Tiktok Dibanned Di Pemerintahan Kanada

Selena Chan, 20 Maret 2023

Tiktok Dibanned Di  Pemerintahan KanadaPop Culture
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, JAKARTATiktok merupakan aplikasi yang belakangan ini tengah naik daun dikalangan generasi muda Milenial akhir serta gen Z. Tiktok pertama kali diakuisisi Bytedance dari aplikasi musical.ly yang kemudian dimerger dengan Duoyin yang kini menjadi Tiktok. Sementara pemilik aplikasi satu ini adalah Zhang Yimin.

Tiktok logo
Tiktok

Alasan Pememerintah Kanada Lakukan Blokir Pada Aplikasi Tiktok, Rivalitas Blok Barat Dengan Tiongkok Jadi Penyebabnya?

Melihat semakin boomingnya anak muda yang berkutat pada aplikasi ini, pemerintah Kanada memutuskan untuk melakukan blokir pada aplikasi video pendek populer setelah melalui berbagai evaluasi. Pemerintah Kanada mengatakan bahwa keputusan pemblokiran Tiktok sudah dirasa tepat.

Disinyalir keberadaan Tiktok dianggap mengancam keamanan negara setempat serta privasi yang menimbulkan resiko yang tak bisa diterima kedepannya. Akan tetapi hal yang disampaikan oleh otoritas negeri Kanada dirasa kurang begitu masuk akal. Rupanya diblokirnya Tiktok ini masih ada hubungannya dengan alasan politis yang dimana persaingan blok barat seperti Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa dengan negeri Tiongkok yang belakangan ini lagi bangkitnya.

Baca juga: Tiktok Terancam Diblokir Di AS Jika Tidak Dijual Bytedance

Tentu saja blok barat yang selama puluhan bahkan ratusan juta tahun telah kokoh berdiri menguasai seluruh aspek dunia ini terancam akibat kemajuan dari negeri Asia terutama Tiongkok. Karena masalah keamanan inilah pemerintah Kanada akhirnya memblokir seluruh akses Tiktok yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Tidak Berdampak Ke Masyarakat, Tiktok Diblokir Di Kalangan Pemerintah saja

Meskipun dianggap mengancam keamanan negara setempat, rupanya nasib Tiktok ditangan anak-anak muda Kanada masih dirasa cukup baik. Pasalnya upaya pemblokiran pada Tiktok ini hanya dilakukan di kalangan Pemerintah yang dimana mulai tanggal 28 Februari seluruh akses install pada perangkat pemerintah resmi diblokir.

Hal ini juga sejalan dengan adanya pendekatan mitra internasional yang dilakukan oleh pemerintah Kanada yang bertujuan melindungi  adanya campur tangan asing yang sewaktu-waktu menyebabkan kebocoran data yang sifatnya sensitif.

Pemblokiran Total Bisa dilaksanakan Jika Benar – Benar Mengancam Kedaulatan Negeri Kanada

Bukan berarti dengan diblokirnya Tiktok di lingkup pemerintahan aplikasi tersebut bernafas lega. Pasalnya bisa saja pemerintah dapat menerapkan regulasi pemblokiran secara total yang dimana Tiktok sewaktu – waktu ketahuan membocorkan data dari penduduknya selama ini.

author avatar
Selena Chan
Jangan Panggil Aku Suhu, masih pemain baru Add ID yang mau bermitra ML: 331557585 ( Selena X Earl ) Cookie Run: Ovenbreak: FFJNY0536 Kingdom: ZZJDN1852
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: