Tools AI Buat Ariana Grande dan Jokowi Nyanyikan Lagu Indo

Zeinal Wujud, 4 Mei 2023

Tools AI Buat Ariana Grande dan Jokowi Nyanyikan Lagu IndoTeknologi
Banner Ads

GAMEFINITY, Jakarta – Konten video yang menampilkan Suara AI Ariana Grande dan Jungkook BTS menyanyikan lagu-lagu Indonesia yang populer tiba-tiba menjadi viral di media sosial. Kredit atas hasil kreatifitas tersebut diberikan kepada teknologi kecerdasan buatan (AI) yang digunakan oleh akun TikTok @ianyxi.

Octavianus Kalistus, pemilik akun tersebut, berhasil menciptakan konten yang membuat Ariana dan Jongkook terlihat seakan-akan benar-benar menyanyikan lagu-lagu Bahasa Indonesia seperti “Sial – Mahalini”; “Komang – Raim Laode”; “Tak Segampang Itu – Anggi Marito”; “Rungkad – Happy Asmara”; “Merasa Indah – Tiara Andini”; dan “Deen Assalam – Sabyan Gambus”.

Baca juga: 

@ianyxi_

Sial – Ariana Grande (@Mahalini Raharja ) #aivoice #arianagrande #sial #sialmahalini

♬ Cidro Vs Kluthuk – Waru Leaf

Jongkook diwakili dalam video dengan membawakan lagu-lagu populer seperti “Janji Setia” dan “Merasa Indah” karya Tiara Andini. Namun, keahlian Octavianus dalam mengoperasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) melampaui itu semua karena ia bahkan berhasil mencampurkan suara Ariana dan Jungkook dalam lagu “Percayalah – Raisa dan Afgan”. Video-video karya Octavianus itu sangat populer di media sosial dan banyak netizen yang memuji kemampuannya menghasilkan suara Ariana dan Jongkook yang menyanyikan lagu Bahasa Indonesia dengan sangat baik.

Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) di media sosial semakin populer belakangan ini. Salah satu tren baru adalah penggunaan AI untuk mereplikasi suara manusia, yang telah tersedia dalam perangkat lunak AI open source asal Tiongkok yang disebut DiffSVC.

Baca juga: 

Perangkat lunak tersebut dikembangkan oleh para peneliti di The Chinese University of Hong Kong (CUHK) dan semakin mendapat perhatian akhir-akhir ini karena kemampuannya dalam mereplikasi suara manusia yang sangat mirip dengan aslinya.

Meskipun begitu, Octavianus sendiri tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang teknologi AI yang digunakan dalam pembuatan video Ariana Grande dan Jongkook.

Baca juga: 

Suara AI Presiden Jokowi Nyanyi Asmalibrasi

Tak hanya video Ariana Grande dan Jongkook, ada juga video Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang menyanyikan lagu “Asmalibrasi” karya Soegi Bornean yang dibuat menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @dhamz._ dan menjadi viral di platform media sosial lainnya, bahkan menarik perhatian penyanyi asli lagu tersebut, Fanny Soegi.

@dhamz._

Membalas @fixxx_07 nii bang #aicover #fyp #jokowi #asmalibrasi

♬ ASMALIBRASI _ ALI XD – TRIPLEEMPAT [LM]

Fanny mengingatkan di akun Twitter pribadinya bahwa sosok yang menyanyikan lagu “Asmalibrasi” dalam video tersebut bukanlah Presiden Jokowi yang asli.

Demikian pembahasan Suara AI Ariana Grande, Jungkook, sampai Jokowi Nyanyikan Lagu Indo. Ikuti informasi menarik lainnya seputar game, anime, esports, pop culture, serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud Content Writer
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: