Tips Merakit PC Gaming Impian di Rumah

Madddpsy, 10 Januari 2024

Tips Merakit PC Gaming Impian di RumahTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY.ID – Merakit PC atau komputer adalah kegiatan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga menantang. Tidak semua orang memiliki keberanian atau keinginan untuk mengambil risiko dalam merakit PC, karena hal ini memerlukan pengetahuan dasar tentang komponen-komponen yang terlibat. Namun, bagi mereka yang tertarik, ada beberapa tips yang dapat membantu dalam merakit PC agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca Juga:

Langkah Awal Rakit PC

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan budget atau anggaran. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi pilihan komponen-komponen yang akan digunakan. Pertimbangkan untuk apa PC ini akan digunakan, apakah untuk gaming, desain grafis, atau keperluan kantor. Jika digunakan untuk gaming, tentukan jenis game yang akan dimainkan. Sebagai contoh, untuk game kompetitif seperti Point Blank, budget yang mencukupi mungkin sudah termasuk prosesor kelas Intel Core i3.

Selanjutnya, dalam memilih storage, disarankan untuk menggunakan SSD daripada HDD. SSD bukan hanya lebih cepat, tetapi juga memberikan kinerja loading sistem yang lebih baik dibandingkan HDD. Ini akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih responsif dan efisien.

Mana Lebih Baik? AMD atau NVIDIA?

Pilihan kartu grafis atau VGA juga perlu dipertimbangkan. Jika budget terbatas, VGA AMD bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika budget lebih besar, VGA NVIDIA juga menawarkan kinerja yang sangat baik. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, dan pemilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna. Namun perlu diingat, AMD terkenal dengan driver yang solid namun kurang baik dalam update, NVIDIA juga terkenal dengan Turbo Boost namun harga yang cukup tinggi.

Tips Merakit PC Gaming Impian di Rumah

RAM juga merupakan komponen penting dalam membangun PC. Sebaiknya pilihlah modul RAM dengan kapasitas 8GB x 2 atau 4GB x 2, tergantung pada kebutuhan dan anggaran. Kapasitas RAM yang memadai akan meningkatkan kinerja sistem, terutama saat menjalankan aplikasi atau game yang membutuhkan sumber daya yang besar.

Tips Merakit PC Gaming Impian di Rumah

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, merakit PC bisa menjadi pengalaman yang memuaskan dan memastikan bahwa PC yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang telah ditentukan. Selain itu, dapat memberikan kepuasan tersendiri ketika melihat hasil akhir dari jerih payah merakit PC sendiri.

Update informasi menarik lainnya seputar game dan anime hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Madddpsy
Just a person who is looking for who he is
Share Artikel:
Banner Ads

Related Posts: