Soal Dark System, Begini Jawaban Langsung Moonton

Maytiska Omar, 26 Maret 2024

Soal Dark System, Begini Jawaban Langsung MoontonGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Dark System menjadi salah satu masalah yang sering dikomplain oleh Player. Masalah ini juga ditemui dalam Game buatan Moonton, Mobile Legends: Bang Bang. Jonathan Liandi, YouTuber yang mempunyai segmen EMPETALK berkesempatan menanyai langsung Game Development dari Moonton di China.

Dalam video YouTube-nya yang berjudul “DUTA DARK SYSTEM NANYAIN LANGSUNG KE ORANG YANG BIKIN SYSTEM RANK DI MOBILE LEGENDS!!”, Jo menanyakan tentang keberadaan Dark System dalam MLBB kepada Bing dan Q.

Jawaban Langsung dari Game Development MLBB

Q dan Bing Moonton jelaskan tentang Dark System
Q dan Bing adalah Game Development MLBB yang ada di China Sumber YouTube EMPETALK

Jo, sebagai Duta Dark System merasa penasaran apa yang terjadi selama ini. “Apakah Dark System itu ada atau tidak?” dan kenapa bisa Player mendapatkan lawan dengan perbedaan Rank yang jauh.

Q, Game Development Moonton yang bertanggung jawab untuk Battle Design MLBB menjelaskan permasalahan ini.

“Misalkan saat Player melakukan Matchmaking, tentu mereka ingin di-Matchkan dengan lawan yang sebanding. Tapi saat jumlah Player yang Matchmaking sedikit, kadang-kadang untuk membuat Player untuk tidak menunggu waktu Matchmaking terlalu lama. Kita terkadang me-Matchkan Player dengan jarak rank yang berbeda dengan rank kita,” tutur Q.

Ia juga menambahkan, bahwa kendala ini tidak terjadi di semua Server, apalgi di Server dengan jumlah Player yang banyak. Bahkan Jo juga merasakan perbedaan antara bermain saat di Jepang dan Indonesia. Hal ini sejalan dengan penjelasan perwakilian Moonton tersebut.

Baca juga:

Masih membahas tentang Dark System, tapi kali ini dalam mode Solo. Mantan Brand Ambassador EVOS Esports tersebut juga bertanya mengapa adanya perbedaan Rank yang jauh saat bermain Solo dan caraa mengatasinya.

“Ini kita bagi ke dalam berbagai case, contohnya kita melihat ada yang solo dan ada juga yang beberapa Team dan juga ada yang Five-Team. Kamu memiliki strategi yang berbeda-beda untuk case yang berbeda ini. Tapi cara yang spesifiknya, tidak bisa kami spill,” jelas Q.

Mereka juga sering mendapatkan Feedback dari para Player mengenai masalah ini, karena itu ke depannya Moonton akan berusaha untuk mengatur supari Matching di Solo Rank bisa lebih akurat. Q juga berharapa ke depannya ada sistem baru yang bisa menyelesaikan isu ini.

Dark System Menurut Jurnal

Mobile Legends: Bang Bang
Dark System menurut jurnal Sumber Istimewa

Berdasarkan artikel jurnal yang berjudul “Analysis of Matchmaking Optimization Systems Potential in Mobile Esports” yang ditulis oleh Wardaszko Marcin, Ćwil Małgorzata, Dąbrowski Kajetan Michał, dan Chojecki Przemysław. Dark System kemungkinan tidak ada karena yang ada adalah sistem yang mengendalikan Matchmaking.

Sistem tersebut dikendalikan oleh sebuah algoritma, seperti Skill-Based System, Role-Based System, Technical Factors-based Systems, dan Engagement-based Systems. Nantinya mekanisme perjodohan tersebut akan dioptimalkan sesaui dengan keterampilan pemain.

Algoritma ini digunakan oleh Developer Game karena untuk membuat waktu tunggu jadi lebih singkat. Selain itu, pola menang-kalah yang dirancang untuk membuat pemain lebih sering bermain Game.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di FacebookInstagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian  top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: