Tips Memilih Laptop Kuliah Bagi Mahasiswa

Selena Chan, 5 September 2023

Tips Memilih Laptop Kuliah Bagi MahasiswaTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Seiring berjalannya waktu, Laptop yang dahulunya hanya dimiliki oleh kelompok tertentu kini menjadi barang wajib yang dibutuhkan semua orang terutama mahasiswa .

Hal ini lantaran fiturnya yang mencakup seluruh kebutuhan mahasiswa dalam satu perangkat (notes, pembaca dan pembuat PDF, dan sebagainya) serta semakin banyak brand laptop yang menjual produknya dengan harga terjangkau.

Namun masih banyak mahasiwa yang belum begitu memahami laptop yang digunakan secara semestinya, terkadang ketika menggunakannya selalu saja menemui entah itu mati sendiri, booting cukup lama, dan masih banyak lagi. 

Itu mengapa melek spesifikasi sangat diperlukan salah satunya agar terhindar dari masalah di atas. Berikut tips memilih Laptop yang tepat bagi mahasiswa baru dibawah.

Baca juga:

Beda Jurusan, Beda Juga Spesifikasi Laptop nya

Jurusan Kuliah apa dulu

Tips pertama ini ternyata masih banyak yang belum dipahami, sering terjadi kasus laptop yang mendapatkan notifikasi error, booting yang tak sempurna, dan yang terparah blue screen akibat kesalahan pada baik software maupun hardware yang terlalu bekerja dengan keras.

Untuk menghindarinya, sebelum kalian memutuskan untuk meminang sebuah laptop, perhatikan aplikasi apa saja yang sesuai dengan mata kuliah jurusan yang kalian tempuh selama ini.

Untuk jurusan Desain Komunikasi Visual, teknik ataupun komputer, kedua jurusan diatas sebagian besar berkutat pada praktik seperti membuat model 3D bangunan bila kalian masuk teknik sipil, belum juga render, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang digunakannya pun juga terbilang berat, jadi jenis laptop terbaik yang bisa digunakan minimal memiliki prosesor serta kartu grafis yang cukup mutakhir. Hal ini berguna agar proyek yang dilakukannya berjalan lancar.

Sementara itu pada jurusan ekonomi serta bisnis, dimana kalian akan melakukan berbagai riset serta membuat grafik demografi, laptop dengan spesifikasi yang umum digunakan oleh pekerja kantoran seperti Lenovo Thinkpad sangat cocok bagi kalian yang kuliah di jurusan diatas.

Terakhir mata kuliah yang berkutat pada artikel, buku, jurnal, dan sebagainya yang dipelajari oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, Bahasa dan Sastra, Ilmu Sejarah, dan lain sebagainya, spesifikasi yang digunakan cukup ringan namun penyimpanan cukup lapang bisa menjadi pilihan terbaik kalian.

Chromebook Apakah Direkomendasikan Bagi Mahasiswa Untuk Kuliah?

Chromebook Laptop Murah spesifikasi

Selanjutnya penggunaan perangkat Chromebook untuk kuliah, apakah “worth” ? Meski sama – sama laptop hingga saat ini cukup jarang mahasiswa yang menggunakan perangkat satu ini. 

Ada perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya, yakni laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, Mac OS, atau Linux serta penyimpanan yang jauh lebih banyak. Sedangkan Chromebook memiliki spesifikasi yang jauh lebih ringan, yakni berbasis Chrome OS namun penyimpanan internal yang ditawarkan lebih kecil.

Ditambah lagi ChromeOS yang juga dapat mengunduh berbagai aplikasi android sehingga disebut laptop Android.

Pertanyaannya apakah laptop Chromebook bisa digunakan oleh mahasiswa untuk menunjang kuliah mereka? Bisa, tergantung program studi apakah yang kamu ikuti.

Perlu diingat bahwa Chromebook mengusung sistem operasi Chrome OS dimana aplikasi Android dapat berjalan di laptop tersebut, jadi ada beberapa aplikasi windows yang tidak bisa dipasang.

Jadi laptop Chromebook bisa digunakan apabila mata kuliah yang diikutinya tidak dituntut menggunakan aplikasi yang kompleks terlebih penyimpanan dan dapur pacu Chromebook yang juga terbatas dengan rata-rata keluaran Celeron di pasaran.

Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: