TikTok Kehilangan Banyak Lagu dari Universal Music Group

Zeinal Wujud, 29 Februari 2024

TikTok Kehilangan Banyak Lagu dari Universal Music GroupTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – TikTok kehilangan banyak lagu akibat perselisihan dengan Universal Music Group (UMG).

Perselisihan antara kedua perusahaan tersebut dimulai bulan lalu ketika UMG mengumumkan bahwa mereka gagal mencapai kesepakatan dengan perusahaan induk TikTok, ByteDance, mengenai royalti.

Sebagai hasilnya, TikTok harus menghapus lagu-lagu yang dimiliki atau didistribusikan oleh UMG pada tanggal 31 Januari.

Sekarang, perusahaan harus menghapus lagu-lagu yang mengandung komposisi yang dikendalikan oleh Universal Music Publishing Group (UMPG).

Baca juga:

Dampak TikTok Kehilangan Banyak Lagu

TikTok mengatakan semua lagu yang ditulis atau bersama-sama ditulis oleh penulis lagu yang dikontrak oleh UMPG harus dihapus.

Begitu juga dengan semua video yang menampilkan lagu-lagu ini harus dibisukan.

Video-video yang mencakup lagu-lagu yang terkena dampak akan tetap ada di platform, tetapi mereka tidak akan memiliki suara.

Perusahaan mengatakan katalog UMG dan UMPG mewakili sekitar 20-30% lagu-lagu populer di TikTok.

Tanggapan dan Akibat Perselisihan

TikTok Kehilangan Banyak Lagu UMG

Perubahan ini berarti bahwa jika seorang penulis lagu yang dikontrak oleh UMPG berkontribusi bahkan pada bagian kecil dari lagu yang dimiliki oleh label lain, TikTok harus menghapusnya dari platformnya.

Penghapusan awal lagu-lagu yang dimiliki dan didistribusikan oleh UMG pada dasarnya mempengaruhi artis dan penulis lagu mereka sendiri.

Tetapi perkembangan terbaru ini berarti bahwa beberapa artis yang dikontrak oleh label lain juga akan terpengaruh.

UMG tidak menanggapi permintaan komentar dari media. Bulan lalu, UMG menulis surat terbuka kepada artis dan penulis lagu, di mana mereka menuduh TikTok.

Katanya, TikTok berusaha “membully [UMG] untuk menerima kesepakatan bernilai kurang dari kesepakatan sebelumnya, jauh lebih rendah dari nilai pasar yang adil dan tidak mencerminkan pertumbuhan eksponensial mereka.”

Pada hari yang sama, TikTok menerbitkan surat terbuka mereka sendiri. Mereka mengatakan “sangat menyedihkan dan mengecewakan bahwa Universal Music Group telah menempatkan keserakahan mereka sendiri di atas kepentingan dari para artis dan penulis lagu mereka.”

Dampak Bagi Artis dan Penulis Lagu

Meskipun UMG mengatakan perubahan tersebut tidak akan memengaruhi pendapatannya, mereka tentu akan memengaruhi artis dan penulis lagu.

Karena mereka tidak lagi dapat mempromosikan musik mereka di salah satu platform sosial paling populer, terutama yang telah dikenal karena memicu penemuan musik.

Artis dan penulis lagu juga akan kehilangan royalti yang diperoleh dari musik mereka di TikTok.

Baca juga:

UMG mengakui dampak negatif ini, tetapi mencatat dalam surat mereka bahwa mereka “memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi kepada para artis kami untuk berjuang demi kesepakatan baru di mana mereka dibayar secara tepat untuk pekerjaan mereka.”

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: