Spotify Uji Coba Pembuat Playlist Berbasis AI

Dimas Galih Putrawan, 20 Desember 2023

Spotify Uji Coba Pembuat Playlist Berbasis AITeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Spotify tengah menguji fitur playlist berbasis AI yang baru-baru ini ditemukan oleh netizen. Layanan streaming musik asal Swedia itu membenarkan kabar tersebut tapi belum memaparkan apakah pihaknya akan meluncurkannya pada publik secara resmi.

Fitur Playlist Berbasis AI sedang Diuji Coba Spotify

@robdad_

Since when did they have this update on spotify. Now they got chatGPT making our playlists… also wtf is Which House Exploration😭😭 #spotify #update #ai

♬ Heavy Metal Lover overlapped – jinxknsaudios

Fitur tersebut pertama kali dipamerkan oleh pengguna TikTok @robdad_. Melalui video pendek itu, ia menunjukkan cara kerjanya. Fitur tersebut tersedia sebagai opsi di bawah Your Library setelah menekan ikon plus untuk membuat playlist baru, lebih tepatnya di bawah opsi Playlist dan Blend.

Spotify AI playlist

Tertulis sebuah deskripsi yang menjelaskan fitur tersebut “mengubah ide menjadi playlist menggunakan AI”. Saat menggunakannya, terdapat laman chatbot seperti layaknya ChatGPT. Suggested Prompts atau perintah rekomendasi seperti “Fill the silence with background café music” muncul.

Setelah memberi perintah, AI akan membuat sebuah sample playlist. Hasilnya terdapat playlist yang berkaitan dengan perintah tersebut.

Spotify tampak memastikan pada TechCrunch bahwa pihaknya memang sedang menguji fitur itu. Akan tetapi, pihaknya belum membagikan detail lebih lanjut dan jadwal perilisan secara resmi.

“Kami melakukan serangkaian tes secara rutin. Beberapa tes itu berakhir untuk menambah pengalaman lebih luas dan yang lainnya hanya sebagai pembelajaran penting. Kami belum memiliki detail lebih lanjut yang bisa dibagikan,” ungkap perwakilan Spotify.

AI Jadi Arah Baru Bagi Perusahaan?

Awal tahun ini, layanan streaming musik raksasa itu mengandalkan teknologi OpenAI untuk menghandirkan fitur DJ berbasis AI. Fitur itu menawarkan playlist yang dipersonalisasi bagi pengguna dan suara AI. Fitur tersebut sudah tersedia di lebih dari 50 negara (tidak termasuk Indonesia) pada Agustus.

Baca juga:

Dua bulan kemdian, Spotify mulai menguji coba mengandalkan AI dalam menerjemahkan podcast. Cara kerjanya, AI akan membuat terjemahan podcast ke dalam beberapa bahasa tambahan dengan menggunakan suara podcaster.

Jika fitur pembuatan playlist berbasis AI jadi diluncurkan pada publik, mungkin saja ini menjadi bagian dari ambisi Spotify dalam mengandalkan kecerdasan buatan untuk menarik pelanggan .

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: