5 Penyebab Laptop Cepat Rusak, Kurangi Kebiasaan Buruk Ini!

Dwi Ajie, 18 Maret 2024

5 Penyebab Laptop Cepat Rusak, Kurangi Kebiasaan Buruk Ini!Teknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Laptop kini menjadi bagian penting dalam menunjang berbagai kegiatan setiap manusia, seperti bekerja, bermain game dan sebagainya. Tetapi barang elektronik seperti laptop rentan mengalami kerusakan, ada banyak penyebab laptop cepat rusak dan kebiasaan buruk yang merusak laptop.

Banyak yang tidak sadar ketika menggunakan laptop, bahwa ternyata ada banyak hal kebiasaan buruk yang merusak laptop. Terutama laptop-laptop gaming yang selalu dipakai untuk performa berat.

Ketika laptop digunakan sehari-hari dengan performa tinggi, maka bisa jadi akan ada penurunan performa ketika kamu tidak merawat laptop dengan baik.

Baca Juga:

Lalu apa saja penyebab laptop cepat rusak? dan apa saja kebiasaan buruk yang merusak laptop? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Penyebab Laptop Cepat Rusak

Penyebab laptop cepat rusak dan kebiasaan buruk yang merusak laptop.

  1. Overheat

Penyebab pertama dari laptop yang mudah rusak adalah seringnya ovverheat, overheat adalah suatu kondisi dimana laptop mengalami suhu panas yang berlebih.

Overheat pada laptop bisa disebabkan karena terhalangnya sirkulasi udara yang ada dalam laptop, karena sirkulasi udara terhalang maka menyebabkan laptop menjadi overheat.

Hal tersebutlah yang dapat memicu laptop menjadi mudah rusak, maka dari itu kamu harus memastikan sirkulasi udara nya tetap terjaga agar tidak overheat.

2. Kurang Perawatan

Perawatan pada laptop juga wajib kamu lakukan, kamu harus melakukan perawatan pada laptop seperti membersihkan debu maupun kotoran yang ada di laptop.

Baca Juga:

Merawat laptop sama halnya seperti merawat perangkat teknologi lainnya, kamu juga harus memperhatikan kebersihan maupun segi penggunaan secara baik dan sesuai dengan standar penggunaan yang berlaku.

3. Sering Diletakkan di Kasur

Kebiasaan buruk yang merusak laptop selanjutnya adalah meletakkan laptop di kasur, hal ini tentunya sering kali dilakukan oleh para pengguna.

Tetapi ternyata kebiasaan buruk tersebut menjadi salah satu penyebab laptop cepat rusak, karena ketika diletakkan di kasur maka sirkulasi udara pada laptop tidak bekerja secara optimal.

Maka dari itu seringkali terjadinya overheat karena sirkulasi udaranya terganggu, alangkah baiknya agar menggunakan laptop di meja ataupun gunakan alas yang sesuai.

4. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Terdengar sepele, namun kebiasaan buruk ini juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop cepat rusak.

Ketika kamu membuka banyak aplikasi pada laptop, maka laptop akan membutuhkan CPU dan RAM yang berjalan di belakangnya.

Ketika seluruh aplikasi dibuka secara bersamaan, maka yang akan terjadi adalah laptop menjadi lambat atau lemot.

Maka dari itu perlu diperhatikan agar tidak membuka berbagai aplikasi secara bersamaan.

5. Terlalu Sering Overclocking

Overclocking merupakan istilah yang terdengar tak asing bagi para gamers, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja CPU agar menjadi lebih optimal lagi.

Kebiasaan ini bisa menjadi penyebab utama laptop jadi lebih cepat rusak, karena CPU akan “dipaksa” untuk bekerja lebih keras lagi agar performanya lebih optimal.

Kalau hal tersebut dilakukan terus menerus, bukan hal yang tak mungkin kalau laptop kamu akan mengalami kerusakan.

Itu dia beberapa penyebab laptop cepat rusak yang perlu kamu ketahui, hindari kebiasaan buruk yang merusak laptop agar laptop yang kamu miliki tetap terjaga performa dan ketahanan nya.

author avatar
Dwi Ajie
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: