WhatsApp Tidak Bisa Digunakan di Android dan iOS Versi Lama, Cek Lagi!

Camilla Anindita, 25 Oktober 2023

Mulai 24 Oktober WhatsApp Tidak Bisa Digunakan di Android dan iOS Versi Lama, Cek Lagi!Teknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Pengguna aplikasi WhatsApp harus mengecek kembali sistem operasi yang ada di ponsel masing-masing. Pasalnya, aplikasi pesan tersebut tidak akan berfungsi pada ponsel bersistem operasi Android yang lama atau versi lawas.

Melalui laman resmi WhatsApp, mulai 24 Oktober 2023 nanti hanya ponsel yang memiliki sistem operasi OS Android versi 5.0 lah yang bisa mendukung WhatsApp.

Di samping itu, ponsel juga harus menerima SMS ataupun panggilan selama proses verifikasi. Hal ini dilakukan lantaran WhatsApp tidak dapat mendukung pembuatan akun baru dengan perangkat WiFi.

Maka dari itu, WhatsApp selalu meninjau ulang secara berkala terhadap sistem operasi yang bakal didukungnya setiap tahunnya. Peninjauan ulang ini dilakukan untuk melihat perangkat lunak mana saja yang sudah usang dan paling tua beserta jumlah pengguna yang paling sedit memakainya.

Perangkat Lama Berpotensi Tidak Bisa Menjalankan WhatsApp

Whatsapp New Version

Perangkat lama dan usang berpoternsi tidak memiliki pembaruan keamanan serta tidak mempunyai fungsionalitas untuk menjalankan aplikasi WhatsApp.

WhatsApp juga menyebutkan para pengguna mendapat pemberitauan ketika ponsel tersebut tidak bisa dipakai kembali untuk mengakses aplikasi WhatsApp.

Dikutip Techadvisor, persyaratan sistem untuk iPhone tidak mengalami perubahan. Para penggunanya dapat mengoperasikan WhatsApp melalui OS 12 atau versi lebih haru lagi.

Itu semua berdasarkan perubahan terakhir yang sudah berlangsung sejak bulan Oktober 2022. Saat itu, WhatsApp menghentikan dukungannya untuk iOS 10 serta 11.

Baca juga: 

Mulai 24 Oktober 2023 mendatang, ada beberapa versi sistem operasi yang dapat digunakan agar bisa mengakses WhatsApp, antara lain:

  • Perangkat Android yang memiliki versi 5.0 atau lebih baru lagi
  • iPhone yang mempunyai sistem operasi iOS 12 atau lebih baru
  • Ponsel KaiOS yang terletak pada kaiOS 2.5.0, di mana ini termasuk JioPhone dan JioPhone 2

Perubahan Syarat Sistem Operasi Tidak Akan Berdampak

Whatsapp OS MIUI 13

Dilansir Kompas, dengan adanya perubahan syarat sistem operasi pada bulan Oktober ini tidak akan ada dampaknya pada banyak orang.

Android yang memiliki sistem operasi di bawah Android 5, misalnya Android 4.1 dan juga 4.4.4 berdasarkan survei yang sudah tidak banyak dipakai lagi. Pasalnya tipe-tipe Android tersebut sudah cukup lama lantaran Andorid 5 Lolipop masih didukung WhatsApp yang sudah diluncurkan sejak 3 November 2014 lalu.

Apabila kalian ingin membeli ponsel baru, jangan lupa untuk menghindari Android 5 karena WhatsApp bakal tidak akan mendukung di masa yang akan datang. Apalagi pihak Google sudah lama tidak melakukan pembaruan keamanan pada sistem operasi ini.

Untuk mengecek versi Android, kamu bisa melalukan dengan mengklik About kemudian Versi Android yang ada di menu Settings. Apabila ponsel masih memiliki sistem operasi Android di bawah versi 5, maka sebaiknya kamu harus membeli perangkat baru dengan versi Android yang lebih baru.

author avatar
Camilla Anindita
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: