Proyek S TikTok Trendy Beat, Apa Sebenarnya itu?

Zeinal Wujud, 24 Juli 2023

Proyek S TikTok Trendy Beat, Apa Sebenarnya itu?Lifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Proyek S TikTok merupakan sebuah inisiatif kontroversial dari induk perusahaan TikTok, ByteDance. Proyek ini telah menarik perhatian dan mendapat kritik dari pemerintah dan pelaku usaha. Apa sebenarnya Proyek S TikTok dan mengapa hal ini menjadi perdebatan?

Baca juga:

Proyek S TikTok: Apa dan Bagaimana Inisiatif ini Beroperasi?

Proyek S TikTok Apa itu sebenarnya
Proyek S TikTok Foto Unsplash

Proyek S TikTok adalah agenda yang bertujuan untuk menjual produk-produk TikTok sendiri. Dilaporkan oleh Financial Times pada Juni 2023, inisiatif ini beroperasi di pasar Inggris dengan fitur Trendy Beat. Melalui fitur ini, TikTok menjual produk-produk populer seperti alat pembersih telinga dan sikat bulu hewan, semuanya berasal dari China.

Namun, kritik muncul karena produk-produk di Trendy Beat dikirimkan dari China dan dijual melalui perusahaan Singapura yang terafiliasi dengan ByteDance. Selain itu, TikTok dituding meniru strategi Amazon dengan menciptakan produknya sendiri dan mengambil seluruh komisi dari penjualan. Hal ini tentu mengancam bisnis UMKM yang berjualan di platform serupa.

Dampak Proyek S TikTok terhadap UMKM Indonesia dan Industri E-commerce

Dampak Proyek S TikTok terhadap UMKM
Dampak Proyek S TikTok terhadap UMKM Foto Pixabay

Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, menyatakan keprihatinan mengenai dampak Proyek S TikTok terhadap UMKM di Indonesia. Mereka menuntut revisi aturan perdagangan elektronik untuk melindungi kepentingan UMKM dan memastikan fairplay di pasar e-commerce.

Dalam konteks global, ByteDance juga disorot karena membangun unit bisnis online untuk menyaingi Shein dan Temu, marketplace besar dari China. Strategi mereka dalam memanfaatkan data tentang produk yang sedang viral di TikTok juga menuai sorotan. Terutama dalam mempromosikan produk mereka sendiri daripada produk pesaing di aplikasi.

Proyek S TikTok tetap menjadi perdebatan hangat. Langkah pemerintah dalam menghadapinya menjadi penentu bagi masa depan industri e-commerce dan keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia. Perlunya perlindungan UMKM dalam ekosistem bisnis digital yang semakin kompetitif dan menjadi sorotan utama.

Perlunya Perlindungan UMKM: Pentingnya Revisi Aturan Perdagangan Elektronik

Perlunya Revisi Undang-Undang terkait adanya Proyek S TikTok
Perlunya Revisi Undang Undang terkait adanya Proyek S TikTok Foto Pixabay

Melalui revisi aturan perdagangan elektronik, diharapkan UMKM dapat tetap bersaing dengan adil di platform-platform e-commerce. Serta mencegah dominasi perusahaan besar yang dapat merugikan pelaku usaha kecil. Semakin canggihnya teknologi dan pemanfaatan data perlu diimbangi dengan kebijakan yang berpihak pada keberlanjutan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi negara.

Baca juga:

Proyek S TikTok mungkin merupakan awal dari tren di mana platform media sosial akan menjadi pemain besar dalam industri e-commerce. Dengan demikian, kerjasama antara sektor swasta dan pemerintah menjadi sangat penting untuk menciptakan lingkungan bisnis yang sehat dan adil bagi semua pihak. Semoga langkah-langkah yang diambil dapat memastikan kelangsungan bisnis UMKM dan kemajuan industri teknologi Indonesia kedepannya.

Demikian pembahasan Proyek S TikTok Trendy Beat, Apa Sebenarnya itu? Ikuti akun resmi Gamefinity di Facebook, Instagram, dan TikTok. untuk mendapatkan informasi terupdate. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: